September 25, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Fungsi Relay Lampu Mobil dan Cara Pemasangannya

© ShutterStock

© ShutterStock

Relay merupakan salah satu komponen elektronika yang memiliki dua bagian elektromagnetik berupa kontak point dan juga kumparan. Relay juga dapat diartikan sebagai komponen yang memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik yang besar dengan menggunanakan kendali listrik arus kecil. Dalam kendaraan, relay memiliki peran tersendiri yang begitu penting, relay sering dipakai pada rangkaian bagian lampu kepala.

Pada umumnya, relay memilik 4 terminal yaitu terminal 87 dan 30 yang tersambung dengan kontak point serta terminal 85 dan juga 86 yang masih terhubung dengan elektromagnetik.

Fungsi Relay

  • Relay memiliki fungsi untuk digunakan sebagai saklar atau elektromagnetik switch yang kinerjanya dikendalikan oleh magnet listrik. Anda juga perlu mengetahui cara kerja relay, kumparan akan menghasilkan gaya kemagnetan disaat elektromagnetik atau kumparan sedang dialiri arus listrik melalui terminal 86 dan terminal 85. Terminal 87 serta terminal 30 akan tersambung atau terhubung ketika ketika kemagnetan tersebut menarik bagian kontak point.
  • Tak hanya itu, relay juga berfungsi untuk melindungi bagian saklar kombinasi dan switch lampu besar yang dapat memeleh karena panas.
  • Fungsi lain dari relay ialah untuk mempersingkat atau memperpendek arus listrik yang masuk ke dalam lampu dan dapat membuat lampu menjadi lebih terang.

 

Cara Memasang Relay

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara pemasangan relay setelah Anda telah mengetahui apa fungsi dari relay lampu mobil tersebut:

  1. Cara pertama Anda perlu membeli 1 set lengkap relay lampu mobil yang telah tersambung juga terangkai dengan soket lampu atau sekring lampu. Setelah itu, Anda dapat langsung memasang soket lampu tersebut dan soket terminal negatif dan positif aki mobil.

 

  1. Selain cara pertama, terdapat cara kerdua untuk memasang relay lampu mobil. Cara satu ini terbilang lebih rumit jika dibandingkan dengan cara yang pertama. Kode 30 merupakan tempat untuk kabel positif aki dan beri tambahan pada sekring terlebih dahulu. Sedangkan kode 86 untuk tempat kabel massa, ground atau body mobil. Selain itu, kode 85 merupakan tempat kabel dari bagian saklar lampu. Dan terakhir, kode 87 tempat untuk kabel yang menuju ke kabel keluaran atau lampu.

 

Keuntungan Untuk Lampu Mobil Yang Menggunakan Relay

  1. Keuntungan pertama dari pemakaian relay lampu ialah murahnya biaya perawatan lampu. Saklar lampu mobil dapat menjadi lebih awet dan tentunya tidak mudah rusak ketika Anda mengaplikasikan relay pada lampu mobil Anda.

 

  1. Tak hanya biaya yang lebih murah dan komponen yang awet, Cahaya dari lampu mobil Anda juga dapat lebih terang karena lebih besar dan lebih cepat aliran arus listrik ke lampu.

 

  1. Keuntungan ketiga, lampu mobil Anda akan terlihat lebih bagus dan juga tahan lama jika Anda menggunakan relay. Tentu lampu akan lebih awet dan tidak gampang rusak mengingat aliran listrik bekerja dengan stabil.

 

  1. Terakhir, bagian saklar lampu akan lebih tahan lama atau awet karena arus utama sudah tidak melewati bagian saklar lampu melainkan melewati relay lampu mobil yang telah terpasang tersebut.

Nah, itulah macam-macam informasi mengenai relay lampu yang diberikan oleh Blog BeliOnderdil. kini Anda sudah memahami fungsi dan cara pemasangannya, dan untuk mendapatkan relay lampu yang berkualitas dan sesuai dengan kendaraan Anda, Anda bisa mendapatkannya di BeliOnderdil

Selamat mencoba!

 

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *