September 25, 2018
Instalasi Suku Cadang

Cara Mengganti Oli Mesin Mobil

Oli merupakan bahan pelumas yang berperan penting bagi rangkaian mesin mobil, sudah dapat dipastikan mesin di dalam kendaraan menjadi kering tanpa adanya oli yang melumasi, hal ini tentu membuat kendaraan Anda menjadi cepat rusak.

Banyak pengendara yang cuek dan jarang memperhatikan kondisi rangkaian mobilnya, hal seperti jarangnya mengganti atau memeriksa kondisi oli mengakibatkan suatu hal yang fatal bagi kendaraan. Untuk itu, sebagai pengendara yang cermat, penting bagi Anda memeriksa secara rutin kondisi oli serta menggantinya pada jangka waktu tertentu agar terhindar dari masalah keausan.

Sesuai dengan buku petunjuk kendaraan, para produsen mobil memberi saran untuk melakukan penggantian oli sesuai dengan jarak tempuh mobil Anda. Sebaiknya ganti oli mesin mobil Anda setiap jarak 7.500 – 10.000 km untuk kendaraan yang jarang digunakan, sedangkan untuk mobil yang sering digunakan bahkan sering terkena macet disarankan untuk mengganti oli setiap jarak 5.000 km agar mesin tetap bekerja dengan optimal. (©beritasatu)

Penggantian oli mesin mobil dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah, berikut ini ialah cara-cara penggantian oli mesin dengan benar :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah memarkirkan mobil di tempat yang lebih tinggi dengan posisi sejajar antara bagian depan dan belakang. Jangan lupa untuk memasang rem tangan. Anda dapat menggunakan dongkrak untuk mengangkat mobil. Pastikan dongkrak terpasang dengan benar sesuai dengan tempatnya.
  1. Panaskan mesin mobil Anda sekitar 2 sampai 3 menit agar keadaan oli lebih encer dan mengalir lebih cepat, sehingga kotoran yang tercampur pada oli keluar dengan mudah.
  1. Selanjutnya, bukalah kap mesin dan pasang batang prop atau besi penyangga untuk mengangkat serta menahan kap mesin mobil.
  1. Buka penutup tempat pengisian oli, hal ini bertujuan agar oli dapat mengalir keluar dengan lancar ketika proses pembuangan.
  1. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah untuk menampung oli bekas. Letakkan wadah tersebut beserta koran atau kertas bekas di bawah lubang pembuangan oli yang lama.
  1. Berikutnya, Anda harus mengendurkan baut penutup di bagian bawah mesin. Setelah baut dikendurkan aliran oli akan sedikit miring, kemudian bukalah baut secara keseluruhan menggunakan tangan. Hal yang harus Anda perhatikan ialah sebuah ring atau gasket yang terdapat pada baut. Periksalah kondisinya, disarankan untuk mengganti ring yang baru jika sudah rusak atau tidak layak pakai.
  1. Saat proses pengurasan atau pembuangan oli pastikan bahwa baut jangan sampai tercelup ke dalam wadah penampungan. Kegiatan ini mungkin akan membuat pakaian dan tangan Anda berlumur oli. Letakkan sejumlah koran atau kertas bekas untuk mengatasi ceceran oli yang akan mengotori lantai atau permukaan jalan.
  1. Setelah oli telah terkuras sepenuhnya, pasang kembali tutup tempat pembuangan oli, pastikan bahwa baut terpasang dengan tepat jangan sampai miring karena dapat mengakibatkan kebocoran oli.
  1. Selanjutnya mulailah memasukkan oli mesin baru yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda pada tempatnya.
  1. Nyalakan mesin mobil untuk beberapa menit lalu matikan untuk mengetahui jumlah oli mesin yang telah diganti sudah cukup atau belum. Setelah itu periksa cairan oli dengan mencabut stik oli yang berada di kiri mesin bagian atas, jika oli menyentuh titik bagian atas, kapasitas oli yang dimasukkan sudah cukup begitupun sebaliknya.
  1. Saat kembali menyalakan mesin pastikan lampu indikator tekanan oli mati, lalu posisikan persneling pada netral dan pasang rem tangan. Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah mesin, pastikan tak ada tetesan oli mesin di bagian baut tempat pembuangan oli.

 

Penggantian oli mesin secara pribadi tentu dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan. Selain itu, saat ini marak terjadinya penipuan dimana para konsumen sering kali ditipu oleh para penjual nakal yang menjual oli mesin palsu. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan oli mesin asli dengan kualitas terbaik, segera kunjungi BeliOnderdil.

© Otosia

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *