August 21, 2018
Oto Tips

Ingin Suhu Kabin Mobil Cepat Dingin? Yuk! Intip Triknya!

Jakarta, BeliOnderdil.comSaat mobil terparkir dibawah sinar matahari langsung, pastilah kabin mobil akan terasa panas saat mobil akan digunakan kembali. Setiap orang pasti ingin mendapatkan suhu kabin yang tidak terasa panas saat mereka masuk ke dalam mobil. Sayangnya, hal ini sukar untuk diwujudkan, terutama jika mobil diparkir di tempat terbuka saat Matahari bersinar terik.

Kebanyakan, pengemudi menghidupkan pendingin udara atau AC se-segera mungkin setelah mereka masuk ke dalam mobil. Namun, hal itu ternyata tidak disarankan, karena tidak akan mempercepat proses pendinginan.

Nah! kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara yang benar agar suhu di kabin mobil cepat dingin meskipun habis diparkir di tempat yang panas. Lalu, bagaimana cara yang benar agar kabin mobil cepat dingin? Ini dia triknya!

 

Cara yang benar adalah dengan membuka semua kaca mobil. Karena dengan membuka kaca mobil, otomatis udara panas yang terperangkap didalam kabin mobl bisa dengan cepat keluar dan digantikan dengan udara yang lebih baru. Kemudian saat kendaraan mulai bergerak, hidupkan AC dan atur agar kipas berputar kencang. Hal tersebut dilakukan dengan alasan menghidupkan AC saat mobil bergerak adalah agar kondensor yang ada di depan radiator dapat terpapar udara segar, sehingga proses pendinginan menjadi lebih maksimal.

 

Selanjutnya, waktu suhu AC mulai terasa dingin, tutup kaca jendela depan, namun biarkan kaca jendela belakang terbuka selama 20-30 detik. Hal ini ternyata berguna agar sisa udara panas dapat keluar cepat dari kaca jendela belakang. Pastikan juga circulation mode atau mode sirkulasi udara dinonaktifkan (atur agar AC mendinginkan udara dari luar, bukan udara kabin yang disirkulasi).

 

Langkah ini dilakukan untuk memastikan udara dingin dapat mencapai hingga ke jok bagian belakang. Jika mode sirkulasi diaktifkan, udara dingin akan disedot kembali sebelum mencapai bagian belakang.

 

Nah! Tips ini bisa dilakukan jika mobil terpaksa parkir ditempat yang panas dan terpapar langsung oleh sinar matahari. Namun, ada baiknya jika memarkirkan mobil ditempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari. Selain agar kabin tidak terasa panas, hal tersebut juga menjaga cet mobil agar tidak mudah pudar. Bagaimana tips nya? Dapat membantu memecah permasalahan kabin yang tidak cepat dingin kan? Semoga bermanfaat ya.

 

©consumerreports.org

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *