May 26, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Jangan Lupa,Perhatikan Bagian Mobil yang Mudah Berkarat Agar Tetap Awet

Jakarta, BeliOnderdil.comMerawat kendaraan memanglah tidak mudah. Terlebih lagi jika sedang banyak pekerjaan yang diselesaikan, bahkan tidak ada waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Akibatnya, kendaraanpun juga tak terurus. Termasuk memperhatikan bagian-bagian mobil yang mudah berkarat. Tanpa disadari, ada beberapa bagian mobil yang mudah berkarat. Apalagi saat musim hujan tiba. Bagian-bagian apa saja sih yang mudah berkarat? Yuk! Simak penjelasan dibawah ini.

  1. Pintu Bagasi

Untuk mobil jenis MVP (Multi Purpose Vehicle), karat biasanya muncul pada bagian pintu bagasi. Biasanya, kotoran berkumpul pada bagian atas yang disebabkan air dari atap membawa kotoran dan menumpuk pada bagian tersebut. Jumlahnya cukup banyak dan parahnya, bagian ini jarang mendapat perhatian.

  1. Engsel Pintu

Pada bagian engsel pintu sering dihinggapi karat. Tandanya, ketika pintu dibuka mengeluarkan suara “krieek..kriek..”. Usai dicuci, jangan lupa engsel di lap setelah itu dikasih cairan pelumas. Cairan pelumas bisa Anda dapatkan di toko aksesoris atau jika anda terburu-buru, Anda dapat menggunakan oli atau minyak goreng di rumah Anda.

  1. Spakbor

Sesaat setelah hujan berakhir, pasti akan banyak ditemukan genangan-genangan air dijalanan. Cipratan air dari ban yang bercampur kotoran sering menempel di celah-celah antara plastik penutup fender dengan bodi. Karena basah, tentunya memicu karat alias potensinya cukup besar. Sangat dianjurkan ketika mencuci upayakan dengan tekanan air yang kencang agar kotoran yang menempel dapat terlepas bersama air yang disemprotkan tersebut. Sebaliknya, bawa saja ke pencucian mobil yang menggunakan kompresor agar kotoran yang sulit dijangkau lebih mudah dibersihkan.

  1. Kolong mobil

Salah satu tempat yang mudah sekali terjangkau oleh karat adalah kolong mobil. Sebab, kolong mobil jarang dijangkau pemilik kendaraan saat tengah mencucinya. Terlebih lagi bagian ini sering mendapatkan cipratan air saat musim penghujan tiba. Sehingga mengakibatkan kolong mobil sangat mudah terkena karat. Karat akan semakin cepat muncul jika terlalu sering terkena cipratan air setelah hujan.

Sebenarnya, ada cara termudah menghindari karat adalah dengan mencuci kering kendaraan setelah terkena air hujan. Pastikan semua bagiannya bersih dan kering sehingga karat atau jamur tidak berani lagi bersarang di bagian-bagian yang jarang diperhatikan pada mobil.

©rumahbengkel.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *