August 22, 2019
Oto Tips

Cara Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Mengganti Pompa Air Mobil

Menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan, peran pompa air atau water pump perlu Anda perhatikan sebagai seorang pengendara sekaligus pemilik mobil, pompa air memiliki peran sebagai komponen yang bertugas untuk mendinginkan mesin agar tidak mengalami overheating atau terlalu panas. Pompa air mobil secara langsung berhubungan dengan air radiator. Air radiator perlu bersirkulasi, dan pompa air inilah yang memiliki fungsi untuk mensirkulasikan air radiator

Terdapat beberapa tanda-tanda tertentu ketika pompa air atau water pump mengalami kerusakan. Ketika komponen tersebut mengalami kerusakan, tentu Anda harus melakukan penggantian. Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan beberapa cara untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti pompa air atau water pump mobil. Berikut ulasannya :

  1. Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengetahui waktu yang tepat melakukan penggantian pompa air ialah diam dan biarkan kendaraan Anda berada di garasi berlantai beton yang bersih selama satu malam. Anda dapat meletakkan potongan kardus atau tripleks berwarna cerah di bawah mesin mobil jika kendaraan Anda tidak memungkinkan untuk diparkir di tempat yang telah disarankan sebelumnya.
  2. Setelah dibiarkan selama satu malam, keesokan harinya Anda perlu memeriksa kardus atau tripleks yang telah diletakkan di bawah mobil. Jika kardus atau tripleks basah oleh cairan pendingin, ini menandakan terdapat kebocoran pada beberapa komponen yang memiliki potensi mengalami kebocoran seperti pompa air, selang radiator, selang pemanas, freeze plug, packing, serta radiator. Saat ini Anda harus meletakkan kardus di bawah pompa air. Jika terdapat cairan hijau berupa antibeku pada kardus, ini menandakan adanya kebocoran pendingin di bagian mesin mobil.
  3. Berikutnya Anda perlu memeriksa katrol pompa air dengan terlebih dahulu mencari bagian berbentuk roda yang dikelilingi oleh sabuk tepat di bagian depan pompa air. Untuk mengidentifikasi kerusakan, Anda harus menggoyangkan katrol ke arah depan juga belakang. Bantalan peluru yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat katrol terasa longgar. Jika Anda telah mengalami hal tersebut, inilah waktu yang tepat untuk melakukan penggantian katrol pompa air.
  4. Selanjutnya, Anda dapat mendengarkan suara yang terdengar dari mobil. Mula-mula, hidupkan mesin dengan kondisi kap mesin yang terbuka. Bantalan peluru pompa air telah berada dalam keadaan yang buruk jika terdengar suara gesekan dengan nada yang rendah. Perhatikan dengan benar bahwa suara itu memang keluar dari bantalan peluru pompa air untuk memastikan bahwa Anda memang perlu melakukan penggantian terhadap komponen tersebut.
  5. Cara berikutnya Anda perlu melihat tetesan atau aliran air di sekitar pompa air, jika terdapat cairan yang dimaksud, ini menandakan terjadinya kebocoran pada komponen pompa air.
  6. Hidupnya lampu peringatan suhu mesin juga perlu Anda perhatikan, hal ini dapat terjadi ketika mobil gagal mengalirkan air pendingin karena pompa air yang mengalami kebocoran atau kerusakan. Efek dari kejadian tersebut tentu berdampak pada meningkatnya suhu mesin mobil yang membuat lampu peringatan menyala.
  7. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan hidupnya lampu yang menandai mobil kekurangan cairan pendingin. Hal tersebut dapat terjadi ketika tempat penyimpanan pendingin mengalami kebocoran, atau pompa air yang mengalami kerusakan.

Penggantian pompa air atau water pump perlu Anda lakukan sesegera mungkin ketika telah mengalami kerusakan dengan ciri-ciri atau tanda-tanda yang telah disebutkan di atas. Dalam melakukan penggantian water pump, tentu Anda membutuhkan komponen pengganti yang baru. Tak perlu bingung untuk mencari tempat yang menyediakan segala keperluan suku cadang, di BeliOnderdil Anda akan mendapatkan berbagai kebutuhan suku cadang termasuk pompa air mobil dengan mudah dan aman. Kualitas barang dan harga yang kami tawarkan tentu tak dapat Anda ragukan lagi, segera kunjungi situs BeliOnderdil.

 

© WikiHow

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *