April 25, 2018
Instalasi Suku Cadang

Langkah-langkah Mengganti Selang Rem Cakram Mobil

Penggunaan mobil di jalan yang tidak rata, bergelombang, atau rusak tentu membuat suspensi kendaraan harus bekerja lebih keras dan maksimal lagi. Gerakan roda yang bergerak tersebut tentunya mengikuti kontur jalan yang diikuti oleh gerakan selang rem. Selang rem yang selalu bergerak dengan posisi baik menekuk atau lainnya tentu membuat komponen ini lama kelamaan meretak bahkan mengalami kebocoran.

Ketika selang rem telah mengalami permasalahan tersebut, apa yang harus Anda lakukan? Melakukan perbaikan serta penggantian selang rem yang baru tentunya merupakan jawaban yang paling tepat. Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengganti selang rem cakram mobil sendiri. Simak ulasan berikut ini :

Sebelum memulai proses penggantian komponen, penting bagi Anda untuk menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan selama proses penggantian berlangsung, diantaranya ialah :

Alat :

  • Kunci pas ukuran 8 dan 10
  • Kunci soket ukuran 14
  • Selang plastik ukuran 50 cm
  • Kain lap
  • Plastik
  • Karet gelang

Bahan:

  • Selang rem baru
  • Minyak rem tambahan

Langkah Perbaikan dan Penggantian Selang Rem Cakram Mobil:

  1. Pertama-tama Anda perlu memarkirkan mobil di permukaan jalan yang rata dan pastikan rem tangan atau rem parkir dalam keadaan aktif.

  1. Langkah berikutnya, dongkraklah kedua roda depan hingga terangkat dan gunakan jack stand untuk mengganjal kedua roda tersebut. Pastikan dongkrak dan jack stand terpasang dengan benar.

  1. Berikutnya Anda perlu mengendurkan dop serta baut roda. Cukup dikendurkan saja, jangan dilepas.
  1. Pompa dan angkat dongkrak untuk menaikkan roda dari permukaan jalan.
  1. Barulah Anda dapat melepas dop atau mur roda berlawanan dengan arah jarum jam sampai terlepas dari tempatnya. Ketika mur telah terlepas semua, lepaskan roda dari tempatnya.

  1. Setelah roda terlepas, Anda dapat membuka kancingan selang rem berupa plat berbentuk huruf U yang terletak di atas selang.

  1. Kemudian, Anda perlu melepaskan mur penghubung antara selang rem yang terbuat dari karet dan logam menggunakan kunci 10.

  1. Perlahan, minyak rem akan menetes lalu mengucur, untuk itu Anda harus cepat-cepat menutup kebocoran tersebut dengan cara membungkus pipa logam dengan plastik yang telah diikat karet.

  1. Untuk melepaskan selang rem, Anda dapat melakukannya dengan membuka baut yang terpasang pada kaliper, lakukan cara tersebut menggunakan kunci soket ukuran 14 hingga selang benar-benar terlepas dari tempatnya.

  1. Setelah rem telah terlepas, barulah Anda dapat memasang selang rem yang baru. Pasang selang rem dengan benar dan kencangkan baut-baut pengikatnya.

  1. Disarankan bagi Anda untuk mengganti ring tembaga pada baut ukuran 14 agar minyak remnya tidak mengalami kebocoran. Namun, jika ring terbilang masih dalam kondisi yang normal, Anda tak perlu repot melakukan proses tersebut.

  1. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi minyak rem yang ada pada tabung master rem, pastikan minyak rem tidak kosong atau habis.

  1. Berikutnya, Anda memasuki langkah untuk membuang angin yang ada pada jalur selang rem, lakukan cara ini dengan memompa rem.

  1. Hubungkan baut pengurasan angin dengan selang kecil, ujung selang yang lain dapat Anda hubungkan dengan wadah penampung minyak rem.

  1. Posisi baut tersebut terpasang pada kaliper rem cakram. Anda perlu mempersiapkan kunci pas ukuran 8 untuk mengendurkan dan mengencangkan baut tersebut.

  1. Mintalah bantuan teman Anda untuk memompa rem dengan cara menginjak-injak pedal rem kurang lebih sebanyak sepuluh kali, kemudian tahan pada posisi menginjak atau menekan.

  1. Seiring dengan proses tersebut, Anda dapat mengendurkan baut ukuran 8 yang telah disebutkan di atas hingga terlihat minyak rem keluar bersama angin di dalam saluran rem. Perlu bagi Anda untuk memerhatikan waktu pengenduran baut. Baut cukup dikendurkan selama 30 detik kemudian kencangkan kembali.

  1. Setelah itu, minta bantuan teman Anda kembali untuk memompa rem seperti langkah 16.

  1. Lakukan langkah nomor 16 dan 17 berulang kali hingga kaliper hanya mengeluarkan minyak rem saja tanpa campuran angin. Pada umumnya, proses ini dapat diulang hingga 8 kali, namun Anda perlu memperhatikan situasi juga.

  1. Pastikan selalu bahwa minyak rem tetap dalam kondisi terisi, jika kosong atau berkurang tambahkan minyak rem baru.

  1. Kencangkan kembali baut pengikat yang telah dilepas.
  1. Pasang roda kembali dengan benar.

Ketika selang rem mengalami kerusakan tentunya Anda membutuhkan komponen pengganti yang baru, nah di BeliOnderdil Anda tentunya akan mendapatkan kebutuhan selang rem serta komponen rem lainnya dengan kualitas terbaik dan harga yang menarik, jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga.

 

© Touringonline.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *