July 18, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Ciri-ciri Kerusakan Wiper Mobil Beserta Cara Perbaikannya

©

© ShutterStock

Wiper merupakan salah satu aksesoris mobil yang memiliki peran penting mobil Anda. Fungsinya adalah untuk membersihkan kaca mobil baik bagian depan maupun belakang dari air hujan serta kotoran yang menempel di kaca. Bukan hanya menjadi sebuah aksesoris semata namun sudah menjadi sebuah item yang wajib ada pada setiap kendaraan, keberadaan wiper tentu penting karena sangat membantu dalam menyajikan sudut pandang yang bersih.

Wiper memiliki dua bagian utama yaitu lengan wiper dan karet wiper. Pada umumnya, bagian lengan wiper ini jarang sekali mengalami kerusakan. Namun apabila terindikasi rusak, bagian ini dapat diatasi sendiri atau dengan membeli lengan wiper yang baru. Berbeda dari karet wiper yang perlu dilakukan penggantian secara periode setiap satu tahun sekali, penggantian idealnya dapat dilakukan ketika memasuki awal musim hujan.

Terdapat suatu alasan penting mengapa karet wiper perlu diganti setiap setahun sekali. Hal ini karena karet wiper terbuat dari bahan karet yang mudah rusak jika terkena paparan sinar matahari. Kerusakan karet wiper yang sering terjadi ialah karet wiper yang menjadi keras dan tidak elastis lagi serta karet wiper yang pecah-pecah.

Kedua kerusakan utama tersebut membuat sapuan wiper terhadap kaca mobil menjadi tidak maksimal dan kurang merata. Ketika sapuan wiper kurang merata, maka air hujan yang deras akan sangat menghalangi pandangan si pengendara.

Ciri-ciri Wiper yang Mengalami Kerusakan

Kondisi wiper sebenarnya dapat diketahui saat karet wiper menyapu kaca depan mobil sewaktu hujan, apakah masih bagus atau justru sudah rusak. Beberapa tanda sapuan wiper telah mengalami kerusakan antara lain :

  1. Sapuan tidak rata
  1. Sapuan wiper membentuk kabut
  1. Sapuan wiper menyisakan lumuran air
  1. Karet wiper menggores kaca
  1. Saat bergerak wiper mengeluarkan bunyi

 

Kerusakan dan Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Rusak

Jika Anda telah mengalami ciri-ciri kerusakan wiper yang telah disebutkan di atas, sebaiknya penting bagi Anda untuk melakukan perbaikan secepat mungkin. Berikut ini Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah memperbaiki wiper mobil yang rusak, simak ulasan berikut ini.

  1. Kerusakan bisa disebabkan oleh adanya debu atau kerikil kecil yang terselip di karet wiper, lihat dan sentuh keseluruhan karet wiper apakah terdapat batu atau kerikil dengan diameter 1-2 milimeter yang terselip di-lipatan karet. Jika Anda menemukan batu atau kerikil tersebut, segera ambil dan buang.
  1. Karet wiper yang retak bisa menyebabkan sapuan menjadi kurang merata dan menyisakan lumuran air. Periksa serta lihat dan sentuh apakah karet wiper retak atau pecah. Jika hal ini terjadi, penting bagi Anda untuk segera melakukan penggantian karet wiper.
  1. Wiper berkarat atau terlalu longgar pada bagian sambungan, hal ini juga bisa menyebabkan sapuan kurang sempurna. Jika terlalu longgar bisa dirapatkan, sedangkan jika berkarat bisa dibersihkan karatnya.
  1. Wiper pecah dapat terjadi karena faktor usia dan pemakaian. Jika komponen wiper telah pecah atau patah, Anda perlu membeli komponen wiper yang baru. Anda bisa saja mengatasi permasalahan ini dengan menyambung kembali wiper yang patah, namun ssecara estetika tentu kurang bagus karena sambungan terkadang tidak presisi.
  1. Karet wiper mengeras, karet yang mengeras akan menyebabkan sapuan kurang merata karena tidak semua ujung wiper menyapu kaca (karet sudah tidak elastis lagi). Solusi yang dapat Anda lakukan tentu mengganti karet wiper dengan yang baru.

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri kerusakan wiper mobil beserta cara memperbaiki kerusakan tersebut. Kerusakan wiper mobil tentu saja mengharuskan Anda untuk membeli komponen pengganti yang baru. Tak perlu susah dan bingung untuk mencari wiper mobil dengan kualitas terbaik. Di BeliOnderdil, Anda dapat menemukan berbagai varian wiper mobil berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Tunggu apa lagi, segera kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga.

© Mobilku.org

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *