June 19, 2018
Instalasi Suku Cadang

Cara Mengganti Kampas Kopling Mobil

© ShutterStock

© ShutterStock

Kampas atau plat kopling merupakan salah satu komponen yang memiliki peran cukup penting dalam kinerja kendaraan. Kampas kopling berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi. Kampas kopling yang habis tentu tak dapat menyalurkan tenaga sebesar apapun tenaga mesin yang dihasilkan. Kampas kopling yang habis juga dapat mempengaruhi tenaga yang disalurkan ke roda ikut berkurang. Tidak hanya itu, habisnya kampas kopling mobil juga dapat membuat pengonsumsian BBM menjadi boros. 

Kampas kopling sendiri memiliki usia masa pakai dan bisa bergantung dari waktu serta jarak tempuh kendaraan. Tergantung mana dulu yang dicapai serta faktor karakter pemakaian kendaraan itu sendiri. Pada kondisi normal, kampas kopling bisa habis pada kisaran jarak tempuh 20.000 km dan bila telah mencapai angka itu, maka gejala kampas kopling habis akan mulai terasa.
Untuk memudahkan Anda mengetahui kondisi terkini kampas kopling mobil, Anda dapat membaca juga artikel Blog BeliOnderdil tentang Cara Gampang Ketahui Kampas Kopling Mobil Sudah Habis.
Ketika Anda telah mengalami kehabisan kampas kopling, tentu perlu bagi Anda untuk segera melakukan penggantian komponen agar performa kendaraan tetap terjaga. Kali ini, Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengganti kampas kopling sendiri di rumah. Berikut ulasannya :
Terdapat beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan untuk menjalankan proses penggantian kampas kopling, diantaranya ialah :
  1. 2 buah dongkrak
  2. 3 buah jackstand
  3. 1 set kunci shock
  4. 1 kunci momen
  5. Obeng (+)
  6. Obeng (-)
  7. 1 set kunci ring
  8. Rachet
  9. Palu
  10. Pelurus
  11. Kaliper
  12. Bak penampung
  13. Kain lap
  14. Kuas
  15. Tang
  16. Kompresor
  17. Amplas (secukupnya)

 

Metode 1 : Pembongkaran Komponen

  1. Setelah Anda mempersiapkan semua peralatan yang diperlukan, Anda harus memarkirkan mobil di permukaan jalan yang datar dengan memastikan bahwa rem tangan mobil telah aktif.
  1. Pertama-tama, Anda juga perlu melepas terminal negatif (-) aki atau baterai mobil untuk menjaga keamanan Anda ketika melakukan proses penggantian.
  1. Pasanglah dongkrak agar mobil dapat terangkat sehingga membuat Anda lebih leluasa ketika ingin bekerja di bawah mobil. Pastikan dongkrak terpasang dengan benar dan aman demi terjaganya keselamatan kerja.
  1. Jangan lupa untuk memasang jackstand.
  1. Anda dapat memasang jack stand yang atasnya diberi balok pada bak canter sebagai penyangga agar mesin tidak jauh ketika bak persneling dilepas.
  1. Gunakan tang untuk melepas olor persneling.
  1. Berikutnya, untuk melepas penghubung kopling (olor) yang terpasang di garpu pengungkit Anda dapat menggunakan obeng (-)  dengan cara melepas pegas pembalik garpunya terlebih dahulu.
  1. Kemudian, lepaslah soket atau kabel mundur yang terpasang pada kaki transmisi.
  1. Setelah itu, gunakan kunci ring 14 mm untuk melepas motor starter dengan melepas dua baut pengikatnya.
  1. Melepas poros propeller dengan cara melepas 4 baut pengikat menggunakan kunci ring ukuran 14mm. Kemudian lepas atau tarik keluar poros bagian depan sampai terlepas dari bak transmisi.
  1. Melepas bak transmisi dengan cara melepas 8 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci sok 14mm.
  • Sebelum baut terlepas, pastikan dongkrak telah terpasang di bawah bak transmisi.
  1. Setelah baut terlepas, Anda perlu melepas bak transmisi dan menurunkannya.
  1. Letakkan bak transmisi pada bak pencuci.
  1. Selanjutnya untuk melepas rumah kopling, Anda dapat mengendurkan 8 buah baut pengikat menggunakan kunci sok berukuran 12mm. Lakukan proses tersebut secara berurutan dan satu persatu.
  1. Anda dapat menarik rumah kopling ke luar dari tempatnya setelah semua baut terlepas.
  1. Untuk melepas bantalan pembebas atau release bearings kopling, Anda dapat melepas terlebih dahulu garpu pembebas (release fork) dengan cara melepas klem pengunci dengan menggunakan tang.
  1. Berikutnya, lepaslah garpu pembebas (release fork) dari karet pelindung debu dengan menarik keluar garpu pembebas dari lubang dudukannya pada bak transmisi.

Metode 2 : Pemeriksaan

  1. Memeriksa roda gaya

Untuk memeriksa roda gaya, Anda perlu memastikan bahwa rumah kopling sudah terlepas. Pemeriksaan roda gaya kopling dapat Anda lakukan dengan memeriksa alur permukaannya, Anda dapat menemukan hasil bahwa permukaan roda gaya masih dalam kondisi yang baik dan hanya perlu diamplas saja. Jangan lupa juga untuk periksa roda gigi, Anda tak perlu melakukan perbaikan apabila kedua komponen tersebut masih dalam kondisi yang baik dan tidak cacat.

  1. Memeriksa kampas kopling

Lakukan pemeriksaan kampas kopling dengan memeriksa kondisi fisiknya, penting bagi Anda untuk melakukan penggantian ketika karet torsi sudah mengendur dan kampas kopling sudah tipis.

Selain pemeriksaan secara visual, Anda juga perlu memeriksa kampas kopling ke dalam paku keeling dengan cara mengukurnya menggunakan kaliper. Anda harus mengganti kampas kopling mobil ketika hasilnya menunjukan ukuran 0,03mm.

  1. Memeriksa bantalan pembebas

Cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa release bearings atau bantalan pembebas ialah dengan cara diputar-putar dan dengarkan bunyi putaran tersebut. Lakukan penggantian ketika Anda mendengar putaran release bearing yang sudah tidak lancar.

Metode 3 : Pemasangan

  1. Sebelum semua pemasangan komponen dilakukan, Anda perlu melumasi grease pada bantalan pembebas (release bearings) dan poros transmisi.
  1. Pertama, Anda perlu memasang kampas kopling yang baru beserta rumah kopling pada roda gaya dengan menggunakan batang pelumas agar dapat memudahkan Anda ketika ingin memasang poros transmisi.
  1. Setelah rumah dan kampas kopling terpasang, Anda dapat memasang baut pengikat rumah kopling sebanyak 8 buah menggunakan kunci sok berukuran 12 mm secara merata dan juga bergantian.
  1. Kencangkan semua baut yang telah terpasang menggunakan kunci momeng agar lebih erat dengan cara menyilang dan merata.
  1. Selanjutnya, Anda dapat memasang bak transmisi dengan cara meletakkan bak transmisi pada dongkrak dan memompa dongkrak sampai ketinggian transmisi sama dengan rumah kopling, kemudian dorong bak transmisi maju sampai poros transmisi masuk ke dalam poros kopling (clutch hub)
  1. Pasanglah baut pengikat bak transmisi dengan menggunakan kunci ukuran 14mm dengan cara menyilang dan rata kemudian lepas jack stand yang menahan mesin
  1. Setelah itu, Anda dapat memasang penyangga bak transmisi dengan bodi mobil dan mengikatnya dengan 4 buah baut pengikat menggunakan kunci ring ukuran 17 mm
  1. Memasang poros propeller dengan cara memasukkan poros dimulai dari bagian depan masuk ke dalam bak transmisi bagian output. Kemudian pasang poros propeller bagian belakang yang berhubungan dengan garden dan ikat menggunakan 4 buah mur dan baut pengikat lalu keraskan.
  1. Berikutnya, pasang kembali olor kopling pada garpu pembebas, kemudian pasang pegas pembalik garpu pembebas menggunakan obeng (-) dan tang, lalu pasang kembali juga kabel mundur pada soket yang terdapat pada bak transmisi.
  1. Selanjutnya, pasang olor presneling dengan menggunakan tang
  1. Kemudian Anda dapat memasang kembali motor starter dengan memasang dua baut pengikatnya, lalu hubungkan kembali kabel (-) aki dengan terminal 30 motor starter dan terminal 50 dengan ST kunci kontak.
  1. Lepas dongkrak secara perlahan untuk menurunkan mobil.
  1. Setelah mobil diturunkan Anda dapat melakukan pengujian. Langkah pengujian dilakukan di jalan umum.
  1. Setelah pengujian, Anda dapat memastikan proses penggantian telah berhasil ketika Anda mencoba penambahan gas, kecepatan mobil juga bertambah serta pemindahan persneling yang dapat berjalan mulus tanpa menimbulkan bunyi.

Demikianlah informasi mengenai cara penggantian kampas kopling mobil dengan tepat. Untuk kebutuhan kopling mobil beserta komponen-komponennya, jangan ragu untuk kunjungi situs BeliOnderdil dan dapatkan berbagai keperluan suku cadang dengan kualitas prima. Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© bimaseptiaja

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *