July 18, 2018
Instalasi Suku Cadang

Langkah-langkah Mengganti Paking Silinder Mesin

Packing cylinder head merupakan pelapis (gasket) antara engine block dan cylinder head,  atau blok mesin dan kepala silinder dalam ruang pembakaran mesin.

Kegunaan packing atau gasket ini berfungsi untuk menjaga kompresi maksimal dari mesin dan mencegah masuk atau merembesnya oli mesin dan cairan coolant kedalam silinder-silinder.

Mengingat fungsinya yang penting tentu paking silinder head perlu berada pada kondisi yang selalu prima. Pasalnya, apabila komponen satu ini rusak tentu mesin akan mengalami overheat. Jika paking silinder head terbakar atau rusak, mesin dapat memanas atau overheat, hal ini dapat terjadi karena kompresi di ruang bakar atau tekanan dari hasil pembakaran dapat melintas masuk ke saluran pendingin, dan jika hal tersebut terjadi tekanan udara dapat muncul yang akan membuat cairan pendingin terdorong yang dapat membuat radiator atau selang radiator terindikasi kerusakan.

Cara Memeriksa Kerusakan Gasket atau Packing Cylinder Head

Terdapat beberapa tanda-tanda yang akan terlihat apabila gasket atau packing cylinder head mengalami kerusakan, simak ulasan berikut ini :

  • Buka tutup radiator (lakukan ketika kondisi mesin dingin). Jika air radiator berkurang, tambahkan cairan radiator hingga penuh
  • Langkah selanjutnya kemudian Anda dapat melakukan start mesin dan perhatikan permukaan air pada radiator, amati pula kondisinya sebagai beriku :
  1. Gejala tidak normal dapat diketahui apabila ketika mesin hidup terdapat air yang muncrat keluar secara bersamaan. Hal ini menandakan terdapat tekanan kompresi yang masuk ke saluran pendingin dan meniup cairan di saluran pendingin.
  2. Selain itu, tanda-tanda kerusakan juga dapat Anda ketahui ketika mesin hidup dan ketika Anda melakukan tekanan atau tarikan gas, terdapat gelembung udara yang keluar dari air radiator.
  3. Jika radiator ditutup dan mesin dibiarkan hidup untuk beberapa saat, kemudian Anda buka kembali tutup radiator dan ada tekanan udara keluar, hal tersebut juga merupakan tanda-tanda kerusakan. Dapat dipastikan packing cylinder head yang rusak merupakan penyebab gejala-gejala tersebut terjadi.

Setelah Anda menemui atau mengalami gejala-gejala kerusakan di atas, artinya Anda harus sesegera mungkin melakukan penggantian komponen. Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah penggantian paking silinder head yang dapat Anda lakukan sendiri. Berikut ulasannya :

Peralatan :

  • kunci no 10 mm dan 12 mm
  • packing set baru (Dapatkan kebutuhan packing cylinder head dengan kualitas prima hanya di BeliOnderdil)
  • sealant
  • lap / tissu

Langkah-langkah :

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk melakukan proses mengganti paking silinder head ialah membuka cover.
  1. Berikutnya, Anda perlu membuka koil yang terpasang, cukup koil dan jangan membuka busi.
  1. Untuk memudahkan proses penggantian, Anda perlu membuka beberapa komponen seperti filter udara yang tentunya dapat membuat akses ke silinder mesin lebih mudah.
  1. Selanjutnya, Anda memasuki proses untuk melepas selang pernafasan mesin, jangan lupa juga untuk mencabut katup PCV (Positif CrankcaseVentilasi)
  1. Setelah itu, Anda perlu melepas baut-baut sebanyak 7 buah yang ada pada silinder mesin menggunakan kunci nomor 10 mm dengan proses pelepasan berurut dari 1 sampai 7.
  1. Kemudian, barulah Anda dapat menarik coversilinder head ke atas untuk dilepas, dalam proses ini Anda juga perlu berhati-hati karena proses melepas cover akan melewati selang AC, power steering dan juga timing chain. Setelah cover dilepas, paking silinder akan menempel pada cover tersebut dengan keadaan patah atau bahkan sobek sewaktu dicoba lepas. Begitupun seal busi yang juga menempel pada cover.
  1. Berikutnya, Anda juga perlu melakukan proses pembersihan silinder mesin. Lakukan pembersihan dengan menggosok dari dalam ke luar agar kotoran dapat tersingkir dan tidak jatuh ke dalam. Jangan lupa juga lakukan pembersihan terhadap cover silinder head yang telah dibuka sebelumnya.
  1. Langkah selanjutnya, Anda dapat menggunakan atau memberi sealant pada tempat atau posisi paking yang berfungsi agar paking atau gasket tetap merekat juga menempel ketika cover silinder head dibalik untuk dipasang.
  1. Kemudian, mulailah untuk memasang paking yang baru pada cylinder head cover dan beri sealant pada bundaran karet yang terdapat di packing.
  1. Anda juga dapat memberi sealant pada cover timing.
  1. Setelah selesai, Anda baru dapat memasang kembali cover secara hati-hati pastikan pula seal busi beserta packing yang baru telah merekat pas pada tempatnya dan juga tidak terlepas ketika pemasangan.
  1. Setelah cover dipasang kembali, pasanglah 7 buah baut yang sebelumnya telah dilepas, pasang dan putar perlahan-lahan secara bergantian agar tekanan cylinder head cover dapat merata, kencangkan dengan kisaran momen 8 newton meter atau 0.8 kg-m.
  1. Bersihkan sealant apabila terdapat sisa-sisa yang menempel pada bagian cover.
  1. Selanjutnya, Anda perlu memasang kembali seluruh komponen yang telah dibuka sebelumnya seperti selang breather, katup atau valve PCV, dipstick, filter udara, dan yang terakhir pasang kembali cover plastik.

© otodiy, mobilmogok

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *