April 26, 2018
Oto Tips

Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil Yang Kusam

Memiliki peran yang begitu penting dalam sebuah kendaraan, lampu mobil tentu memerlukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala dan rutin. Kondisi lampu mobil yang berubah menguning atau kusam tentu dapat berpengaruh pada fungsi utama lampu, yaitu sebagai pencahayaan saat mengemudi di malam hari atau di tempat yang gelap. Tak hanya itu, lampu yang terlihat kusam juga dapat membuat penampilan mobil menurun seperti tidak terlihat bersih dan elegan.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan mika lampu mobil berubah menjadi kusam dan kuning seperti penggunaan bohlam lampu yang memiliki tingkat watt yang terlalu besar, seringnya memarkirkan mobil di bawah panas terik matahari dan yang terakhir pemilik yang cuek dan jarang memoles serta melindungi mika lampu dengan wax.

Mungkin cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ialah mengganti lampu yang sudah kusam dengan yang baru. Namun, terdapat cara lain yang tentunya dapat mengurangi beban biaya Anda untuk mengatasi hal ini. Anda dapat melakukan pembersihan terhadap mika lampu yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Berikut ini cara membersihkan mika lampu mobil yang kusam dengan mudah.

Sebelum memulai proses ini, terdapat beberapa perlengkapan yang Anda butuhkan antara lain :

  • Amplas kertas dengan ukuran 1000, 1500 dan 2000
  • Pasta gigi berwarna putih
  • Kompon merah dan putih
  • Shampo khusus mobil
  • Wax mobil
  • Kain yang halus

Setelah berbagai peralatan telah Anda siapkan, simak ulasan berikut ini mengenai langkah-langkah membersihkan mika lampu mobil :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam proses pembersihan mika lampu ialah melepas lampu yang akan dibersihkan, jika memang Anda tidak dapat melepasnya, berikan pelindung berupa selotip atau masking tape pada bodi yang berada di sekitar lampu.
  1. Berikutnya, Anda perlu mengampelas mika lampu menggunakan kertas ampelas halus yang telah dicelupkan ke campuran air serta shampo mobil. Gosok mika lampu menggunakan ampelas dengan gerakan memutar. Pastikan proses ini dilakukan merata ke sekitar area pembersihan, setelah itu bilas menggunakan air bersih dan gunakan lap lembut atau kanebo untuk mengeringkan.
  1. Saat ini Anda memerlukan pasta gigi yang sudah tidak terpakai, gunakan pasta gigi tersebut untuk memoles bagian mika lampu dengan cara menggosok secara merata dan memutar menggunakan kain katun atau kain lain yang memiliki tekstur lembut.
  1. Selanjutnya, Anda perlu melakukan proses pengomponan. Campurkan kompon merah dan putih sampai merata. Setelah itu, oleskan pada permukaan lampu dan gunakan ampelas untuk menggosok secara halus juga perlahan. Anda dapat menggunakan kain katun jika merasa kain ampelas dapat menimbulkan goresan halus. Proses kompon ini bertujuan untuk menghindari rusaknya coating yang ada di mika lampu. Gunakan swirl remover jika di tahap ini Anda masih merasa mika masih kurang halus, atau ulangi proses ini namun hanya menggunakan kompon yang putih saja.
  1. Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan ialah melapisi mika lampu mobil menggunakan wax yang mengandung zat untuk mengkilapkan mobil. Lapisi lampu mobil secara merata menggunakan wax tersebut dan seka dengan gerakan memutar sampai benar-benar bersih. Proses ini akan sangat bagus jika Anda menggunakan mesin poles, namun cara manual terbilang sudah cukup.

Pembersihan terhadap mika lampu mobil yang Anda lakukan secara rutin tentu dapat membuat performa mobil kian terjaga dan terus meningkat.

Khusus untuk Anda yang memerlukan berbagai kebutuhan lampu mobil beserta komponen pembersihan mobil, jangan berpikir terlalu susah dan bingung untuk mencari tempat yang menyediakan berbagai keperluan perawatan mobil Anda. BeliOnderdil merupakan tempat yang tepat untuk menemukan berbagai keperluan suku cadang mobil yang berkualitas, tunggu apa lagi kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga. Blog BeliOnderdil akan kembali dengan artikel informatif lainnya.

© AsapMobil

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *