August 21, 2018
Oto Tips

Cara Membersihkan Kaca Lampu Depan Mobil yang Buram dan Kusam

Kendaraan yang telah memasuki umur 3-4 tahun mungkin akan mengalami beberapa permasalahan terhadap rangkaian mobilnya. Seiring dengan usia mobil yang kian menambah, tentu beberapa komponen mobil yang awalnya terlihat bersih dan mengkilap, namun sekarang menjadi kusam. Salah satu komponen tersebut ialah lampu depan mobil (headlamp). Lampu depan mobil akan mengalami masalah seperti kaca lampu depan yang terlihat buram serta kusam. Terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat kaca lampu depan mobil buram seperti air yang memasuki ruang rumah lampu, terjadinya pengembunan, debu yang menempel, terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, penggunaan daya lampu yang terlalu bersar, serta kurangnya melakukan perawatan kendaraan.

Lalu apa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kaca mobil yang terlihat buram, kusam dan kotor? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk menemukan jawabannya :

  1. Penting bagi Anda untuk mengetahui permasalahan mengapa lampu depan mobil menjadi buram. Apakah penyebabnya debu dan kotoran atau goresan atau justru akibat proses oksidasi yang dapat membuat kaca lampu mobil berkabut, kusam, buram dan tidak jernih. Untuk mengetahui permasalahan tersebut, Anda dapat membersihkan lampu mobil dengan cara mencucinya terlebih dahulu. Gunakan air hangat dan sampo khusus untuk mencuci lampu mobil. Kemudian usap lampu hingga mengering menggunakan kain lap bertekstur lembut atau kain mikrofiber.

  1. Setelah kaca dibersihkan, barulah Anda dapat mengamplas lampu mobil dengan menggunakan amplas nomor 1500 dan 2000. Gunakan air dan alkohol untuk membersihkan kembali lampu, lalu bilas hingga bersih. Kemudian, basahi amplas dan mulailah proses mengamplas dengan menggunakan amplas bertekstur lebih kasar terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan amplas yang lebih halus. Lakukan proses ini hingga kaca terlihat cukup bersih. Tutupi daerah lampu dengan kain jika Anda tidak ingin permukaan cat bodi mobil tergores amplas.

  1. Langkah berikutnya, Anda dapat menggunakan kompon atau pasta gigi. Oleskan salah satu bahan tersebut secara merata pada lampu mobil yang buram. Gunakan tangan untuk mengoleskan bagian lampu yang buram atau kusam tersebut dan pastikan Anda mengoleskannya dengan rata. Setelah itu, Anda dapat menggunakan kanebo atau kain mikrofiber untuk membersihkan lampu dari kompon maupun pasta gigi. Bilas lampu menggunakan air bersih setelah dilepas lalu keringkan hingga benar-benar kering.

  1. Saat ini Anda memasuki langkah untuk memeriksa kondisi kaca lampu depan mobil. Perhatikan baik-baik serta pastika semua kotoran dan noda kuning sudah bersih dari kaca mobil. Anda juga dapat memeriksanya dengan cara menyalakan lampu depan mobil dan mengatur arah sorotannya. Seperti contoh, arahkan sorotan lampu ke dinding garasi atau ke permukaan data lainnya. Jika masih terasa kuang puas, lakukan tahap ke 3 hingga 2-3 kali.

,

Setelah cover lampu mobil bersih, Blog BeliOnderdil tak ketinggalan untuk memberikan tips yang dapat Anda lakukan agar lampu mobil tetap bersih, mengkilap dan tidak buram atau kusam :

  1. Gunakan lampu dengan daya yang sesuai dengan standar pabrikan, karena menggunakan lampu dengan daya yang besar atau tidak direkomendasikan oleh produsen mobil dapat membuat cover lampu cepat menguning.

  1. Cek secara berkala karet penutup bola lampu dan karet seal penutup bola lampu, jika sobek Anda perlu menggantinya sebelum air, debu atau kotoran dapat memasuki cover dan juga ruang lampu

  1. Menjaga kebersihan terutama kap depan mesin mobil. Kotoran atau debu yang menempel di kap mesin mobil dapat memasuki cover bola lampu. Cara mencegahnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan isolasi untuk menutupi lubang-lubang pada cover lampu agar terhindar dari kotoran dan debu.

  1. Lapisi kaca mobil yang telah dibersihkan dengan wax , wax biasanya dapat Anda temukan pada obat poles atau pengkilap cat mobil.

  1. Gosok kaca lampu depan dengan amplas/kertas pasir yang sudah dicelupkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan sampo khusus untuk mencuci mobil agar pembersihan dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah langkah-langkah yang BeliOnderdil berikan khusus untuk Anda agar tetap bisa menjaga penampilan terbaik kendaraan Anda. Jika ingin mendapatkan Head Lamp yang bagus dan berkualitas segera kunjungi BeliOnderdil dan dapatkan juga berbagai penawaran gratisnya.

© Jadibersih.com, tipsotomotif.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *