August 21, 2018
Instalasi Suku Cadang

Dapatkah Head Unit In Dash dan Floating di Ganti? Ini Dia Penjelasannya!

Jakarta, BeliOnderdil.com —Ditengah maraknya pembangunan di Ibukota membuat banyak jalan menjadi macet. Dalam kondisi tersebut pastilah pengemudi mobil merasa bosan dan penat karena terjebak macet. Akhirnya banyak yang menambah fitur entertainment dikendaraan mereka. Fitur entertainment dalam sebuah kendaraan menjadi sebuah perangkat penting, terutama bagi kaum urban dengan mobilitas tinggi di perkotaan.

Tanpa adanya fitur hiburan di mobil, perjalanan akan cenderung membosankan, apalagi saat berada di tengah kemacetan.

Sebenarnya, apakah fitur entertainment kendaraan bisa diganti-ganti? Yuk! Simak penjelasan berikut.

Biasanya fitur hiburan di mobil bersumber dari Head Unit (HU). HU yang menghibur mampu memutar CD, DVD, koneksi Bluetooth, Aux-In dan USB, navigasi, sampai memunculkan tampilan ponsel di monitor HU (MirrorLink).

 

Sayangnya, banyak mobil-mobil baru saat ini, terutama yang dijual di Indonesia mengalami penurunan spek dari versi asli di negara asalnya. Termasuk HU yang mengalami downspec demi meraih harga jual mobil yang bisa lebih hemat. Salah satu solusinya adalah dengan mengganti head unit yang banyak tersedia di pasaran. Tapi masalahnya, bentuk dasbor atau rumah HU di beberapa mobil terkadang punya bentuk yang khas atau terintegrasi dasbor (in-dash). Sehingga tidak bisa asal ganti karena ukurannya berbeda. Pun begitu dengan HU jenis floating seperti pada Suzuki Ignis atau Kia Rio baru.

 

Namun meski begitu, tetap saja head unit jenis ini bisa diganti dengan produk aftermarket. Satu yang Anda butuhkan yang terpenting adalah frame dari head unit yang pas dengan ukuran 2DIN. Ukuran ini kebanyakan digunakan pada head unit yang banyak dijual di pasaran.

 

Nah! Bagaimana? Sudah lebih mengerti kan tentang head unit dapat diganti atau tidak? Jadi, ada baiknya apabila Anda ingin mengupgrade head unit, pastikan dahulu bahwa ukuran head unit yang dipilih sesuai dengan ukuran dasbor mobil Anda, dan ada baiknya pula jika pergi ke bengkel resmi mobil Anda dan konsultasikan dengan nekanik yang sudah handal agar sesuai dengan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat ya sahabat otomotif.

 

©autobild

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *