May 26, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Ciri Kerusakan Master Silinder Rem Mobil Serta Cara Mengatasinya

© RX7Club

© RX7Club

Permasalahan pada sistem pengereman dapat terjadi ketika Anda mulai merasakan pedal rem yang terasa keras, rem mobil yang tidak begitu pakem, bergetarnya pedal rem mobil ketika diinjak serta mobil yang membanting kearah salah satu sisi baik kiri maupun kanan ketika melakukan pengereman.

Hal-hal di atas tentu dapat terjadi karena kurangnya kepedulian para pemilik mobil dalam melakukan perawatan terhadap berbagai komponen mobilnya sehingga terjadilah kerusakan tersebut. Perawatan sistem pengereman mobil terbilang cukup sederhana, cukup melakukan pemeriksaan terhadap minyak rem mobil setiap menempuh jarak 40.000 km dan melakukan penggantiannya setiap mobil menempuh jarak 80.000 km. Kondisi sistem pengereman juga dipengaruhi oleh penggunaan suku cadang original serta cara melakukan pengereman yang baik.

Ciri master cylinder rem mobil rusak

Dari beberapa komponen sistem pengereman yang biasanya mengalami kerusakan selain piston rem maupun booster rem ialah komponen master silinder rem yang memiliki fungsi untuk memompa minyak rem menuju ke empat piston rem, yang berikutnya terjadilah pengereman. Ciri utama untuk mengetahui master rem telah mengalami kerusakan adalah pedal rem yang ngempos atau ambles ketika diinjak serta tidak pakemnya rem mobil. Keusakan master rem diakibatkan oleh karet seal yang keausan, akibat bergesekan dengan dinding silinder yang permukannya sudah kemungkinan berkarat.

Cara mengecek master rem yang sudah rusak

Sebenarnya, Anda dapat melakukan pengecekan sendiri pada master rem. Pertama-tama Anda dapat melakukan bleding atau buang angin yang mungkin saja terjebak di dalam saluran minyak rem. Berikutnya setelah minyak rem di-bleding, Anda dapat melakukan tes jalan dan cobalah melakukan pengereman, jika rem mobil terasa tidak pakem serta ketika pedal rem diinjak dan Anda merasakan komponen tersebut ambles atau loss, sudah dapat dipastikan bahwa master silinder rem telah mengalami kerusakan.

Langkah pemeriksaan dan perbaikan master silinder rem mobil

Dalam langkah perbaikan, hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu melakukan pembongkaran serta pemeriksaan terhadap master rem tersebut. Untuk itu, bongkar master rem terlebih dahulu dari dudukan rem booster, setelah itu bongkar semua isi dari master rem tersebut dan periksalah menggunakan jari telunjuk apakah di dalam dinding master rem terasa kasar dan berkarat.

Apabila hal tersebut benar terjadi, Anda dapat melakukan pembersihan dengan cara menggosoknya menggunakan amplas halus ukuran 1000, lakukan proses tersebut sampai karat hilang dan dinding silinder master rem terasa mulus. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan kembali dengan jari, jika masih terasa kasar karena sudah berlubang lubang akibat berkarat, sebaiknya lakukan penggantian master slinder. Namun jika dinding silinder sudah kembali halus setelah diamplas, Anda dapat melanjutkan proses perbaikan dengan mengganti seal karet yang lama dengan repair kit yang baru dan dirakit kembali.

Langkah pemasangan kembali master silinder rem

Langkah selanjutnya setelah master rem dirakit ialah pemasangan kembali ke posisi semula, jangan lupa untuk melakukan proses bleding atau pembuangan angin ulang agar tidak ada udara yang terjebak di saluran minyak rem yang dapat berpengaruh pada rem mobil menjadi tidak pakem. Setelah semua pekerjaan telah dilakukan dengan benar, lakukan kembali pengetesan ulang. Yang pertama ialah pemeriksaan terhadap kondisi master rem dengan cara menginjak pedal rem yang seharusnya sudah tidak ambles lagi. Kemudian lakukan tes jalan, master silinder rem sudah dalam keadaan optimal ketika Anda merasakan pedal rem telah pakem kembali.

Nah itulah tadi beberapa ciri yang mengindikasikan kerusakan master silinder rem mobil serta langkah pemeriksaan dan perbaikannya. Untuk kebutuhan komponen master silinder rem dengan kualitas prima, dapatkan hanya di BeliOnderdil sekarang juga.

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *