May 26, 2018
Oto Tips

Lakukan Cara Ini untuk Mencegah Korosi pada Evaporator

Evaporator merupakan sistem pendingin pada mobil yang menjadi salah satu komponen penting dalam AC mobil. Evaporator AC berfungsi untuk mengeluarkan hawa sejuk di dalam mobil, dimana cara kerjanya yang menyerap hawa panas kemudian mengeluarkan udara dingin dan membuat kabin mobil terasa lebih sejuk.

Mungkin Anda pernah mengalami AC mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini tentu dapat terjadi ketika kotoran yang cukup banyak telah menumpuk di evaporator AC. Kotoran yang mengendap di komponen tersebut juga dapat menimbulkan korosi. AC yang bermasalah tentu dapat berdampak pada kenyamanan Anda dalam berkendara. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengenal lebih jauh mengapa evaporator dapat berkorosi dan cara yang harus Anda lakukan untuk mencegah evaporator mengalami korosi.

“Bagaimana bisa korosi terjadi?”

Evaporator merupakan suatu komponen yang memiliki fungsi sebagai penguap gas freon yang memiliki temperatur atau tekanan yang rendah. Berbagai kotoran menempel pada komponen satu ini, baik kotoran seperti debu halus, remah-remah makanan, juga serabut halus karpet mobil yang tersedot oleh kipas blower. Kotoran-kotoran yang menempel pada evaporator dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan timbulnya residu seperti lendir dan menyebabkan korosi sampai berdampak pada kinerja evaporator yang akan menurun.

Perawatan evaporator perlu Anda lakukan sebagai pemilik kendaraan, karena pada umumnya, evaporator terbuat dari bahan aluminium yang berpotensi keropos.

“Bagaimana Bentuk korosi yang terjadi?”

Setiap korosi memiliki ciri-ciri yang tidak jauh berbeda, yakni berawal dari debu dan lendir yang menempel kemudian mengering dan menimbulkan kerak. Lapisan evaporator akan keropos akibat dari kerak korosi yang mengikis komponen tersebut.

Jika korosi pada besi terlihat berwarna cokelat kemerahan, berbeda dengan kerak korosi pada evaporator yang cenderung berwarna putih dan terlihat lubang-lubang kecil jika dibersihkan.

“Faktor penyebab timbulnya korosi pada evaporator?”

Terdapat beberapa faktor yang perlu Anda ketahui mengenai penyebab timbulnya korosi pada evaporator. Penyebab evaporator berkarat memang terbilang cukup sepele, namun seringkali diremehkan oleh para pemiliknya. Berikut ini beberapa faktor yang membuat evaporator mobil mengalami korosi :

  1. Kurangnya menjaga kebersihan kabin mobil

Kebersihan kabin mobil penting untuk diperhatikan. Kinerja evaporator akan berpengaruh tergantung dengan suasana atau udara dalam kabin mobil. Kinerja evaporator tentu akan terganggu seperti mengalami sumbatan jika menyedot udara di dalam kabin mobil yang bercampur dengan debu, abu, atau sisa-sisa makanan yang tercecer pada kabin mobil. Korosi tentu akan timbul ketika debu dan kotoran menempel dengan waktu yang lama pada evaporator.

  1. Tidak rutin melakukan servis AC mobil

Servis AC secara rutin penting untuk diterapkan dalam rangka melakukan perawatan komponen mobil. Kebiasaan untuk menunda servis AC dalam kurun waktu yang lama membuat kotoran evaporator mengendap dan menumpuk serta membuat AC mobil bermasalah. Lebih baik melakukan perawatan terhadap komponen AC selagi dini sebelum komponen tersebut terlanjur mengalami kerusakan.

Untuk mencegah terjadinya evaporator AC mengalami korosi, Blog BeliOnderdil akan memberikan tips dan cara yang dapat Anda lakukan. Berikut ulasannya :

  • Lakukan perawatan dan penjagaan kabin mobil agar selalu dalam keadaan yang bersih merupakan hal utama dan pertama yang perlu Anda lakukan.
  • Hindari membuka jendela saat AC sedang dalam keadaan hidup agar debu atau kotoran dari luar tidak ikut tersedot masuk ke dalam AC mobil.
  • Mengingat asap dan abu rokok yang mengandung residu yang rawan membuat komponen AC mengalami kerusakan, jangan merokok di dalam kabin mobil.
  • Lakukan servis AC paling tidak selama 1 (satu) tahun sekali.
  • Untuk memperlambat proses korosi, gunakan cabin filter untuk menyaring kotoran.
  • Lakukan pembersihan karpet mobil secara rutin. Karena karpet yang berada di bagian kiri memiliki posisi yang dekat dengan AC serta membuat kotoran rentan tersedot ke dalam evaporator.

 

Perawatan evaporator AC yang rutin Anda lakukan tentu membuat komponen satu ini tetap dalam performa dan kinerja yang optimal dan berpengaruh pada kenyamanan Anda dalam berkendara yang akan selalu terjaga setiap saat. Mengingat fungsinya yang begitu penting, Anda dapat melakukan pembersihan atau penggantian evaporator setiap satu tahun pemakaian atau ketika telah menempuh jarak 20.000 km.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan berbagai komponen AC mobil dengan mudah, aman, dan nyaman, segera kunjungi situs BeliOnderdil yang segala kebutuhan suku cadang Anda akan terpenuhi. Nantikan tips otomotif lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© Modifikasi.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *