September 25, 2018
Oto Tips

Kenali Tanda-tanda Kerusakan Bushing Mobil

Bushing merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting terhadap kinerja suspensi kendaraan khususnya mobil. Peran dari komponen ini sebenarnya berpengaruh akan kenyamanan dalam mengemudi, namun saat ini justru banyak pengendara yang masih meremehkan keberadaan komponen satu ini.

Bushing memiliki bentuk seperti tabung besi dan diisi oleh karet. Seperti komponen lain, bushing ini memiliki jangka waktu pemakaian, penggunaan bushing yang melebihi batas pemakaian dapat mempengaruhi proses berkendara Anda, dimana kenyamanan dan keamanan ketika mengendarai mobil akan terganggu.

Pada umumnya, bushing memiliki 2 jenis yang dikategorikan berdasarkan tempatnya yaitu Bushing stabilizer dan Bushing swing arm. Sebagai pengikat ke sasis mobil dan menyeimbangkan kedua suspensi kiri dan kanan merupakan fungsi dari bushing stabilizer. Sedangkan bushing swing arm memiliki fungsi untuk meredam getaran mesin ketika mobil dikendarai.

Bushing mobil memiliki beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan seperti beratnya beban kerja yang diterima komponen tersebut, suhu mesin yang teramat panas, dan guncangan keras ketika Anda berkendara di jalan berlubang.

Kerusakan bushing juga dapat Anda rasakan jika menjumpai ciri-ciri seperti aktivitas mengemudi yang terasa goyah ketika melalui jalan yang tidak rata dengan laju kecepatan mobil yang tinggi. Hal tersebut sebenarnya berbahaya terutama ketika Anda dalam keadaan tidak siap untuk mengendalikan sistem kemudi mobil Anda.

Untuk menghindari kerusakan yang terjadi secara mendadak dan tentu merugikan diri sendiri, Anda perlu mengetahui gejala kerusakan bushing mobil.

Berikut tips dan cara mudah mengetahui tanda-tanda kerusakan bushing mobil :

  1. Suara bising

Suara-suara aneh dan juga bising sering kali terjadi ketika mobil tak berada di kondisi yang prima, hal ini tentu menganggu kenyamanan dalam berkendara. Begitu juga pada bushing mobil, apabila terdapat suara gesekan dari dalam kabin yang menganggu ketika Anda berkendara melalui jalan berlubang, hal tersebut menandakan bahwa bushing mengalami kerusakan. Untuk itu penting bagi Anda melakukan pemeriksaan terhadap komponen satu ini.

  1. Buruknya Kondisi Karet Bushing

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa kondisi karet bushing untuk mengetahui apakah rusak atau tidak, apabila karet tersebut telah rusak inilah saatnya Anda harus melakukan penggantian terhadap komponen satu ini. Beban kerja bushing yang berat serta seringnya berkendara di jalan yang tidak rata merupakan faktor penyebab karet bushing mengalami kerusakan.

Rusaknya karet bushing ini dapat Anda rasakan ketika mendengar suara seperti mesin yang saling beradu disertai bunyi decitan yang berasal dari bagian bawah jok depan. Hal tersebut juga akan terjadi jika karet strut-bar telah rusak atau pecah. Wajib bagi Anda untuk melakukan penggantian karet bushing sesegera mungkin.

  1. Kemudi Yang Tidak Berarah

Cara lain untuk mengetahui tanda kerusakan bushing mobil ialah ketika Anda mencoba untuk mengemudi mobil di jalan yang tidak rata atau bergelombang, rasakan apakah arah kemudi berubah dengan sendirinya meskipun Anda tidak menggerakan lingkar kemudi. Jika hal tersebut terjadi, sudah dapat dipastikan bahwa kerusakan telah terjadi pada bushing mobil Anda.

  1. Mobil Yang Oleng

Mobil terasa oleng atau melayang juga merupakan tanda kerusakan pada bushing arm. Hal ini tentu akan membahayakan keselamatan Anda. Untuk itu, perawatan yang ekstra perlu diperhatikan terhadap komponen satu ini agar keamanan Anda dalam berkendara tetap terjaga.

 

 

Ketika kerusakan terjadi pada bushing mobil Anda, lakukanlah penggantian komponen tersebut sesegera mungkin agar keamanan dan kenyamanan dalam berkendara tetap Anda dapatkan. Untuk kebutuhan bushing mobil dengan kualitas prima dan terbaik dapat Anda temukan dengan mudah hanya di BeliOnderdil. BlogBeliOnderdil akan kembali dengan tips otomotif lainnya.

 

©MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *