June 19, 2018
Oto Tips

Fakta Menarik Tentang Fog Lamp

Selain lampu utama (head lamp) yang sangat berguna bagi kendaraan, ada lagi satu lampu yang juga mempunyai peran penting untuk sebuah kendaraan khususnya mobil. Sebut saja, lampu kabut atau yang biasa dikenal dengan nama Fog Lamp.

Di kala musim hujan melanda, terkhusus para pengendara yang berkendara di dataran tinggi seringkali menjumpai suasana dingin dan berkabut saat mengendarai mobilnya. Hal ini tentu berbahaya jika aksesori mobil yang dimiliki tidak terpasang sebuah fog lamp. Fog lamp sendiri memiliki fungsi utama ialah membantu dan menambah daya penglihatan bagi pengendara di saat hujan. Sudah tidak diragukan bahwa Fog Lamp sendiri memang dibutuhkan demi keselamatan dan keamanan saat berkendara.

Berikut ini ialah fakta-fakta mengenai Fog Lamp atau lampu kabut :

  1. Fog Lamp Untuk Keselamatan

Berfungsi untuk mengatasi gangguan penglihatan saat mengendarai mobil di waktu hujan dan berkabut, keberadaan Fog Lamp memang penting untuk keselamatan berkendara.

  1. Sinar Fog Lamp Sebagai Penerang Jalan

Cahaya sinar Fog Lamp dibuat menyebar jauh dari kiri maupun kanan untuk memancarkan sinar yang dapat menerangi dua sisi jalan.

  1. Sinar Fog Lamp Aman.

Penempatannya yang rendah, dimana biasanya diletakkan di bagian bemper mobil, membuat pantulan sinar Fog Lamp tidak mengarah ke mata pengemudi saat berhadapan dengan kabut.

  1. Penggunaan Fog Lamp yang Optimal

Head lamp lebih baik dimatikan saat menerjang kabut dalam berkendara, hal ini tentu saja agar terhindar dari “tembok putih” akibat sinar lampu yang dipantulkan kembali oleh kabut. Maka dari itu, fungsi Fog Lamp sendiri akan lebih optimal.

  1. Cahaya Kuning Fog Lamp

Saat memilih lampu yang akan digunakan untuk Fog Lamp, disarankan untuk memilih warna kuning sebagai cahaya penerangannya karena dipercaya lebih baik untuk daya pandang saat berkendara dikala hujan dan berkabut.

  1. Fog Lamp Tak Hanya Digunakan Saat Kabut

Fog Lamp juga berguna untuk menambah daya penerangan dari lampu utama saat berkendara di malam hari meskipun tidak ada kabut.

Saat ini sejumlah dealer telah menawarkan aksesori satu ini di saat pembelian unit mobil baru. Sementara untuk unit mobil yang belum dilengkapi Fog Lamp, disarankan untuk menambah aksesori tersebut demi keselamatan dan keamanan dalam berkendara.

Sekarang, tentu Anda sudah sedikit memahami bagaimana pentingnya Fog Lamp bagi kinerja penerangan mobil, kualitas dari Fog Lamp itu sendiri juga menjadi tolak ukur apakah suasana berkendara bagi Anda dan keluarga sudah terjamin keamanannya. Dapatkan di BeliOnderdil, aksesoris penerangan mobil dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi orisinalitasnya.

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *