December 15, 2018
Instalasi Suku Cadang

Cara Mudah Mengganti Filter Udara Mobil

Filter udara atau Air filter merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi mobil dimana berfungsi untuk mencegah masuknya udara kotor ke dalam ruang pembakaran. Dengan adanya filter udara yang melekat dengan mesin mobil, tak ada udara kotor yang masuk, untuk itu sistem pembakaran akan beroperasi dengan sempurna dan membuat kinerja mobil semakin optimal.

Pada dasarnya, setiap pemakaian pasti ada jangka waktu yang dimiliki, sama halnya dengan filter udara, apabila semakin sering kendaraan digunakan maka filter udara akan semakin kotor dimana akan menganggu proses pembakaran dan membuat performa kendaraan menurun.

Untuk waktu pembersihan filter udara, dapat dilakukan tiap mobil menempuh jarak 1000 sampai 5000 km, sedangkan penggantiannya ketika mobil menempuh jarak 20.000 km dengan aktivitas pencucian 5 kali. Namun, Anda juga harus menyelaraskan dengan kondisi lingkungan atau medan jalan yang dilalui. Pembersihan dan penggantian filter udara lebih sering dilakukan apabila Anda melewati jalan dengan lingkungan yang sangat berdebu. (© mobilku.org)

Jika filter udara Anda sudah melebihi jangka waktu pemakaian, berikut ini ialah cara mengganti filter udara dengan baik dan benar :

  1. Pada dasarnya, penggantian filter udara mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang masih awam atau belum pernah mengganti filter udara secara pribadi, Anda dapat membaca buku panduan mobil atau berkonsultasi ke bengkel terdekat mengenai letak filter udara pada mobil Anda.

 

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengamankan mobil dengan memarkirkannya dengan menggunakan rem parkir atau rem tangan. Atur gigi mobil ke gigi pertama khusus untuk pengguna transmisi manual.

 

  1. Pertama-tama buka kap mesin mobil, kemudian lepaskan kap mesin beserta tuas di dalam mobil. Pasang batang prop (besi penyangga) untuk mengangkat dan menahan kap mobil.

 

  1. Berikutnya ialah mencari letak filter udara, pada umumnya terletak di atas mesin mobil. Khusus untuk mobil tua berkaburator, unit filter udara dapat ditemui di bawah, dengan penutup putaran besar yang terbuat dari plastik atau logam, sedangkan untuk mobil berbahan bakar injeksi atau mobil keluaran terbaru biasanya rumah filter udara terletak di kisaran grill depan dan mesin dengan bentuknya kotak atau persegi panjang.

 

  1. Lepaskan cover filter udara. Mula-mula lepaskan penjepit yang ada di sekitar sisi rumah filter, lepaskan wing nut untuk beberapa model filter udara yang menggunakan komponen tersebut sebagai pengunci rumah filter. Angkat penutup rumah filter tersebut dari tempatnya.

 

  1. Keluarkan atau angkat secara perlahan filter udara dari tempatnya. Bersihkan sekitar area rumah filter dari partikel debu. Ganti filter lama yang kotor atau yang sudah tidak layak pakai dengan filter yang baru. Anda juga harus memperhatikan filter udara yang dibeli karena harus sesuai dan tepat dengan spesifikasi mobil Anda agar dapat beroperasi dengan benar.

 

  1. Pasang filter udara yang baru sesuai dengan tempatnya, teliti dalam memasang, perhatikan bahwa terdapat lapisan karet di bagian sisi filter udara yang baru tersebut. Pastikan bahwa karet (seal) telah terpasang dengan benar sesuai dengan letaknya.

 

  1. Setelah memasang filter udara yang baru, pasang kembali cover/tutup rumah filter dan jangan lupa untuk mengencangkan pengunci di sekitar sisi rumah filter.

 

  1. Terakhir tutuplah kap mesin mobil dan lakukan pemeriksaan dengan mengendarai mobil bahwa filter udara telah beroperasi kembali dengan benar dan tepat.

 

Di BeliOnderdil, para pengendara bisa dengan mudah mendapatkan filter udara jenis suku cadang Genuine maupun Aftermarket. Tidak hanya filter udara, filter oli mesin, filter lainnya juga ada! Ayo kunjungi situs belanja belionderdil.co.id sekarang!

 

© Agrizalfilter

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *