May 26, 2018
Oto Tips Perbaikan dan Perawatan Mobil

Hal yang Menyebabkan Rusaknya Selang Radiator Serta Cara Mengatasinya

Jakarta, BeliOnderdil.comSelang radiator merupakan salah satu komponen sistem pendingin mobil yang berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin. Selang radiator memiliki dua jenis, yakni upper hose yang berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator. Serta lower hose yang berfungsi untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin.

Memiliki fungsi yang begitu penting, tentu selang radiator harus selalu berada dalam kondisi yang selalu prima, selang radiator yang mengalami masalah tentu dapat mempengaruhi kinerja mesin yang akan terganggu. Untuk mengantisipasi kerusakan pada selang radiator, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab selang radiator mobil rusak atau bocor.

Berikut ini terdapat beberapa hal yang menyebabkan selang radiator mobil bocor, diantaranya ialah :

  1. Klem selang radiator.

Kebocoran akan terjadi pada selang radiator jika klem ini tidak lagi menjepit dengan kuat atau sudah longgar. Tanda-tanda yang dapat Anda ketahui ketika klem selang radiator longgar ialah menetesnya air radiator dari sambungan selang ke radiator. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ialah kencangkan kembali klem selang radiator jika kondisinya masih baik, namun apabila klem sudah tidak layak pakai Anda harus melakukan penggantian komponen yang baru.

  1. Sambungan selang radiator.

Meskipun klem selang radiator sudah kencang maksimal, kebocoran akan tetap terjadi ketika sambungan selang radiator ke mesin telah keropos dan tidak menutup dengan sempurna. Pada umumnya komponen yang memiliki potensi besar terindikasi keropos tersebut ialah rumah thermostat atau saluran air dari mesin ke radiator ataupun sebaliknya. Komponen tersebut dapat mengalami keropos karena faktor usia serta bahannya yang terbuat dari logam alumunium.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengganti rumah thermostat ataupun water inlet. Selain melakukan penggantian, Anda juga dapat melapisi silikon red atau threebond secukupnya di area rumah thermostat atau pada saluran air menuju radiator dan saluran air di mesin dari selang radiator, pastikan bahwa Anda memberi silikon red atau threebond tersebut dengan tidak berlebihan karena komponen tersebut dapat memasuki ruang radiator.

  1. Selang radiator pecah atau meledak

Hal berikutnya yang dapat membuat selang radiator bocor ialah karena sudah retak, pecah atau bahkan meledak. Biasanya permasalahan ini terjadi karena faktor usia mobil. Selang radiator tentunya harus segera diganti ketika Anda mengalami permasalahan ini, apabila penggantian komponen tidak segera Anda lakukan tentu akan mempengaruhi kinerja selang-selang yang lain seperti selang bypass atau selang buntu atau selang heater, dimana semua selang tersebut berhubungan dengan air coolant untuk mendinginkan mesin mobil.

 

Setelah mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan selang radiator mengalami masalah tentu perawatan berupa pemeriksaan serta penggantian terhadap radiator perlu Anda lakukan secara berkala dan rutin. Pemeriksaan dan penggantian selang radiator termasuk hal yang mudah sehingga dapat Anda lakukan sendiri.

Untuk itu, di kesempatan kali ini Blog BeliOnderdil akan memberikan panduan mengenai cara mengganti selang radiator mobil dengan tepat dan mudah. Simak ulasan berikut ini :

Penggantian terhadap selang radiator harus dilakukan ketika selang radiator sudah terasa lembek seperti busa, atau tampak membengkak, pecah, bahkan rusak. Sudah Anda ketahui bahwa radiator memiliki dua selang, jika salah satu selang radiator diganti, tentunya Anda juga harus melakukan penggantian pada selang radiator yang satunya.

  1. Langkah pertama dalam mengganti selang radiator tentunya Anda harus memarkirkan mobil dengan benar dan pastikan mesin dalam keadaan mati serta tidak panas.

  1. Berikutnya, Anda perlu menyiapkan satu wadah besar dan letakkan di bawah lubang pembuangan air radiator untuk menampung air radiator yang akan dikosongkan. Buka baut pembuangan radiator dan keluarkan air sampai habis.

  1. Kemudian, Anda harus melepas cup atau tutup radiator dan buka petcock yang berada di bawah radiator menggunakan tang.

  1. Setelah pendingin sudah kering, langkah berikutnya Anda perlu melepas klem yang menahan kedua ujung selang. Untuk beberapa jenis mobil, selang radiatornya ada yang ditahan dengan kawat pengencang.

  1. Anda membutuhkan obeng untuk melepaskan klem dari selang radiator, Jika klem sudah terlepas, selang pun bisa Anda dapatkan dengan mudah. Namun terkadang selang tidak dapat dilepas semudah itu, jika Anda kesulitan dalam melepasnya cobalah untuk menggunting selang tersebut.

  1. Klem yang telah dilepas harus ikut diperiksa, perhatikan apakah sudah berkarat, jika iya penting bagi Anda untuk melakukan penggantian klem yang baru. Telitilah dalam memilih selang dan klem yang baru, pasalnya terdapat berbagai jenis ukuran yang tersedia untuk berbagai jenis mobil.

  1. Sebelum memasuki tahap pemasangan selang yang baru, Anda perlu membersihkan titik-titik penghubung selang dari berbagai partikel kotoran dan debu serta karat menggunakan kertas ampelas.

  1. Pasang kembali klem di tiap ujung selang. Jangan lupa untuk memasang gasket penahan di sekitar titik penghubung selang dan masukan ujung selang pada tempatnya masing-masing.

  1. Selanjutnya Anda dapat memperhatikan kondisi klem yang sudah terpasang. Pastikan klem terpasang dengan jarak kurang lebih satu inci dari setiap ujung selang. Kencangkan klem tersebut, namun jangan sampai merusak selang radiator yang baru.

  1. Langkah terakhir Anda harus mengisi kembali air radiator menggunakan radiator coolant, kemudian hidupkan mesin sekitar 15 menit dengan tujuan agar temperatur radiator sesuai dengan mesin yang sedang berjalan.

Semoga Bermanfaat!

© bibliotika.com , otomotifmobil.com

 

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *