April 26, 2018
Instalasi Suku Cadang

Inilah Perbedaan Antara Mesin Diesel Dengan Mesin Bensin

Jakarta, BeliOnderdil.comDengan mengetahui perbedaan antara mesin diesel dengan mesin bensin akan memudahkan saat ingin membeli kendaraan baru. Untuk mengetahui perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin harus kita mulai dengan memahami proses pembakaran yang digunakan oleh kedua jenis mesin ini. Mesin diesel dan mesin bensin sama-sama bekerja dengan pembakaran internal dan menggunakan piston untuk menciptakan energi mekanik. Namun, apa yang terjadi di dalam silinder mesin merupakan kunci perbedaan cara kerja dan efisiensi kedua jenis mesin.

Lalu, apa lagi sih perbedaannya? Berikut penjelasannya.

  • Diesel

Pada mesin diesel, bahan bakar yang digunakan adalah solar.  Mesin diesel tidak memerlukan busi karena solar dapat terbakar dengan sendirinya saat berada dalam silinder dengan udara panas dan bertekanan tinggi. Tidak diperlukannya busi merupakan perbedaan utama antara mesin diesel dan mesin bensin.  Pada mesin diesel geratan yang dihasilkan besar. Metode pemberian bahan bakar dengan pompa bahan bakar dan pengabut. Metode pengapian pada mesin diesel dilakukan sendiri. Bentuk ruang bakar cukup rumit. Pembentukan campuran terjadi setelah kompresi. Perbandingan kompresi 15-30 kg/ cm2. Proses pembakaran adalah proses Sabathe.

  • Bensin

Sedangkan pada mesin bensin, tentunya bahan bakar yang digunakan adalah bensin. bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dikompresi oleh piston, di mana kemudian terbakar dengan bantuan percikan api dari busi. Bahan bakar dan udara yang terbakar kemudian melepaskan energi yang digunakan untuk mendorong piston. Sedangkan mesin diesel menggunakan proses yang sedikit berbeda untuk menghasilkan energi mekanik. Saat piston naik dalam silinder, udara dalam silinder turut terkompresi. Seiring tekanan semakin besar, suhu udara dalam silinder meningkat secara drastis. Pembakaran terjadi ketika solar disemprotkan melalui nozzle injector ke dalam udara panas bertekanan tinggi di dalam silinder. Kebalikan dari mesin diesel, pada mesin bensin getaran mesin yang dihasilkan halus. Metode pemberian bahan bakar menggunakan kalburator. Metode pengapian dengan loncatan bunga api listrik sederhana. Bentuk ruang bakar sederhana. Pembentukan campuran terjadi sebelum kompresi. Perbandingan kompresi 6-12 kg/cm2. Proses pempakaran adalah proses Otto.

Mesin diesel maupun mesin bensin sama-sama bekerja dengan pembakaran internal dan menggunakan piston untuk menciptakan energi mekanik. Mesin diesel kebanyakan digunakan pada kendaraan-kendaraan besar, seperti bus, truk dan sejenisnya. Namun, jumlahnya sudah berkurang dikarenakan peraturan Pemerintah yang mengurangi solar agar tidak terlalu banyak menyebabkan polusi. Sedangkan mesin bensin mayoritas terdapat pada kendaraan pribadi. Jadi, saat ingin membeli mobil, sebaiknya caritahu terlebih dauhu mesin apa yang digunakan pada kendaraan pilihan.

©amazine.co

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *