September 25, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Cara Mengganti dan Menambah Oli Kompresor AC

Kompresor AC merupakan salah satu komponen penting dari sistem AC mobil yang memiliki fungsi untuk memompa dan menghisap dan mensirkulasikan freon di dalam sistem AC mobil, menghisap freon pada sisi tekanan rendah dan menekan freon pada sisi tekanan tinggi.

Oli kompresor memiliki peran yang signifkan terhadap kinerja kompresor AC. Di dalam kompresor AC, terdapat piston yang bergerak mengikuti putaran mesin melalui puli kompresor ketika ac mobil dinyalakan, kerusakan pada kompresor tentu dapat terjadi apabila tidak terdapat oli pada pergerakan piston di dalam kompresor.

Jadi dapat disimpulkan bahwa oli kompresor AC berfungsi untuk melumasi kompresor AC mobil agar terhindar dari kerusakan serta agar kompresor AC tidak mengeluarkan bunyi yang keras. Untuk itu, apabila kompresor AC mengeluarkan bunyi-bunyian aneh yang bising, hal tersebut merupakan salah satu tanda oli kompresor AC mobil telah habis akibat mengalami kebocoran atau batas pakai yang sudah berakhir.

Cara mengganti oli kompresor AC mobil

Yang perlu Anda ketahui ialah penggantian dan penambahan oli kompresor AC merupakan suatu pekerjaan yang berbeda satu sama lain. Kedua proses tersebut tentu dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Untuk mengganti oli kompresor AC disarankan bagi Anda untuk membawa kendaraan ke bengkel AC terdekat karena proses satu ini mengharuskan freon di dalam sistem AC harus dikosongkan terlebih dahulu, kemudian barulah kompresor AC dibuka dari mesin dan oli  tersebut ditumpahkan dengan membalik dan menutar kompresor menggunakan tangan agar oli yang sebelumnya terkuras keluar. Biasanya oli kompresor yang dapat dibuat dengan cara tersebut sekitar 100 cc.

Kemudian isikan oli kompresor ke dalam kompresor ketika kompresor tersebut belum dipasang ke mesin melalui lubang saluran tekanan rendah pada kompresor, Anda juga dapat mengisi oli kompresor AC mobil saat proses vacuum sebelum isi freon.

Cara menambah oli kompresor AC mobil

Penambahan oli kompresor tentu perlu Anda lakukan, beberapa pengerjaan AC mobil seperti setelah membuka komponen AC mobil seperti membuka kondensor AC, receiver drier, selang-selang AC atau membuka evaporator. Pada proses pembukaan komponen itulah oli kompresor ikut keluar dari sistem ketika freon dikosongkan sehingga penting bagi Anda untuk melakukan penambahan oli kompresor.

Terdapat hal yang perlu Anda perhatikan dimana penambahan oli kompresor AC mobil tentu tidak boleh sembarangan. Jumlah penambahan oli perlu disesuaikan dengan bagian mana yang dibuka. Pengisian oli kompresor AC yang terlalu banyak dan melampaui batas tentu dapat menyebabkan udara AC yang kurang dingin atau  tidak dingin setelah diisi freon.

Seperti contoh, apabila Anda membuka kondensor AC Anda dapat melakukan penambahan oli kompresor cukup sekitar 40 cc sampai 60 cc.

Berikut ini, Blog BeliOnderdil juga akan memberikan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menambah oli kompresor AC :

  1. Setelah Anda membuka komponen kompresor serta membuang oli yang lama, untuk menambahkan oli kompresor Anda dapat langsung memasukan oli tersebut melalui lubang inlet pada kompresor yang memiliki diameter lubang berukuran lebih besar. Takaran oli yang dapat Anda ketahui jika oli kompresor telah dibuang habis, untuk kompresor berukuran kecil cukup ditambahkan sebanyak 150 cc.
  1. Jika AC mobil Anda memiliki komponen berupa manifold gauge, oli kompresor dapat dimasukan setelah proses vacuum atau ketika proses vacuum berlangsung.

Berikut ialah cara memasukan oli kompresor :

Ketika memasuki proses vacuum atau setelah proses vacuum telah selesai, tutup kran manifold yang bertekanan rendah, buka slang tekanan rendah dari manifold tersebut, ketika slang dari manifold gauge dilepas akan terdengar suara hisapan karena terjadi ke-vacuum-an, kemudian masukan oli kompresor sesuai dengan jumlah yang diperlukan melewati lubang selang yang dibuka dair manifold gauge tersebut, oli kompresor akan masuk secara menyeluruh dengan cara dihisap.

Setelah proses tersebut selesai, Anda dapat memasang kembali selang tekanan rendah ke manifold dan kembali melanjutkan vacuum dengan posisi keran tekanan rendah pada manifold dalam keadaan tertutup. Hal tersebut tentu untuk mengantisipasi adanya udara yang ikut masuk ke sistem AC ketika menghisap oli kompresor tadi.

  1. Jika pengisian oli kompresor dilakukan dengan menggunakan alat recovery atau alat ac R3, Anda cukup letakkan oli pada tabung oli kompresor, ketika proses vacuum selesai, secara otomatis masuk ke menu inject oil untuk memasukan oli dan tekan tombol inject oil tersebut agar oli kompresor yang telah tersedia di dalam tabung terhisap, sesuaikan dengan jumlah yang diperlukan sambil perhatikan skala ukuran pada tabung oli.

 

© Otoqita

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *