April 26, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Cara Menghilangkan Bunyi Decitan pada Fanbelt Mobil

Car engine part

Car engine part ©gobdp.com

 

Tali kipas dengan nama lain V belt atau fanbelt merupakan salah satu komponen mobil yang memegang peranan penting terhadap kendaraan. Fanbelt memiliki fungsi untuk mentransfer tenaga dari poros engkol mesin berupa crankshaft atau kruk as menuju ke poros puli penggerak yang membutuhkan seperti pulley AC, pulley alternator, pulley water pump dan lain sebagainya.

Ketika mengendarai mobil, mungkin Anda pernah mengalami hal yang menganggu pendengaran dimana terdengarnya bunyi mencicit tali kipas atau fanbelt mobil. Tak hanya menganggu kenyamanan dalam berkendara karena rasa tidak nyamannya saat didengar, bunyi mencicit dari fanbelt tentu membuat pengendara menjadi khawatir apa yang akan terjadi pada komponen tersebut, seperti perasaan takut akan adanya masalah di bagian mesin mobil ataupun takut apabila fanbelt putus sewaktu-waktu ketika Anda mengendari mobil di tengah jalan.

Bunyi yang terdengar dari komponen mobil apapun tentu perlu diwaspadai. Pasalnya sekecil apapun bunyi, Anda perlu melakukan pemeriksaan dan perbaikan sedini mungkin bagian apa dan mana saja yang perlu diperbaiki sehingga dikemudian hari masalahnya tidak akan menjadi besar.

Untuk itu, Blog BeliOnderdil kali ini akan membahas mengenai permasalahan yang membuat tali kipas atau fanbelt mesin mobil mengeluarkan bunyi yang menganggu beserta penanganan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah :

  1. Kencangkan setelan tali kipas

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mengencangkan tali kipas atau fanbelt mobil tersebut, pasalnya bunyi decitan tersebut dapat disebabkan oleh dua hal. Pertama ialah karena tali kipas atau fanbelt yang sudah kendur. Sedangkan yang kedua karena usia pemakaian komponen telah melampaui batas.

Untuk mengencangkan tali kipas, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Pertama-tama Anda harus mencari baut penyetel yang biasanya terletak di bagian alternator. Untuk mengendurkan penyetel tersebut, Anda memerlukan kunci ring 12 atau yang sesuai. Lakukan cara pengendurkan dengan mencongkel bagian alternator menggunakan besi panjang. Cobalah tekan tali kipas tersebut, kencangkan kembali sesuai aturan setelah proses selesai.

  1. Menaburkan bedak pada fanbelt / tali kipas

Tahukah Anda bahwa bedak yang umumnya digunakan untuk menjaga kelembaban bayi ternyata memiliki kegunaan untuk mengatasi keadaan darurat seperti tali kipas mobil yang mengeluarkan suara mencicit. Anda dapat menaburkan bedak tersebut ke seluruh permukaan dalam tali kipas secara merata. Setelah selesai, tutup kembali kap mesin dan lakukan starter mobil. Jika masih terdengar bunyi tersebut, matikan mesin kemudian buka kembali kap mesin dan taburkan bedak kembali ke area yang sama sampai bunyinya menghilang.

  1. Memberikan grease atau gemuk ke permukaan dalam tali kipas

Langkah mudah lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan suara mencicit di bagian tali kipas mesin mobil selanjutnya ialah dengan memberikan pelumas berupa grease / gemuk / stempet ke bagian permukaan dalam fanbelt atau tali kipas. Anda hanya perlu melumasi cukup seujung jari saja, setelah itu coba hidupkan mesin mobil. Namun, cara ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif terakhir karena pemberian grease sebenarnya tidak disarankan karena dapat membuat tali kipas sedikit mudah slip yang dapat mempengaruhi pengonsumsian bahan bakar mobil.

  1. Mengganti tali kipas lama dengan yang baru

Apabila Anda telah melakukan cara di atas namun suara decitan dari fanbelt masih saja terdengar atau belum berhasil, sebaiknya jangan terlalu dipaksakan. Penting bagi Anda untuk segera melakukan penggantian fanbelt yang lama dengan komponen yang baru. Pastikan Anda memilih fanbelt yang tepat atau sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda dan posisi fanbelt telah terpasang dengan benar pada tempatnya. Terdapat banyak pemilik mobil yang mengukur tali fanbelt dengan menyamakan panjangnya, padahal cara tersebut tidaklah benar sebab tali kipas atau fanbelt yang usang sudah tidak elastis lagi dan tentunya akan kendur atau memanjang.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan komponen fanbelt yang baru baik bertaraf genuine ataupun aftermarket, jangan ragu untuk kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga, karena kami menyediakan berbagai kebutuhan suku cadang dengan kualitas terbaik dan harga yang menarik. Tunggu apa lagi, ayo jadikan BeliOnderdil sebagai pilihan pertama untuk kebutuhan suku cadang mobil Anda.

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *