July 18, 2018
Oto Tips

Kenali Berbagai Penyebab Rem Mobil Bunyi

© Shutterstock

© Shutterstock

Jakarta, BeliOnderdil.com—Selama mengendarai atau mengemudikan mobil, berbagai permasalahan seperti rem mobil yang mengeluarkan bunyi berdecit ketika pedal rem diinjak mungkin pernah terjadi dan dialami oleh sebagian pengendara. Kondisi ini kian terjadi pada mobil yang seringkali melaju dan melewati genangan air, jalan yang berdebu, atau dipergunakan untuk perjalanan yang cukup jauh.

Rem sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju serta kecepatan dari sebuah kendaraan. Rem memiliki tugas yang mengharuskannya bekerja cukup berat, terlebih ketika mobil harus berkendara dengan perjalanan yang jauh dan sering melalui jalur menurun, hal ini dapat membuat kinerja rem perlahan menurun dan kurang maksimal. Mengingat rem merupakan komponen yang cukup vital untuk keamanan berkendara, ketika komponen ini mengalami kerusakan penting untuk segera diatasi permasalahannya. Banyak permasalahan yang sering terjadi pada rem mobil, namun di pembahasan kali ini Blog Beli Onderdil akan mengulas tentang berbagai penyebab rem mobil mengeluarkan bunyi yang bising.

Simak ulasan berikut ini mengenai penyebab rem mobil mengeluarkan bunyi :

  1. Kanvas Rem Menipis atau Aus

Kanvas rem yang sudah mengalami aus dapat membuat piringan cakram rem atau disc brake lebih sering bergesekan dengan penjepit kanvas rem. Hal ini dapat mempengaruhi proses menginjak pedal rem ketika berkendara, dimana Anda akan mendengar bunyi gesekan besi yang akan sering terjadi. Pada dasarnya, kanvas rem mobil perlu untuk diperiksa setidaknya setiap satu tahun sekali. Terlebih bagi Anda yang sering mengendarai mobil dan melalui jalur yang berat seperti kemacetan dan jalan menurun, pemeriksaan kanvas rem sebaiknya dilakukan lebih cepat dari batas waktu yang ditentukan.

Dengan cara tersebut tentunya kampas rem mobil tidak akan habis ketika Anda sedang berkendara. Berbagai bunyi yang terdengar sebelumnya pun juga akan menghilang.

  1. Cakram / Tromol Rem Sudah Tidak Rata

Ketika mobil digunakan dan sistem rem beroperasi, kanvas rem dan tromol akan terus bergesekan secara berulang kali yang dapat membuat permukaan cakram dan tromol menjadi kurang rata. Selain menimbulkan bunyi yang bising, permukaan cakram dan tromol yang tak lagi rata dapat membuat mobil terasa bergetas ketika melakukan pengereman.

Ketika kondisi permukaan cakram atau tromol rem sudah tidak rata namun tidak terlalu parah, pihak bengkel dapat memperbaikinya dengan cara melakukan bubut dan meratakan permukaan komponen rem tersebut seperti semula. Akan tetapi jika kondisi baik cakram atau tromol rem sudah cukup parah, terdapat kemungkinan bagi Anda untuk mengganti cakram atau tromol rem mobil dengan set yang baru.

  1. Rem Kotor

Rem yang semakin sering digunakan dapat membuat permukaan rem tertumpuk oleh debu dan kotoran yang menempel. Terlebih ketika mengendarai mobil di kala hujan yang mengharuskan pengemudi melewati jalan basah, maka debu dan kotoran tersebut dapat menempel ke permukaan rem dan bisa saja mengeras serta membuat permukaan kanvas rem ataupun cakram rem kian menipis. Dampaknya, ketika rem diinjak maka akan mengeluarkan suara yang cukup berisik dan tidak lagi semulus biasanya.

Untuk membersihkan rem yang kotor tersebut, Anda dapat gunakan cairan khusus pembersih rem. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan pembersihan rem di bengkel agar sistem pengereman mobil dapat dibongkar terlebih dahulu dan dibersihkan secara menyeluruh.

  1. Sistem Rem Macet

Rem mobil yang macet dapat terjadi karena piston rem sudah mengalami kerusakan atau tidak lagi dapat bergerak dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan permasalahan pada kanvas rem yang tidak akan menekan dengan baik ketika rem dipijak. Atau saat pedal rem dilepas, mobil akan terasa berat dan mengeuarkan bunyi karena piston tak lagi berbalik ke posisi semula. Untuk memperbaikinya, Anda dapat melakukan penggantian karet piston rem dan juga membersihkan permukaan piston rem tersebut.


Setelah mengetahui berbagai penyebab rem mobil mengeluarkan bunyi yang mengganggu, penting bagi Anda untuk selalu merawat komponen mobil satu ini secara rutin agar tetap dalam kondisi yang selalu prima sehingga keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara selalu terjaga.

©  asapmobil

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *