June 19, 2018
Oto Tips

Gejala Kerusakan Ball Joint

Ball Joint merupakan suatu komponen rangkaian mobil yang terdapat di bagian kaki-kaki mobil dan juga berperan penting terhadap sistem suspensi mobil. Memiliki fungsi sebagai sumbu roda atau pengikat antara knuckle atau as roda terhadap sayap (arm) untuk melakukan pergerakan belok ke kanan dan kiri. Banyak pengendara yang tidak terlalu mempedulikan perawatan ball joint, padahal jika Anda sering berkendara dengan jarak yang jauh, ball joint membutuhkan pelumasan secara rutin.

Jika ball joint mengalami kerusakan, tentu ini merupakan sesuatu yang berbahaya karena sudut roda menjadi tak terbatas, rusaknya komponen lain kendaraan seperti ban dapat menimbulkan masalah lain. Seperti, timbulnya suara mencicit ketika berbelok. Pada intinya proses mengemudi akan kehilangan kontrol atau tidak terkendali.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada ball joint, penting untuk Anda mengetahui gejala-gejala yang timbul ketika ball joint akan mengalami kerusakan.

  1. Munculnya suara decitan seperti gesekan antara besi dengan besi ketika mobil berbelok.

 

  1. Terdengar suara aneh serta bising yang terjadi pada bagian depan roda kendaraan.

 

  1. Ban mobil akan mengalami keausan yang tidak merata khususnya bagian dalam.

 

  1. Robeknya karet penutup dari ball joint yang dapat membuat area ruang/dalam ball joint kotor karena masuknya debu.

 

  1. Bagian bola yang tampak kering

 

Setelah Anda mengetahui gejala-gejala yang timbul dari ball joint yang mengalami kerusakan, selanjutnya Anda harus memahami cara memeriksa ball joint yang rusak. Simak ulasan berikut ini :

  1. Langkah pertama, lakukan pemasangan dongkrak dan jackstand pada roda depan kendaraan.

 

  1. Kemudian, pegang sisi roda bagian atas dan bawah, goyang atau goncangkan roda tersebut ke arah luar dan dalam, minta bantuan seseorang untuk menginjak pedal rem mobil jika terdengar bunyi atau terdapat spasi ketika menggoyangkan roda. Lakukan pemeriksaan dengan cara yang sama.

 

  1. Apabila Anda telah melakukan pemeriksaan ulang tetapi bunyi suara sudah tak terdengar, kemungkinan kerusakan terjadi pada bearing Jika masih terdengar suara yang sama, sudah dapat dipastikan ball joint-lah sumber kerusakan tersebut dan diharuskan melakukan penggantian.

 

  1. Pemeriksaan ball joint ini dapat Anda manfaatkan untuk memantau kondisi ball joint, apabila kondisinya kering, oleskan sedikit grease pada ball joint.

 

Setelah Anda mengetahui gejala-gejala kerusakan ball joint, serta paham akan cara memeriksa ball joint yang rusak, penting untuk Anda untuk segera mengatasi kerusakan tersebut agar ball joint tetap beroperasi sesuai dengan fungsinya.

 

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *