September 25, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Cara Mengukur Tekanan Pompa Bahan Bakar Mobil Injeksi

Bagi Anda pengguna mobil, khususnya dengan sistem injeksi yang  memiliki pompa bahan bakar atau fuel pump. Anda perlu mengetahui seluk beluk pompa bahn bakar karena perannya yang begitu penting dalam kendaraan. Pompa bahan bakar tersebut berfungsi mengalirkan bahan bakar ke injektor. Aliran bahan bakar akan terhambat ketika ukuran bahan bakar tidak sesuai lagi.

Penting bagi Anda untuk juga memperhatikan tekanan bahan bakar, pasalnya tekanan tersebut tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, Anda perlu memastikan bahwa tekanan bahan bakar selalu berada dalam keadaan yang stabil. Akibat dari tekanan bahan bakar yang telalu tinggi ialah bocornya slang dan seal o ring. Sedangkan, apabila tekanan bahan bakar terlalu rendah akan berpengaruh pada hal yang membahayakan proses pembakaran. Hal tersebut dapat membuat proses pembakaran yang menuju injektor tidak sesuai dengan kebutuhan pembakaran dan membuat mobil dapat terindikasi kerusakan.

Simak pula contoh berikut ini. Sebuah mobil memiliki tekanan 300 kpa hingga 350 kpa. Ketika mobil di start untuk dinyalakan, perlu bagi tekanan bahan bakar untuk menekan hingga kisaran 300 kpa. Jika fuel atau bahan bakar tidak bekerja dengan baik, maka hanya akan mengeluarkan tekanan hingga 150 kpa saja. Untuk itu, Anda perlu melakukan 2 kali start untuk menghidupkan mobil tersebut.

Terdapat ciri-ciri kerusakan pada fuel yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut :

  • Proses starter mobil harus dilakukan beberapa kali agar mesin mobil dapat hidup.
  • Mesin akan tersendat ketika hidup atau dijalankan.
  • Pasokan bahan bakar akan berkurang dan membuat mobil sulit untuk dihidupkan.

Pada dasarnya, tak hanya pompa bahan bakar saja yang akan memengaruhi tekanan bahan bakar. Terdapat beberapa komponen yang juga dapat menyebabkan tekanan bahan bakar menurun. Penyebabnya antara lain :

  • Selang bahan bakar yang mengalami kebocoran
  • Bagian fuel pump yang mulai melemah dan rusak
  • Banyaknya kotoran yang menumpuk dan menyumbat saringan bahan bakar atau fuel filter.

Pada umumnya, terdapat beberapa faktor yang begitu memengaruhi kinerja mesin mobil injeksi. Seperti contoh, pengaruh yang diakibatkan oleh pompa bahan bakar yang fungsinya tidak dapat bekerja dengan baik lagi. Agar pompa bahan bakar injeksi tersebut dapat bekerja dengan baik, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan dan service mobil secara berkala dan rutin. Hal tersebut tentu membuat mobil Anda akan terhindar dari permasalahan berupa kerusakan.

Berikut ini Blog BeliOnderdil akan memberikan cara-cara mengukur tekanan pompa bahan bakar mobil injeksi yang dapat Anda lakukan sendiri :

  1. Langkah pertama, pastikan bahwa mobil sedang berada dalam keadaan mati. Anda perlu melepas pengunci selang yang terhubung antara fuel pump dengan injektor.
  1. Kemudian, Anda perlu menghubungkan fuel pump pressure gause yang telah dilepas sebelumnya. Setelah itu, susun secara seri atau berbolak-balik, Anda perlu memperhatikan bahwa pemasangan konektor penyambung selang telah dilakukan dengan benar untuk menghindari terjadinya kebocoran.
  1. Berikutnya jika telah terpasang, Anda perlu mengatur posisi kunci kontak agar berada di posisi “on“. Sebelum Anda menghidupkan kunci kontak tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa sambungan selang bahan bakar tidak mengalami kebocoran.
  1. Selanjutnya Anda perlu melihat posisi tekanan berada dan berhenti di angka berapa. Fuel pump dinyatakan tidak rusak ketika tekanan berada di bawah standar. Kemudian, Anda harus menghidupkan mesin.
  1. Apabila jarum atau alat ukur tetap berada di angka standar, hal ini dapat memastikan bahwa fuel pump atau pompa bahan bakar tidak mengalami masalah.
  1. Setelah Anda mengukur secara stasioner, Anda perlu menaikkan putaran mesin secara spontan. Atau dapat dilakukan dengan cara menahan putaran mesin di atas 1500. Apabila jarum bergetar kurang lebih 2 hingga 3 kpa, hal ini masih dikategorikan aman. Akan tetapi jika jarum bergerak hingga 100 sampai 200 kpa, Anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap pompa bahan bakar mobil injeksi ini.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat Anda ketahui mengenai ciri-ciri kerusakan pompa bahan bakar serta cara mengukur tekanan pompa bahan bakar mobil injeksi. Bagi Anda yang ingin kebutuhan pompa bahan bakarnya segera terpenuhi dengan barang yang berkualitas, segera kunjungi BeliOnderdil sekarang juga, karena hanya di sini Anda dapat menemukan segala kebutuhan suku cadang dengan aman, nyaman, dan mudah. Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *