October 18, 2018
Instalasi Suku Cadang

Cara Mengganti Aki Mobil

Aki mobil merupakan salah satu komponen penting dari sistem kelistrikan mobil yang berfungsi sebagai media penyimpan dan penyuplai arus listrik pada waktu kendaraan dihidupkan. Fungsi lainnya aki mobil adalah sebagai pemasok arus listrik untuk kebutuhan lampu-lampu waktu kendaraan berhenti/parkir di malam hari. Seperti alarm, jam elektronik, dan sebagainya saat mesin mati.

Aki mobil memiliki jangka waktu pemakaian, sama halnya dengan rangkaian mobil lainnya. Redupnya lampu depan mobil menjadi tanda aki mobil sudah saatnya diganti. Umumnya penggantian aki dapat dilakukan ketika menempuh jarak 25.000 km – 50.000 km.

Penggantian aki mobil dapat dilakukan di bengkel terdekat, namun akan lebih baik jika mengganti aki mobil di rumah karena prosesnya yang tidak rumit serta hanya membutuhkan peralatan yang sederhana.

Cermatilah cara-cara mengganti aki mobil berikut ini :

  1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan ialah memarkirkan mobil Anda dengan memasang rem tangan di tempat yang aman dimana jauh dari sumber listrik atau api. Untuk keselamatan kerja, gunakanlah sarung tangan dan kacamata sebagai pelindung.
  2. Hal yang harus Anda perhatikan ialah melepas semua rangkaian kelistrikan yang ada pada mobil sebelum melepas aki mobil Anda.
  3. Bukalah kap mesin mobil dan gunakan besi penyangga untuk mengangkat dan menahan kap mesin mobil.
  4. Letak aki mobil dapat ditemukan di bagian bawah bagasi, atau dekat As roda, untuk lebih jelasnya dapat Anda lihat di buku petunjuk kendaraan. Bentuk aki mobil ialah kotak dan terdapat dua kabel penghubung.
  5. Berikutnya, lakukan pengidentifikasian terhadap terminal aki mobil Anda. Mana bagian positif dan mana bagian negatif. Tanda plus untuk terminal positif dan tanda minus untuk terminal negatif.
  6. Longgarkan baut yang terikat pada terminal negatif terlebih dahulu kemudian lepaskan, setelah itu lakukan hal yang sama pada terminal positif.
  7. Kemudian, putar baut untuk melepas dudukan aki mobil, saat mengangkat atau mencabut aki mobil, lakukanlah secara tegak lurus agar air aki tidak tumpah. Selain itu, beban aki mobil yang berukuran sekitar 13 – 27 kg mungkin akan terasa berat jika diangkat sendiri, untuk itu Anda dapat meminta bantuan ke orang terdekat.
  8. Sebelum mengganti aki mobil baru, bersihkan terlebih dahulu terminal dan dudukan aki mobil dengan menyikatnya atau dengan memberikan baking soda.
  9. Selanjutnya pasang Aki sesuai dengan tempatnya. Pasang kabel juga baut pada terminal positif terlebih dahulu kemudian negatif, Anda dapat mengencangkannya menggunakan Kunci Inggris.
  10. Untuk mencegah terjadinya korosi Anda dapat memberi semprotan cairan lithium pada terminal aki mobil.
  11. Terakhir, tutup kap mesin mobil kemudian nyalakan mesin mobil. Pastikan bahwa semua komponen kelistrikan telah beroperasi optimal sesuai dengan fungsinya.

 

© Wikihow

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *