August 21, 2018
Oto Tips

Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

© ShutterStock

© ShutterStock

Setiap pemilik atau pengguna mobil tentu menginginkan kendaraannya memiliki kinerja mesin yang tangguh dan juga besar, besarnya tenaga mesin yang dihasilkan tentu dapat membuat sebuah kendaraan mampu melaju dalam kecepatan yang tinggi sesuai dengan yang diinginkan pemiliknya.

Istilah umum yang digunakan sebagai satuan ukur tenaga mesin ialah Horse Power atau HP. Semakin tingginya nilai HP tersebut maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan atau dikeluarkan dari sebuah mesin mobil. Untuk tiap jenis mobil sendiri memiliki spesifikasi standar mesin dan juga HP yang dihasilkan. Dan untuk membuat kendaraan tersebut dapat melaju dengan sangat kencang, maka Anda perlu menaikkan angka Horse Power tersebut.

Kali ini Blog BeliOnderdil akan memberikan beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan Horse Power mesin mobil :

  1. Mengganti Chip Komputer ( ECU )

Engine Control Unit atau dapat disingkat ECU merupakan sebuah perangkat elektronik yang terpasang di mobil. ECU mempunyai tugas utama yaitu mengatur sistem yang ada di mobil seperti pasokan udara, pasokan bahan bakar, kontrol kecepatan dan lain-lain. Untuk membuat performa tenaga mesin menjadi tinggi Anda dapat melakukan penggantian ECU mobil standar dengan ECU aftermarket yang didesain secara khusus. Namun kadang kala Anda juga perlu melakukan perubahan lain seperti mengubah air intake dan juga sistem gas buang.

  1. Modifikasi Sistem Gas Buang

Saluran gas buang atau yang biasa kita kenal dengan knalpot merupakan salah satu faktor penting yang terdapat di dalam kendaraan yang dapat mempengaruhi tenaga mesin mobil. Ukuran knalpot yang kecil dapat memperlambat sisa gas buang untuk segera keluar dari dalam sistem, sebagian sisa gas buang mungkin saja akan terjebak di dalam ruang bakar sehingga hal ini dapat membuat kinerja mesin menurun.

Agar horse power mesin mobil meningkat Anda dapat melakukan perubahan pada saluran gas buang dengan mengganti bagian seperti header dan free flow muffler dengan ukuran yang lebih besar agar udara sisa gas buang dapat langsung keluar sehingga efek tekanan balik gas buang dapat diminimalisir. Apabila sistem gas buang mesin mobil lancar, maka proses pembakaran di dalam ruang mesin dapat lebih maksimal.

  1. Memasang Komponen Turbocharger

Yang perlu Anda ketahui ialah, proses pembakaran di dalam ruang mesin membutuhkan bahan bakar dan oksigen sebagai syarat mutlak agar sebuah pembakaran dapat terjadi dengan tepat. Turbocharger memiliki fungsi utama untuk membantu memampatkan udara yang masuk ke dalam silinder atau ruang bakar. Tekanan oksigen yang meningkat di dalam ruang bakar membuat proses pembakaran menjadi lebih maksimal dan berpengaruh pada tenaga mesin yang lebih prima. Dengan demikian, pemasangan komponen turbocharger tentu dapat membuat suplai oksigen di dalam ruang bakar akan semakin meningkat, namun Anda juga perlu mengganti ukuran silinder dengan yang lebih besar.

  1. Mendinginkan Udara Yang Masuk Dengan Intercooler

Jika suhu udara yang tinggi atau panas masuk ke dalam ruang bakar lalu dikompresi, udara tersebut akan menyusut karena bentuk molekul dari udara bersuhu tinggi lebih renggang jika dibandingkan dengan udara biasa atau dingin. Agar suplai oksigen di dalam ruang bakar menjadi padat dan banyak, maka udara yang masuk tadi perlu didinginkan terlebih dahulu dengan menggunakan sebuah komponen yang disebut dengan intercooler. Intercooler memiliki bentuk yang hampir sama dengan radiator, namun perbedaannya fungsi intercooler disini ialah untuk mendinginkan udara. Jadi setelah udara dikompresi oleh turbocharger, akan didinginkan terlebih dahulu di dalam intercooler, setelah udara sudah tidak panas barulah memasuki ruang pembakaran.

  1. Mengurangi Beban kendaraan

Kendaraan yang membawa muatan atau beban terlalu berat dapat menghambat laju kendaraan. Dengan kata lain muatan barang tersebut dapat mempengaruhi nilai dari horse power mesin mobil. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengurangi berat beban yang terdapat pada kendaraan agar tenaga mesin lebih meningkat, namun yang perlu Anda pahami ialah jangan melepas beberapa komponen yang ada di dalam kendaraan dengan fungsi yang penting seperti melepas ban serep contohnya.

  1. Mengganti Saringan Udara ( Air Filter )

Air filter atau dengan nama lain saringan udara mempunyai peran penting untuk menjaga ruang bakar agar terbebas dari segala jenis kotoran seperti pasir, debu atau bahkan kerikil karena sebelum udara memasuki ruang bakar, air filter akan terlebih dahulu menyaring berbagai kotoran tersebut. Ukuran saringan udara mobil standar biasanya lebih rapat sehingga udara yang masuk ke dalam mesin memang benar-benar bersih namun aliran akan sedikit terlambat mengingat rapatnya komponen saringan udara tersebut. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat mengganti saringan udara menggunakan produk aftermarket yang lebih renggang agar aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar lebih lancar sehingga suplai oksigen tercukupi dan membuat tenaga mesin lebih meningkat.

  1. Penggunaan Busi dan Bahan Bakar Berkualitas

Tenaga mesin juga dapat berpengaruh tergantung penggunaan busi yang berkualitas. Busi dengan kualitas yang baik seperti busi iridum tentu dapat membuat proses pembakaran menjadi lebih lancar karena percikan api yang dihasilkan lebih fokus.

  1. Penggunaan Bahan Bakar Berkualitas

Begitupun dengan bahan bakar, Anda perlu menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang bagus, sebab bahan bakar dengan kualitas rendah dapat mempengaruhi kinerja mesin seperti sisa pembakaran yang tidak sempurna yang kemudian akan tertinggal di dalam ruang bakar. Pada umumnya, oktan bahan bakar bensin yang tinggi memiliki kualitas yang bagus, seperti contoh oktan 92 lebih bagus dari oktan 88.

Nah itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat tenaga mesin mobil menjadi lebih meningkat. Yang perlu Anda ingat adalah, semakin tinggi tenaga mesin yang dihasilkan tentu akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil seperti yang dulunya hemat sekarang menjadi lebih boros. Hal ini sangatlah wajar karena tenaga mesin berbanding lurus dengan tingkat konsumsi bahan bakar.

Jika Anda ingin menggunakan cara-cara di atas untuk meningkatkan tenaga mesin mobil, tentunya Anda membutuhkan berbagai komponen mobil seperti yang telah disebutkan di atas. Untuk kebutuhan suku cadang baik produk genuine maupun aftermarket Anda bisa dapatkan dengan mudah hanya di BeliOnderdil. Tunggu apa lagi, jadikan BeliOnderdil sebagai pilihan pertama untuk pembelian berbagai macam suku cadang berkualitas. Blog BeliOnderdil akan kembali dengan tips otomotif lainnya.

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *