June 19, 2018
Instalasi Suku Cadang

Ini Dia, 3 Masalah Utama Pada Kopling!

Jakarta, BeliOnderdil.comSalah satu komponen dalam kendaraan transmisi manual adalah kopling. Kopling pada kendaraan, khususnya mobil, berperan sebagai penghubung antara putaran mesin ke transmisi. Selain itu, komponen ini juga berguna mengurangi putaran mesin, ketika akan memindahkan gigi transmisi, agar bisa masuk dengan mudah.

Namun, tidak hanya pada mobil manual, kopling juga ada di kendaraan bertransmisi matik. Walaupun ada bedanya, yang satu diatur otomatis, sementara untuk “manual” diaktifkan dan dinonaktifkan oleh pengemudi melalui pedal khusus (pedal kopling).

Nah! pada transmisi manual, kopling kerap mengalami gangguan, yang membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Sebenarnya, kerusakan apa saja sih yang terjadi pada kopling? Yuk simak tiga kerusakan yang terjadi pada kopling, yang bisa jadi sinyal kepada pengemudi, agar secepatnya melakukan perbaikan atau servis.

  • Menggelincir (slip kopling)

Keadaan seperti ini terjadi karena terjadi keausan pada permukaan pelat kopling. Selain itu bisa juga karena terkena gemuk atau minyak, sehingga koefisien gesek plat menurun. Kondisi ini memungkinkan kopling tidak sempurna memindahkan tenaga dari mesin (mobil hilang tenaga). Jika ini tejadi membuat mobil tdak bisa melaju cepat dan akan boros bahan bakar.

  • Getaran atau gesekan kasar

Hal ini terjadi saat komponen kopling tidak berhubungan secara halus, dan mobil seolah bergetar. Penyebabnya bisa dari plat kopling, matahari atau roda gila (flywheel) yang tidak rata.

  • Bunyi “gemeretak” saat gigi transmisi dipindahkan

Apabila menemukan bunyi seperti ini, umumnya masalah terjadi pada pelat kopling aus, atau pelat yang tidak kembali sempurna, ketika pedal ditekan (tetap menempel dengan flywheel). Gigi transmisi akan sulit dipindah, kalaupun bisa maka akan muncul suara kasar (gemeretak).

Nah!Kalau merasakan atau menemukan gejala seperti itu, sebaiknya segera periksakan kendaraan, dan ganti komponennya jika diperlukan. Karena, kerusakan seperti itu dapat membahayakan pengendara dan juga membuat tidak nyaman saat berkendara.

©otomotif.kompas.com

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *