September 25, 2018
Oto Tips

Hilangkan Noda Aspal Pada Velg Mobil? Ini Cara Mudahnya

Para pemilik mobil seringkali geram ketika melihat salah satu komponen mobilnya terkena noda, seperti velg mobil yang terkena noda aspal karena mengendarai mobil di jalan dengan kualitas aspal yang buruk. Tentu hal ini membuat penampilan eksterior mobil menjadi kotor dan tentunya kurang enak jika dipandang.

Permasalahan ini tentu dapat diatasi dengan mudah, sebagai pengendara, tentu Anda perlu memberikan perawatan penuh terhadap segala komponen mobil agar tetap dalam keadaan yang prima. Lakukanlah pembersihan velg mobil yang kotor karena noda bintik-bintik aspal dengan mencucinya secara rutin. Ketika melakukan pencucian, Anda perlu melakukannya dengan benar, yang harus Anda perhatikan ialah hindari menggosok bagian velg yang terkena noda aspal tersebut.

Agar performa kendaraan tetap dalam keadaan optimalnya, Anda dapat menggunakan tar remover atau minyak tanah untuk menghilangkan noda pada velg yang terkena noda, penggunaan tar remover atau minyak tanah ini bertujuan agar velg mobil terhindar dari kekusaman.

Pembersihan atau pencucian velg mobil termasuk dalam kategori yang mudah untuk dilakukan. Maka dari itu, Anda dapat melakukan aktivitas ini di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang berlebih jika membawa kendaraan Anda ke tempat pencucian mobil terdekat.

Kali ini Blog BeliOnderdil akan memberikan cara-cara yang mudah dan ampuh untuk menyingkirkan noda aspal pada velg mobil Anda. Simak ulasan berikut ini :

  1. Langkah pertama tentu Anda perlu menyiapkan berbagai peralatan seperti alat pembersih, kuas, kain halus, dan juga tar remover atau minyak tanah.
  2. Gunakan air terlebih dahulu untuk membersihkan noda aspal yang terdapat pada velg atau bodi mobil, kemudian gunakan kain halus untuk mengeringkannya.
  3. Selanjutnya, semprot noda aspal tersebut menggunakan tar remover di bagian yang tepat.
  4. Diamkan selama 5 menit agar cairan tar remover dapat membuat noda aspal menjadi lunak.
  5. Berikutnya, gunakan kain halus untuk membersihkan aspal yang telah melunak. Lakukan pengulangan proses tersebut untuk membersihkan noda aspal lainnya.
  6. Setelah noda aspal telah menghilang, Anda dapat mencuci seluruh bodi mobil menggunakan cairan pembersih khusus, kemudian keringkan.

Tak hanya cara pembersihan, Blog BeliOnderdil juga akan memberikan tips untuk merawat velg mobil agar tetap dalam keadaan bersih dan juga awet.

  • Pencucian velg mobil harus Anda lakukan dengan tepat, jangan menggunakan cairan sembarangan yang dapat membuat komponen tersebut menjadi kusam atau tidak bersih seperti penggunaan sabun detergen, untuk itu pilih cairan pembersih khusus yang memang dapat menghilangkan segala partikel kotoran yang menempel di velg mobil Anda.
  • Setelah melakukan pencucian, gunakan kain halus untuk mengeringkan velg mobil Anda, jangan sampai terdapat bercak air yang tersisa. Penggunaan kain halus ini juga perlu Anda perhatikan, dimana Anda hanya dapat menggunakan satu kain khusus untuk pembersihan komponen tersebut. Kotoran dapat berpindah dan timbulnya goresan akan terjadi jika Anda membersihkan velg mobil dan komponen bodi mobil lainnya menggunakan satu kain yang sama.
  • Untuk Anda pengguna velg mobil bermotif jari atau terdapat banyak palang, gunakanlah sikat halus untuk membersihkan kotoran, pastikan kotoran sepenuhnya hilang dengan melakukan pembersihan di celah-celah jari velg mobil.
  • Gunakan cairan khusus untuk membersihkan velg mobil yang terkena kotoran seperti lumpur, oli dan juga aspal.
  • Tips terakhir, lakukanlah pembersihan kendaraan secara berkala dan juga rutin. Pembersihan velg mobil juga dapat Anda lakukan dengan melepas velg mobil kemudian membersihkan bagian dalam juga luarnya. Lakukan pembersihan komponen tersebut paling tidak setiap 6 bulan sekali.

 

Bersihnya segala komponen mobil tentu mencerminkan pengendara atau pemilik mobil yang juga memiliki kepribadian yang bersih. Untuk itu, jadilah pengendara yang pintar juga peduli dan rawat selalu segala komponen mobil Anda agar tetap dalam kondisi yang bersih. Nantikan tips otomotif menarik lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

 

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *