December 15, 2018
Oto Tips

Kenali Bahaya Memasang Lampu dengan Watt Tinggi di Atas Standar

© Shutterstock

© Shutterstock

Jakarta, BeliOnderdil.com—Saat ini modifikasi mobil memang kian menjadi kegemaran para pemilik mobil yang ingin membuat tampilan mobilnya menjadi terlihat lebih waw atau keren, tak jarang para pemilik mobil tersebut memoles kendaraannya dengan berbagai macam modifikasi, modifikasi yang umum sering dilakukan ialah penggunaan stiker mobil layaknya tampilan mobil balap, penambahan aksesoris seperti winglet, serta mengganti panel kap mobil dengan bahan serat karbon hingga mengganti lampu-lampu mobil di luar standar yang telah ditentukan.

Proses modifikasi yang dilakukan tanpa perhitungan tepat serta tidak dilakukan oleh tenaga yang berpelangaman dapat membahayakan kendaraan maupun sang pemilik mobil. Seperti contoh, modifikasi yang seringkali dilakukan dengan sembarangan ialah penggantian lampu-lampu kendaraan dengan produk aftermarket misalnya menggunakan lampu HID untuk headlamp, dan lampu balon dengan watt yang lebih besar pada bagian fog lamp.

Untuk pemasangan lampu berteknologi HID ini biasanya dilakukan hanya oleh teknisi khusus yang berpengalaman sebab orang biasa tidak tahu bagaimana cara memasang lampu tersebut, berbeda dengan lampu kabut atau foglamp yang masih berjenis bohlam, semua orang bisa melakuan penggantian ini karena memang caranya yang terbilang mudah, dimana Anda hanya perlu cabut dudukan bohlam, mencabut yang lama dan menancapkan yang baru selesai. Namun tahukah Anda bahwa mengganti lampu dengan Watt yang lebih besar ini sangatlah berbahaya dan tidak dianjurkan karena sangat rawan terjadi konsleting dan kebakaran.

Alasan mengganti bohlam dengan watt lebih tinggi sangat berbahaya

Sebuah sistem kelistrikan memiliki spesifikasinya sendiri sendiri termasuk kabel kabel yang digunakan untuk menghubungkan energi listrik dari sumber tenaga ke komponen yang membutuhkannya dan besar kecilnya kabel yang dipakai ini sudah disesuaikan. Jika kalian mengganti bohlam dengan watt yang lebih tinggi, tentu kabel yang semula hanya digunakan untuk mengalirkan energi listrik dengan watt kecil akan memanas, lama kelamaan kabel ini akan berpijar kemudian meleleh. Nah melelehnya satu bagian kabel ini akan menyebabkan kabel kabel lain yang masih satu rangkaian ikut meleleh dan hasilnya sudah bisa ditebak, hubungan arus pendek pun tidak bisa dihindarkan.

Selain itu, kondisi bohlam yang memiliki watt besar ini juga akan menghasilkan panas yang jauh lebih tinggi lagi, sedangkan rumah lampu atau reflektor ini didesain hanya mampu untuk menerima watt kecil disesuaikan dengan standar pabrikan. Bila dipaksakan maka Anda bisa saja mendapati reflektor lampu yang akan meleleh juga.

Solusi bila ingin mengganti bohlam dengan watt yang lebih tinggi

Jika Anda tetap ingin memaksakan diri untuk melakukan penggantian lampu standar mobil Anda dengan produk aftermarket dengan alasan dan tujuan agar lampu terlihat lebih terang, sebaiknya Anda mengganti fullsett yakni lampu bohlam beserta rumah lampu dan juga kabel kelistrikannya, termasuk sekring didalamnya untuk mengantisipasi serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian artikel mengenai bahaya memasang lampu dengan watt tinggi di atas standar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan nantikan artikel informatif lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

 

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *