April 26, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Cara Mengganti Wiper Mobil Dengan Mudah

Wiper merupakan suatu aksesoris yang keberadaannya sangat penting di dalam rangkaian mobil. Wiper berfungsi sebagai alat untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil dari kotoran dan tentunya air hujan. Terpasangnya wiper di mobil tentu dapat membantu pengendara ketika berkendara di kala hujan dimana dapat membantu sudut pandang pengendara agar jelas, bersih dan bebas dari segala gangguan termasuk guyuran air hujan.

Wiper yang telah melampaui jangka waktu pemakaian dan terbuat dari bahan karet ini secara perlahan dapat mengalami kerusakan seperti wiper yang perlahan mengeras dan retak karena terlalu lama terkena sinar matahari dan mengering. Penting untuk Anda mengganti komponen ini ketika wiper mobil tampak hilang pegas karetnya.

Penggantian wiper mobil dapat dilakukan di bengkel terdekat, namun akan lebih mudah jika Anda melakukan penggantian wiper sendiri karena caranya yang terbilang tidak terlalu sulit.

Simak ulasan berikut ini tentang cara-cara mengganti wiper mobil dengan tepat :

  1. Pertama-tama Anda tentu harus mengetahui bilah wiper yang akan diganti. Pada umumnya, wiper mobil dibuat dengan tiga bagian dasar yaitu, lengan bawah dari bagian dasar kaca depan yang memanjang, lengan bawah wiper yang terpasang bilah berbahan logam atau plastik, dan bilah karet yang berfungsi sebagai penyeka kaca depan mobil. Sebenarnya, pada saat penggantian wiper, Anda hanya perlu mengganti bilah karet yang usang karena faktor air dan cuaca buruk.
  2. Selanjutnya, tentu Anda harus memilih wiper untuk mengganti yang telah rusak atau sudah tidak layak pakai. Sebelum melakukan pembelian, Anda perlu mengetahui ukuran bilah wiper, untuk itu ukur bilah karet lama menggunakan penggaris atau meteran, kemudian catat hasil pengukuran dengan benar, dan mulailah lakukan pembelian wiper pengganti. Yang harus Anda perhatikan, jangan beranggapan bahwa wiper sisi kiri dan kanan memiliki ukuran yang sama, faktanya salah satu sisi bilah kadang lebih pendek sekitar ±2,5 – 5 cm dibandingkan sisi yang lainnya.
  3. Untuk melakukan penggantian wiper, pertama-tama Anda harus mengangkat dan menjauhkan lengan wiper logam dari kaca depan. Biasanya lengan wiper akan membentuk posisi tegak lurus dengan kaca depan mobil, namun bisa saja lengan wiper yang memiliki per/pegas ini dapat menyentak kaca depan mobil dan berujung pada keretakan. Untuk itu, hati-hatilah ketika melakukan pengubahan posisi.
  4. Berikutnya, mulailah melepas wiper yang lama secara perlahan, Anda juga perlu tahu cara melepas wiper dengan teknik yang benar, selama proses pelepasan pastikan satu tangan Anda memegang dan menjauhkan wiper dari kaca mobil, lakukan secara hati-hati jangan sampai kaca depan mobil atau komponen lainnya tersentak.
  5. Selanjutnya, Sebelum Anda memasang wiper yang baru. Posisikan wiper baru sesuai dengan tempatnya atau sesuai dengan penempatan wiper yang lama. Untuk mengamankan wiper putarlah wiper baru dengan perlahan sampai pengait terpasang pada tempatnya.
  6. Lakukan hal yang sama dengan wiper kedua. Pastikan bahwa ukuran wiper baru tersebut tepat untuk digunakan di setiap sisi.

 

Penggantian wiper yang dilakukan sendiri di rumah tentu dapat meringankan dan mengurangi beban biaya yang harus Anda keluarkan jika memilih untuk menggantinya di bengkel. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman tersendiri ketika mengganti aksesoris mobil satu ini.

Bagi Anda yang sampai saat ini bingung untuk mencari atau menemukan wiper mobil dengan kualitas terbaik dengan varian barang genuine maupun aftermarket segera kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga. Keamanan, kenyamanan, dan kepuasan berbelanja tentu akan Anda dapatkan dengan menjadikan BeliOnderdil sebagai pilihan pertama Anda untuk kebutuhan berbagai macam suku cadang mobil.

 

© Wikihow

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *