May 26, 2018
Oto Tips

Inilah Cara Ampuh Hindari Mika Lampu Mobil Menguning!

Jakarta, BeliOnderdil.com — Untuk mobil yang memiliki usia pakai lebih diatas 5 tahun, apalagi jika tidak dirawat dengan baik tentu akan menyebabkan kondisi mika lampu yang berubah menjadi kuning, dan tentunya kondisi ini membuat pemilik mobil merasa kesal, sebab mika lampu mobil yang berubah menguning ini dapat membuat pancaran lampu mobil menjadi tidak jernih dan tentu saja akan sedikit mengganggu saat berkendara malam.

Lalu, apasih penyebabnya? Yuk! Simak penjelasan dibawah ini.

Apasih penyebab headlamp mobil menguning? Penyebab kenapa warna mika lampu mobil ini bisa berubah menjadi kekuning kuningan setelah sekian lama bisa dikarenakan banyak faktor. Faktor yang pertama adalah malasnya pemilik mobil dalam merawat tampilan eksterior mobil, terutama di bagian mika lampu lampu. Kemudian karena faktor cuaca ekstrim (sinar UV) serta kesalahan dalam menggunakan sparepart seperti bohlam yang tidak sesuai dengan standar pabrik.

Lalu, bagaimana cara menghindari mika lampu agar tidak menguning? Nah dari beberapa faktor penyebab diatas, maka kitapun dapat dengan mudah menghindari hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan mika lampu mobil kita agar tidak cepat berubah menguning.

  • Hindari parkir di bawah sinar matahari

Sering menjemur mobil dibawah terik matahari langsung selain bisa membuat warna cat body mobil memudar, juga dapat mengakibakan mika headlamp mobil berubah menjadi kekuning kuningan akibat seringnya terkena sinar ultra violet. Maka dari itu usahakan untuk memarkirkan mobil di lokasi yang teduh, jika tidak ada lokasi yang teduh dan terpaksa memarkirkan mobil di bawah sinar matahari langsung, setidaknya Anda tutup mobil dengan menggunakan sarung mobil atau cover body mobil.

  • Rutin merawat eksterior mobil

Perawatan eksterior pada mobil ini banyak sekali, mulai dari perawatan velg mobil, perawatan roda roda mobil, perawatan body mobil hingga perawatan khusus pada mika lampu mobil. Selain mencuci mobil dengan menggunakan sabun khusus, Anda juga perlu memberikan pelembab khusus anti UV headlamp yang produknya banyak dijual dipasaran. Bila tidak menemukan cairan anti UV anda bisa cukup menggunakan WAX saja. Oh iya, jangan lupa langsung mencuci seluruh body mobil termasuk mika lampu depan ketika mobil kehujanan.

  • Gunakan bohlam standar atau yang sesuai spesifikasi pabrikan

Penyebab mika lampu mobil berubah menjadi menguning lainnya adalah diakibatkan oleh adanya perbedaan suhu yang ekstrim antara suhu didalam mika mobil dengan suhu cuaca di luar. Nah agar mika headlamp mobil tidak lekas berubah menguning, usahakan Anda tidak mengganti bohlam lampu mobil standar dengan produk variasi, biarkan saja tetap standar sesuai spesifikasi pabrikan karena memang dari pabrikan sudah diperhitungkan. Atau bisa menggunakan produk variasi, asalkan seluruh spesifikasi lampu-lampu yang akan digunakan sama persis dengan produk yang standar, terutama watt nya yang harus sama, jangan terlalu tinggi dari watt bohlam pabrikan.

Jadi, jika mika lampu menguning, lebih baik menggantinya dengan yang orisinil dari bengkel resmi kendaraan Anda. Hal tersebut disarankan guna menghindari produk palsu yang tidak sesuai spesifikasi standar mika headlamp mobil Anda.

 

©automotivexist

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *