December 15, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Inilah Penyebab Ban Mobil Anda Benjol!

Jakarta, BeliOnderdil.com— Kondisi ban menjadi komponen penting saat berkendara. Percuma jika memiliki mobil mewah dan juga mahal, tapi tidak pandai dalam memilih jenis ban yang cocok untuk kendaraan Anda, dan tentunya perjalanan terasa tidak nyaman. Apabila kita lupa untuk memeriksa kondisi ban kendaraan akan beresiko tinggi di dalam perjalanan.

Saat berkendara, utamanya pada roda empat, pengendara akan mengalami getaran pada ban mobilnya. Salah satu penyebabnya, bisa jadi ban mobil Anda benjol-benjol. Kondisi tersebut tentu mengganggu kenyamanan berkendara dan bisa menjadi sesuatu hal yang berpotensi buruk. Penyebab ban yang benjol-benjol bermacam-macam, seperti pengisian angin dengan tekanan berlebihan. Bisa juga karena ban deformasi bentuk karena kurang tekanan dan mengalami beban berlebihan. Adapun penyebab lainnya adalah karena ban terkena batu tajam atau karena Toe In/ Toe Out saat berkendara, sehingga ban perlu penyetelan (spooring).

Bisa juga karena ban mobil kena paku atau sekrup, namun tidak dapat menembus ban, sehingga mencuat melebihi permukaan telapak ban, saat ban berputar menimbulkan suara bising atau getaran.  Sebenarnya pengemudi bisa dengan mudah merasakan ban yang benjol. Caranya, dengan mengendarainya pada jalan yang halus seperti aspal dan lurus. Hal ini biasanya akan muncul getaran berulang yang semakin cepat laju mobil, maka getaran akan semakin sering. Tetapi jika penyebab dari ban yang tiba-tiba bergetar atau berisik, bisa saja karena ban mobil menginjak tanah liat, sehingga menempel di ban, namun biasanya pada saat kering akan terkelupas dengan sendirinya.

Saat merasa bahwa ban mobil Anda benjol, sebaiknya Anda berhenti untuk mengecek apakah benar terjadi masalah pada ban mobil. Jika keadaan mendesak yang mengharuskan untuk segera mengganti ban, ada beberapa cara untuk mengatasinya yaitu:

Pertama, dongkrak mobil sampai ban terangkat sekitar 0,5 cm. Kemudian ganjal ban pada persenelingan ban yang diperiksa, lalu lepas rem tangan agar ban bisa berputar (roda belakang). Putar roda, cek apakah pada ketinggian 0,5 cm dari tanah ini ada bagian yang tersangkut di tanah yang menandakan bagian tersebut adalah bagian yang benjol.

Selanjutnya, ganti dengan ban yang rata (tidak benjol), cek sendiri tekanan angin. Sebaiknya beli sendiri pengukur tekanan angin, jika menngisi udara di luar, maka bisa saja ban akan diisi lebih besar dari yang diminta. Misalnya, jika meminta diisi 30-32 psi, pengisi udara yang dilakukan petugas bengkel bisa sampai 45 psi. Ini yang dapat membuat ban mengalami deformasi bentuk karena tekanan berlebihan. Ban mobil normal, maksimal hanya memiliki tekanan 55p psi.

Walaupun demikian, tetap disarankan hanya mengisi dengan tekanan standar dari buku manual agar mobil tenang atau tidak bergetar saat berjalan. Selamat berkendara dengan aman dan selamat mencoba.

©rumahbengkel.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *