June 19, 2018
Instalasi Suku Cadang

Langkah-langkah Mengganti Shockbreaker Mobil

Shockbreaker atau dengan nama lain peredam kejut merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran cukup penting dalam berkendara. Shockbreaker merupakan sistem peredam getaran atau kejutan yang terpasang dalam kendaraan baik motor maupun mobil. Shockbreaker yang terletak menumpu pada roda ini memiliki fungsi untuk menahan hentakan, guncangan, atau kejutan ketika Anda berkendara melewati jalan yang tidak rata misalnya seperti jalan berbatu, jalan berlubang, jalan bergelombang dan sebagainya.

Kinerja shockbreaker yang sudah memiliki usia pakai cukup lama tentu akan menurun waktu demi waktu. Shockbreaker yang sudah lemah ini tentu membuat mobil menjadi tidak nyaman untuk dikendarai. Mobil akan terasa keras ketika dikendarai atau justru berguncang-guncang keras saat melewati jalanan yang tidak rata. Mobil tentu tak dapat dikendalikan ketika Anda ber-manuver atau berbelok karena guncangan yang telalu besar akibat shockbreaker yang tidak layak pakai lagi.

Pada umumnya, Shockbreaker perlu dilakukan penggantian ketika Anda telah menempuh jarak 20.000 (dua puluh ribu) km. Namun, hal ini tentu tak dapat dijadikan patokan. Bagi Anda yang sering berkendara di medan berat dan terjal tentu mengharuskan Anda melakukan penggantian shockbreaker lebih sering jika dibandingkan dengan kendaraan yang hanya dipakai untuk berkendara di jalanan aspal.

Kali ini, Blog BeliOnderdil akan membantu Anda dengan memberikan langkah-langkah mengganti shockbreaker dengan mudah dan tepat yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah. Berikut ulasannya :

Metode 1 : Permulaan

  1. Untuk melakukan penggantian shockbreaker, tentunya Anda perlu menyiapkan benda baru komponen tersebut. Pastikan bahwa Anda membeli shockbreaker beserta piston yang sesuai dan cocok dengan spesifikasi mobil Anda.
  1. Kualitas shockbreaker juga penting untuk Anda pertimbangkan. Pilih dan beli shockbreaker yang baru dengan kualitas yang lebih tinggi dari sebelumnya agar dapat beperforma lebih baik dan optimal.
  1. Berikutnya, Anda harus memarkirkan mobil di permukaan jalan yang rata serta pastikan bahwa rem tangan telah aktif. Setelah itu, Anda dapat mulai mendongkrak mobil, lakukan pendongkrakan dengan tepat agar dapat menahan dan menyangga mobil dengan baik. Kemudian renggangkan mur roda baik sisi depan maupun belakang. Ketika kendaraan telah dinaikkan, lepas roda dari posisinya dan temukan letak shockbreaker.
  1. Lakukan pemeriksaan terhadap dudukan shockbreaker dan beri semprotan pembersih logam seperti WD-40 atau PB Blaster untuk memudahkan Anda melakukan proses pelepasan shockbreaker. Melepas shockbreaker yang lama merupakan bagian tersulit dari proses ini, karena tumpukan kotoran yang menempel membuat baut dan rubber bosh (karet bosh) dari shockbreaker sulit untuk dibuka atau dilepas. Ketika dudukan shockbreaker telah merenggang, Anda dapat melepaskannya. Jika terjadi kerusakan terhadap karet bosh, Anda tak perlu khawatir karena nantinya Anda akan mengganti shockbreaker tersebut.

Metode 2 : Proses Melepas Shockbreaker yang Lama

  1. Untuk melepaskan shockbreaker yang lama, lepas baut dari komponen tersebut terlebih dahulu. Buka dan baca buku manual kendaraan Anda jika kesulitan mencari letak spesifik baut shockbreaker. Lepas baut shockbreaker menggunakan kunci soket dan putar berlawanan searah jarum jam. Jika Anda kesusahan melepaskan baut, lumasi komponen tersebut terlebih dahulu menggunakan cairan penembus untuk menghilangkan karat yang menyulitkan pelepasan baut.
  1. Berikutnya, lepas shockbreaker dari komponen suspensi. Anda harus melepas mur dari baut yang menjadi penghubung antara shockbreaker dengan suspensi menggunakan soket atau pemecah mur. Gunakan larutan penembus jika tidak terdapat ruang yang cukup untuk menggunakan pemecah mur.
  • Dalam proses ini, ruas atas rakitan rem mungkin saja perlu Anda lepas untuk mencapai letak shockbreaker. Namun tergantung pada rakitan sistem suspensi mobil Anda, lihat buku manual kendaraan untuk memastikan Anda melakukan pekerjaan satu ini.
  1. Mulailah melepas shockbreaker dari baut bagian bawah terlebih dahulu kemudian atas. Anda dapat menggoyangkan shockbreaker tersebut agar terlepas, memang hal ini cukup sulit mengingat kondisi shockbreaker yang dipasang pada tonjolan dengan braket penahan kemungkinan berkarat. Teruslah goyang shockbreaker sampai karat meruntuh.
  • Gunakan kunci pas untuk melonggarkan mur serta siapkan tang pengunci pada ujung batang agar terhindar dari batang piston yang ikut berputar ketika Anda melakukan proses pelonggaran. Untuk membantu proses satu ini, Anda dapat menggunakan kunci hex berongga.

Metode 3 : Memasang Shockbreaker yang Baru

  1. Saat ini, Anda akan memulai langkah pemasangan shockbreaker yang baru, pasang komponen tersebut ke lengan kontrol suspensi. Pastikan shockbreaker yang baru terpasang dengan tepat pada tempatnya untuk itu Anda dapat menekan shockbreaker agar komponen tersebut terpasang lebih kencang. Dalam proses ini, Anda juga perlu mengangkat komponen suspensi lain untuk pemasangan kembali baut sesuai dengan posisinya. Agar pekerjaan Anda terasa lebih ringan, mintalah bantuan orang terdekat. Jangan lupa untuk memasang mur dengan tepat dan kencang.
  1. Jika diperlukan, Anda mungkin perlu sekali lagi memasang batang antioleng yang Anda lepas sebelumnya. Pasang kembali batang antioleng dan pasang baut dengan kencang. Ganti mur dari menara peredam kejut yang Anda lepas di awal proses yang kemungkinan berada di dalam bagasi kendaraan.
  1. Sebelum mengencangkan semua komponen shockbreaker, Anda dapat membaca buku manual perawatan kendaraan Anda mengenai spesifikasi torsi yang benar agar yakin semua komponen telah terpasang dengan kencang.
  1. Jika Anda berniatan untuk mengganti satu shockbreaker, hal ini mengharuskan Anda untuk mengganti shockbreaker yang lain. Ulangi langkah-langkah di atas untuk melakukan penggantian terhadap shockbreaker yang lain. Pastikan komponen telah terpasang dengan benar dan tepat untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

Kenyamanan dan keamanan berkendara tentu akan selalu didapatkan jika Anda tak sungkan dan malas untuk merawat dan melakukan penggantian seluruh rangkaian mobil di waktu yang tepat dan dilakukan secara rutin. Dalam penggantian komponen dan rangkaian mobil tentu Anda membutuhkan barang yang baru dan berkualitas untuk menjaga kinerja kendaraan Anda agar menghasilkan performa prima.

BeliOnderdil merupakan tempat yang tepat bagi Anda untuk memenuhi semua kebutuhan suku cadang dengan kualitas yang tak perlu Anda ragukan lagi. Segera kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga, dan dapatkan berbagai penawaran menarik beserta kemudahan, keamanan, dan kenyamanan dalam berbelanja varian suku cadang yang Anda inginkan. Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© WikiHow

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *