November 16, 2018
Instalasi Suku Cadang

Langkah-langkah Mengganti Filter AC Mobil

Filter kabin atau filter AC merupakan salah satu komponen dari sistem air conditioner mobil. Filter kabin memiliki fungsi untuk menyaring udara di dalam kabin mobil agar terhindar dari kotoran yang masuk melalui celah ventilasi angin dan juga kipas AC ke dalam evaporator. Selain itu, filter kabin /ACmemiliki tugas untuk menyaring partikel kotoran baik debu, serbuk sari, bakteri, asap, dan kontaminan berbahaya lainnya agar kualitas udara di dalam kabin tetap bersih dan segar sehingga kenyamanan dalam berkendara selalu terjaga. Filter kabin ini merupakan komponen yang memiliki sekat berbahan kain, kertas, atau serat karbon dan elastis yang letaknya berada di saluran udara masuk sebelum blower AC.

Seiring dengan pemakaiannya, filter AC ini tentu dapat mengalami penurunan performa dan kualitas, waktu demi waktu filter AC pun akan kehilangan fungsi utamanya karena kotoran dan debu telah menumpuk pada komponen tersebut. Hal ini akan mempengaruhi kerja blower AC yang akan lebih berat dan berdampak ke konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Kondisi filter tentu dapat lebih parah jika pengemudi dan penumpang mobil termasuk kategori orang yang gemar merokok, karena udara di kabin kian buruk kualitasnya akibat asap rokok dan partikel kotoran lainnya menumpuk di elemen filter AC. Tak hanya asap rokok, ruang kabin yang kotor juga dapat membuat banyaknya kotoran dan debu yang menumpuk pada filter AC, kasus ini dapat terjadi pada kendaraan yang interior mobilnya jarang dibersihkan. Selain itu, usia filter AC akan lebih singkat jika mobil sering melalui jalanan berdebu, filter juga akan cepat kotor dan kemampuannya untuk menyaring debu kian menurun.

Pada dasarnya, filter ac atau filter kabin yang kotor ini merupakan salah satu penyebab AC mobil terasa kurang dingin. Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi Anda untuk melakukan pembersihan dan penggantian filter AC secara berkala juga rutin. Periksa kondisi filter AC setidaknya setiap 3 (tiga) bulan sekali dan pastikan apakah filter masih dalam kondisi bersih atau sudah penuh oleh kotoran yang menumpuk. Penggantian filter sendiri dapat Anda lakukan setiap menempuh jarak 10.000 km – 20.000 km, namun kembali lagi tergantung proses berkendara yang Anda lakukan. Jika Anda termasuk pengemudi yang sering melaju di kawasan perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi, filter udara AC perlu diganti setiap setahun sekali atau bahkan lebih sering dari jadwal tersebut.

Apabila filter AC yang Anda milikki sudah dipenuhi oleh kotoran dan debu, penggantian parts yang baru penting untuk Anda lakukan mengingat filter AC ini tidak dapat dibersihkan melainkan harus diganti jika sudah kotor. Untuk itu pada kesempatan kali ini, Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah mengenai penggantian atau pemasangan filter AC mobil dengan mudah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ulasannya :

  1. Pastikan bahwa mesin sedang dalam keadaan mati.
  1. Langkah pertama, Anda perlu menemukan letak dari filter AC ini. Jika Anda merasa kesulitan menemukannya, baca buku panduan mobil untuk mengetahui letak filter AC karena setiap mobil memiliki letak komponen mobil yang berbeda. Namun, pada umumnya filter AC ini terletak di bawah atau di belakang dashboard mobil.

  1. Setelah Anda menemukan letaknya, lepas tutup evaporator atau tutup filter AC terlebih dahulu.
  1. Kemudian, ambil atau lepas filter AC yang lama dan sudah dalam kondisi yang kotor.
  1. Siapkan filter AC yang baru. Setelah itu pemasangan filter AC dapat Anda lakukan hanya dengan memasukkan kembali filter ke tempat semula Anda melepasnya. Biasanya filter AC memiliki sebuah tulisan, bagian yang terdapat tulisan harus Anda letakkan menghadap keluar slot filter AC.

  1. Setelah Anda pastikan bahwa filter telah berada pada posisi yang tepat, pasang kembali tutup filter AC, Anda juga perlu menyiapkan lakban untuk merekatkan tutup filter AC yang kadang tidak memiliki komponen pengunci.

  1. Pasang komponen lain yang telah Anda lepas sebelumnya.

Penggantian filter AC yang Anda lakukan secara rutin tentu dapat membuat udara di kabin mobil tetap dalam kondisi yang bersih dan segar karena berbagai partikel debu telah disaring oleh filter AC, selain itu kesehatan pengendara dan juga penumpang tentu akan terjaga terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asma.

Selain perawatan dan penggantian yang harus dilakukan secara rutin, penting bagi Anda untuk memilih dan membeli filter AC dengan kualitas yang terbaik. Lalu dimana serta bagaimana cara mendapatkan filter AC yang berkualitas? BeliOnderdil merupakan tempat yang aman dan mudah untuk menemukan kebutuhan berbagai macam filter mobil dengan kualitas terbaik dan harga yang menarik, jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga!

 

© otodriver.com , asapmobil.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *