July 18, 2018
Oto Tips

Kenali Berbagai Hal yang Dapat Merusak Cat Mobil Anda

© Shutterstock

© Shutterstock

Jakarta, BeliOnderdil.comMenjaga cat mobil agar tetap terlihat baik tentunya akan menambah kepuasan tersendiri. Apalagi kondisi mobil sudah kotor lantaran terkena hujan atau cipratan lumpur, biasanya Anda langsung melakukan pencucian mobil di tempat pelayanan pencucian mobil atau mencuci sendiri di rumah bukan?

Terlebih penampilan eksterior mobil yang mau tidak mau memang menjadi hal yang pertama dilihat oleh mata. Karena itu menjaga tampilan cat mobil agar selalu kinclong itu wajib hukumnya. Banyak hal disekitar yang dapat merusak cat mobil. Berikut ini terdapat 9 hal yang tanpa disadari sering merusak cat mobil, antara lain :

  1. Aspal atau Kerikil di Jalan

Kumpulan kerikil yang biasa berada di jalanan rusak tentu dapat merusak cat dari bodi mobil. Terdapatnya titik-titik putih pada cat merupakan tanda aspal atau kerikil sudah menempel di bodi mobil. Biasanya kotoran tersebut sering menempel di bagian depan atau kap mesin. Solusi yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kerusakan cat karena aspal atau kerikil, Anda tentunya perlu menghindari melaju mobil di jalan yang rusak.

  1. Hujan

Faktor berikutnya yang dapat menyebabkan cat mobil mengalami kerusakan ialah hujan, terlebih air hujan memiliki sifat asam yang dapat membuatnya terkonsentrasi pada bodi mobil. Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk membilas dan mencuci mobil menggunakan air bersih setelah terguyur hujan. Gunakan juga lap kering yang halus agar tidak ada bekas air yang mengering dengan sendiri karena dapat meninggalkan jejak yang akan mengganggu tampilan dari cat mobil.

  1. Serangga

Tanpa disadari serangga sering kali hinggap di bodi mobil. Perlu bagi Anda untuk mengetahui bahwa terdapat beberapa serangga yang dapat menghasilkan zat asam sehingga berpotensi merusak cat mobi. Untuk itu pastikan bodi mobil terhindar dari serangga yang berbahaya dengan rajin mengelapnya setiap pagi.

  1. Debu

Debu yang menumpuk pada mobil juga dapat membuat cat mobil mengusam, untuk itu pastikan Anda membersihkan debu-debu tersebut secara rutin agar tampilan bodi mobil tetap terjaga.

  1. Getah

Menemui getah yang menempel di mobil sering terjadi, terlebih setelah mobil diparkir di bawah pohon. Meski terbilang cukup sepele, getah ini tentu dapat merusak cat mobil. Untuk membersihkan getah yang menempel tersebut, Anda dapat menggunakan pembersih lem atau pembersih cairan lengket, kemudian gunakan cairan pelindung cat.

  1. Kopi

Kopi atau soda yang tumpah ke pakaian atau kulit jok mobil tentu membuat benda-benda tersebut rusak, sama halnya ketika cat mobil terkena tumpahan kopi atau soda, terutama kopi tersebut mengandung asam yang tentunya dapat membuat cat mobil bermasalah. Ketika bodi mobil terkena tumpahan kopi atau soda, pastika Anda segera melakukan pembersihan noda menggunakan air yang bersih.

  1. Krim Cukur

Cairan kimia seperti krim pembersih atau sabun untuk bercukur bahkan lotion anti nyamuk perlu dihindari dari bodi mobil. Cairan kimia yang tidak segera dibersihkan tersebut dapat membuat cat terkelupas. Pembersihan dapat Anda lakukan dengan mencuci mobil menggunak sampo mobil kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Kotoran Burung

Memarkirkan mobil di tempat terbuka tentu harus menerima segala risiko yang akan terjadi. Kotoran burung seringkali jatuh ke atap mobil atau kap mesin ketika mobil diparkir di tempat yang terbuka. Pastikan Anda tidak membiarkan kotoran burung tersebut menempel dalam waktu yang lama karena dapat merusak cat bahkan logam mobil. Untuk membersihkannya pun Anda tidak mobil langsung menghilangkannya dalam keadaan kering, melainkan siram terlebih dahulu menggunakan air bersih kemudian lap dengan kain halus.

  1. Penyiram Otomatis

Penyiram otomatis seringkali ditemui di area sekitar taman yang dipenuhi rumput. Penting bagi Anda untuk hindari memarkirkan mobil di dekat penyiram otomatis tersebut karena dapat merusak cat mobil. Mungkin Anda berpikir air bukanlah masalah bagi cat mobil, namun kobinasi air dan zat pada daun sebenarnya dapat meninggalkan noda yang sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, jauhi mobil dari penyiram tersebut.

 

Jadilah pengendara yang cermat dan selalu lakukan perawatan berbagai komponen mobil secara rutin dan juga berkala. Mobil dengan performa dan kinerja yang optimal tentunya dapat membuat kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara selalu terjaga.

 

© Kokgituya.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *