August 21, 2018
Oto Tips

Cara Mencegah Hidroplaning pada Mobil

Hidroplaning merupakan suatu kondisi dimana roda atau ban mobil tidak dapat menapak secara sempurna atau kehilangan traksinya terhadap aspal jalan dikarenakan terdapat lapisan air yang menggenangi permukaan aspal jalanan. Hidroplaning yang terjadi pada mobil tentu dapat mengalami selip pada rodanya, baik bagian depan maupun belakang atau bahkan keseluruhan roda mobil bisa mengalami kejadian tersebut.

Ketika musim hujan tiba, hal seperti ini rawan sekali terjadi pada mobil di jalan raya, agar Anda terhindar dari hidroplaning, penting bagi Anda untuk melakukan beberapa hal agar ketika Anda berkendara, mobil tidak mengalami hidroplaning yang berujung pada sebuah kecelakaan yang cukup fatal.

Kali ini, Blog BeliOnderdil akan memberikan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hidroplaning pada kendaraan Anda di jalan raya. Simak ulasan berikut ini :

  1. Hindari pemakaian ban gundul

Masih terdapat saja para pengendara yang lupa atau memang tidak pernah memperhatikan kondisi roda mobil yang permukaannya sudah mulai halus alias gundul. Ban seperti itu sangatlah rawan terjadi hidroplaning, karena ban sudah tidak lagi memiliki alur atau kembang ban yang bermanfaat untuk membuang air yang berada di bawah roda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ban terkhusus ketika telah memasuki musim penghujan, jangan sesekali Anda memakai ban yang sudah mengalami keausan karena dapat berakibat pada terganggunya keselamatan Anda dalam berkendara.

  1. Kurangi kecepatan berkendara

Anda perlu mengurangi kecepatan kendaraan agar tidak terjebak hidroplaning ketika hujan tiba yang dapat membasahi seluruh aspal jalanan. Pasalnya, hidroplaning ini dapat terjadi dan menyerang kendaraan yang dipacu dalam kecepatan tinggi seperti di atas 80 km/jam (terkecuali bagi Anda yang menggunakan ban khusus). Oleh sebab itu, kurangi kecepatan mobil dan kemudikan mobil secara perlahan agar kasus hidroplaning tidak terjadi pada kendaraan Anda.

  1. Hindari melewati genangan air

Semakin tebalnya lapisan air yang ada di jalan raya, maka dapat berpengaruh pada risiko terjadinya hidroplaning yang semakin tinggi. Tak hanya dengan memacu kecepatan mobil yang tinggi, dengan kecepatan rendah pun ban akan mengalami hidroplaning jika dipacu untuk melewati genangan air dengan tingkat yang cukup tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda hindari melewati jalanan yang tergenang air. Tak hanya berisiko membuat ban mobil terkena hidroplaning, Anda pasti juga tidak mengetahui kondisi jalanan yang tergenang air tersebut apakah terdapat lubang yang dalam dan dapat menyebabkan mobil Anda terperosok. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika berkendara.

  1. Jangan memakai fitur cruise control

Ketika Anda berkendara di jalan tol yang merupakan jalan bebas hambatan, peran fitur cruise control tentu bermanfaat untuk membantu mengistirahatkan kaki pengendara, pasalnya cruise control tersebut memungkinkan pengendara dapat berkendara dengan kecepatan yang stabil tanpa harus menginjak pedal gas. Namun yang perlu Anda ketahui, apabila hujan turun dan Anda menggunakan fitur ini di jalan tol, disarankan bagi Anda untuk mematikan dan berkendara secara manual tanpa cruise control, hal tersebut tentu dapat membuat Anda merasakan bagaimana kondisi jalan yang sedang ditelusuri serta membuat Anda mampu mengontrol keadaan dengan lebih baik.

  1. Pakailah gigi rendah

Pemakaian gigi persneling rendah juga dapat membantu roda kendaraan untuk memperoleh traksi yang maksimal terhadap aspal jalan. Perlu Anda ingat, semakin kencang laju kendaraan maka semakin besar pula risiko terkena hidroplaning. Anda tentu tidak perlu menggeber kendaraan dengan kencang ketika menggunakan gigi persneling rendah. Lalu ketika Anda berkendara di jalan tol yang mengharuskan Anda memacu mobil dengan kencang, pakailah kecepatan batas bawah yang diizinkan di jalan tol tersebut.

Itulah beberapa tips agar anda tidak terjebak hidroplaning yang kemungkinan besar dapat mengakibatkan keamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara akan terancam. Semoga bermanfaat.

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *