April 26, 2018
Oto Tips

Ingin Membeli Stereo System? Berikut 5 Panduan Sebelum Membelinya!

Jakarta, BeliOnderdil.comMendengarkan musik didalam mobil merupakan salah satu kebiasaan untuk menghilangkan bosan atau ngantuk saat terjebak dikemacetan. musik tersebut biasanya berasal dari audio sistem yang terpasang pada kendaraan. Kita pasti ingin memiliki mobil yang nyaman dan menarik pada saat mendengarkan musik di dalam kendaraan. Nah, salah satu fasilitas mobil yang perlu mendapat perhatian untuk dimodifikasi adalah sound sistem atau stereo sistem. Umumnya, sound sistem standart bawaan mobil masih minim kualitas suara, sehingga untuk yang mengerti kualitas suara pilihan terbaik adalah upgrade secara keseluruhan agar lebih sesuai dengan selera Anda.

 

Stereo system mobil memiliki banyak fitur yang berbeda mulai dari kualitas suara hingga ke format audio yang mendukung. Memilih sound sistem mobil tentu tidak bisa sembarangan. Nah, apa saja sih panduan sebelum membeli stereo sistem untuk mobil? Yuk, simak beberapa panduan dibawah ini.

 

  1. Format Audio

Saat ingin membeli stereo sistem, hal pertama yang penting adalah memilih stereo system mobil adalah format audio apa saja yang didukung. Stereo system paling sederhana umumnya hanya dilengkapi CD player. Anda harus mengopi file MP3 ke dalam CD agar dapat mendengar musik. Namun, sekarang banyak stereo system mobil baru yang dilengkapi dok untuk memutar lagu dari iPhone atau iPod. Sehingga, dapat memudahkan pengendara memilih dan memutar lagu kesukaan.

 

  1. Fitur Pengaturan Suara

Hal selanjutnya dalah periksa juga fitur pengaturan suara, apakah bass dan treble diatur dan dioptimasi dengan tetap menghasilkan kualitas suara yang tetap prima? Sebagian stereo system memungkinkan Anda mangatur kualitas suara yang sudah di-set untuk memutar musik rock, klasik, pop, dan banyak lagi. Jika sudah oke, lakukan langkah selanjutnya.

 

  1. Speaker

Hal yang ketiga adalah harus memeriksan dan memperhatikan perihal speaker. Jika ingin suara surround, Anda harus membeli speaker belakang, speaker pintu, dan speaker tambahan lainnya. Jika Anda sudah memiliki speaker bawaan pabrik, Anda mungkin ingin melakukan upgrade ke speaker yang lebih berkualitas. Biasanya, jika ingin meng-upgrade, speaker dipilih berdasarkan selera dari konsumen tersebut agar sesuai denga style yang diiginkan. Dengan modifikasi jok akan semakin mendukung modifikasi speaker tersebut.

 

  1. Subwoofer dan Tweeter

Terakhir, agar suara lebih yahud, dapat pula memasang subwoofer. Subwoofer diperlukan untuk mendapatkan suara bass yang mantap. Sebuah subwoofer yang bagus akan membuat musik terdengar lebih penuh. Bass sangat penting jika Anda ingin mendengarkan musik seperti hip hop dan rock. Jangan sampai ketinggalan untuk membeli tweeter. Tweeter berfungsi untuk memainkan suara frekuensi tinggi dalam stereo system mobil. Stereo system mobil yang lengkap biasanya terdiri dari sebuah subwoofer untuk suara frekuensi rendah dan sebuah tweeter untuk suara frekuensi tinggi. Anda perlu memastikan keduanya terpasang dengan benar untuk mendapatkan suara yang maksimal.

 

Panduan diatas dapat dilakukan saat ingin membeli stereo sistem atau ingin meng upgradenya.

 

©amazine.co

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *