June 19, 2018
Oto Tips

Lampu Utama Mobil Berembun? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

© Shutterstock

© Shutterstock

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada kendaraan saat musim hujan adalah lampu utama yang berembun. Tentu, dengan munculnya embun pancaran cahaya menjadi kurang maksimal.

Sebetulnya embun bisa juga muncul pada lampu utama saat kendaraan sedang dicuci atau di saat cuaca relatif dingin. Lampu utama dapat berembun disebabkan karena adanya perbedaan suhu yang relatif mencolok antara bagian dalam dan luar lampu utama.

Bagian dalam, apalagi saat lampu dinyalakan, punya suhu yang jauh lebih panas dibandingkan lampu bagian luar, apalagi saat terkena air secara terus menerus. Perbedaan suhu tersebutlah yang memicu munculnya embun di bagian dalam lampu. Selain itu, mika lampu yang retak bisa lebih cepat membuat lampu berembun.

Permasalahan satu ini tentu tak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera diperbaiki. Sebab jika dibiarkan, selain membuat warna lampu kusam, hal ini juga berpotensi membuat bohlam pecah.

Untuk mengatasi permasalahan headlamp atau lampu utama mobil yang berembun, kali ini Blog BeliOnderdil akan memberikan cara-cara yang dapat Anda lakukan. Simak ulasan berikut ini :

  • Membongkar rumah lampu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membuka kap mesin mobil kemudian lepas baut pengunci lampu. Setelah itu, gunakan obeng minus untuk melepas karet seal di sambungan antara rumah lampu dan kaca mika.

Bila terasa sulit Anda memanasi sambungan tersebut agar lem meleleh dan mudah untuk melepas sambungan. Ingat, jangan menggunakan api, Anda dapat menggunakan alat pengering rambut (hairdryer) atau alat lainnya yang menimbulkan hawa panas. Setelah terlepas, bersihkan bagian dalam kaca mika dan rumah lampu dengan kain lembut yang kering.

Tetapi satu hal yang patut diingat jangan menjemur secara langsung tabung lampu itu. Sebab, saat terkena terik sinar matahari mika tabung itu akan menyerap hawa panas.

Sehingga saat ditutup rapat dan lampu telah dipasang sisa hawa panas itu masih berada di dalam tabung dan akan menjadi embun lagi saat mobil cuaca mulai dingin.

Sebaiknya Anda perlu meletakkan rumah lampu dan kaca mika di tempat sejuk dan kering agar keduanya benar-benar kering. Setelah itu, pasang seal baru di sambungan kaca mika dengan rumah lampu dan pasang kembali bohlam di soket. Pastikan soket telah rapat dan terpasang dengan benar. Lampu pun siap dipasang kembali.

  • Tanpa membongkar rumah lampu

Namun, bila Anda yakin seal masih bagus dan tak ingin repot membongkar lampu, caranya lebih sederhana. Anda cukup mencopot soket lampu.

Setelah kaitannya terlepas, keluarkan lampu dari lubangnya. Ambil kain bersih dan kering, lilitkan pada besi atau kayu dan ikat dengan tali, setelah itu masukkan ke lubang untuk memasang soket bohlam dan gosok beberapa kali serta pasang kembali bohlam lampu pada batok lampu.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

© Motormobile.net

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *