November 16, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Langkah-langkah Membersihkan Injektor Mobil

Pemeriksaan Injektor Mobil © Spekengine.com

Pemeriksaan Injektor Mobil © Spekengine.com

Injektor merupakan suatu alat injeksi bahan bakar yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang silinder. Injektor ini sangat berperan penting untuk performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan, terkhusus yang telah menggunakan sistem EFI.

Injektor yang bermasalah seperti tersumbat tentu dapat membuat mobil akan mengalami akselerasi yang kurang pada mesin. Tak hanya itu, mesin kendaraan pun juga dapat bermasalah. Injektor yang kotor atau terindikasi rusak juga membuat RPM mobil tidak dapat naik di atas 3000 RPM. Akibat lain dari injektor yang bermasalah ialah konsumsi bahan bakar akan lebih boros dibanding biasanya.

Ketika injektor telah mengalami permasalahan seperti di atas, penting bagi Anda untuk melakukan pembersihan injektor dengan baik dan benar. Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah untuk membersihkan injektor pada mobil EFI (Electronic Fuel Injection). Simak ulasan berikut ini :

  1. Sebelum Anda memulai aktivitas membersihkan injektor, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui, yakni fuel filter atau saringan bahan bakar penting untuk dibersihkan atau diganti terlebih dahulu. Jika komponen tersebut tidak dibersihkan, proses pembersihan injektor terbilang sia-sia karena kotoran pada fuel filter akan kembali memasuki ruang injektor.

  1. Setelah fuel filter dibersihkan, barulah Anda memasuki tahap pertama untuk membersihkan injektor. Mulailah dengan menghidupkan mesin, kemudian buka relay fuel pump atau sekring injektor, hal ini dilakukan untuk memutuskan arus listrik ke fuel pump bensin.

  1. Selanjutnya, tunggu beberapa detik sampai mesin mati sebagai tanda tidak ada lagi tekanan pada saluran bahan bakar. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada bahan bakar yang tumpah ketika Anda melepas sambungan pipa bensin atau saat melepas injektor.

  1. Matikan mesin melalui kunci kontak dan lepaskan terminal negatif aki. Perhatikan bahwa melepas aki terkadang memerlukan Anda untuk melakukan setting ulang terhadap beberapa item.

  1. Langkah berikutnya Anda harus membuka pipa fuel delivery atau biasa disebut selang bensin yang terletak dekat dengan injektor. Proses melepas atau membuka injektor tergantung pada konstruksi mesin mobil, pasalnya setiap mesin mobil memiliki konstruksi yang berbeda – beda, ada yang mudah dan ada juga yang sulit untuk dilepas.

  1. Penting bagi Anda untuk berhati-hati ketika membuka injektor dari delivery pipe, pastikan jangan sampai terdapat seal injektor yang rusak, cacat ataupun putus. Seal injektor yang telah rusak penting untuk diganti secepat mungkin.

  1. Jika Injektor sudah terlepas, langkah berikutnya Anda dapat membuka seal injektor dan pastikan komponen tersebut tetap dalam kondisi yang baik. Seal injektor perlu dibuka agar tidak terkena cairan pembersih injektor yang dapat merusak komponen tersebut.

  1. Langkah selanjutnya yaitu bersihkan bagian luar permukaan injektor dengan pembersih injektor atau sering di sebut dengan Injector cleaner, bersihkan juga bagian ujung-ujung injektor yang biasanya banyak tertempel karbon.

  1. Berikutnya Anda memasuki tahap pemasangan adaptor yang sudah dibuat seperti di bawah ini. Pasang injector cleaner, dan siapkan aki dengan daya listrik 12 v. Pasanglah salah satu kabel negatif aki dan ujungnya pasang ke salah satu terminal injektor, kemudian pasang kabel satu lagi ke terminal injektor yang lain.

Inilah-Cara-Membersihkan-Injektor-mobil_waifu2x_photo_noise1_scale_tta_1

  1. Pada umumnya, injektor mobil EFI memiliki dua terminal, yakni terminal positif dan negatif. Ketika Anda memasang soket kabel ke kedua terminal injektor, lapisi soket tersebut menggunakan solasi untuk mencegah korsleting karena kedua terminal tersebut berdekatan. Disarankan bagi Anda menggunakan soket khusus untuk menyambung kabel injektor.

  1. Tekanlah injector cleaner supaya terisi cairan pembersih bertekanan di dalam adaptor injector. Pastikan juga adaptor sudah diklem dengan kuat. Anda juga perlu berhati-hati agar cairan pembersih tidak mengenai mata, gunakanlah kacamata sebagai pelindung.

  1. Jika cairan pembersih injektor bertekanan sudah masuk ke dalam adaptor, maka langkah selanjutnya yaitu putuskan satu kabel yang berada di injektor ke terminal aki positif atau bisa gunakan saklar, proses pembersihan lubang kecil injektor pun dimulai.

  1. Semprotan injector cleaner akan keluar saat kabel positif injektor dihubungkan ke terminal aki positif. Perhatikan cairan bembersih injector yang keluar dimana harus terlihat lembut dan juga baik. Lakukanlah pembersihan injektor tersebut satu per satu. Dengan membersihkan semua injektor mobil, Setidaknya Anda harus memerlukan satu sampai dua botol injector cleaner.

  1. Setelah injektor sudah bersih, pasang kembali injektor beserta seal nya dengan hati – hati. Pasang injektor ke fuel delivery pipe lalu ke mesin dan pasang juga beberapa komponen mesin yang sebelumnya telah dilepas.

  1. Terakhir, Anda dapat merasakan perbedaan tenaga mesin setelah injektor dibersihkan dengan injektor yang belum dibersihkan.

Itulah langkah-langkah yang Blog BeliOnderdil khusus untuk Anda. Ikuti terus tips-tips menarik dari Blog BeliOnderdil khusus untuk Anda. Dan dapatkan injektor khusus untuk mobil Anda dengan kualitas terbaik hanya di BeliOnderdil

© Spekengine.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *