June 19, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Cara Membersihkan Jamur di Kaca Mobil dengan Mudah

Jakarta, BeliOnderdil.com—Telah diketahui dengan betul,bahwa jamur merupakan sebuah partikel yang kerap muncul pada kaca mobil dan menjadi permasalahan yang signifikan terhadap tampilan kaca mobil. Penyebab utama munculnya jamur pada kaca mobil tersebut yakni karena kondisi cuaca yang saat ini tidak menentu. Panas yang terik akan berubah dengan cepat menjadi hujan deras, begitupun sebaliknya. Ketika air tetesan hujan yang terkena debu dan kotoran menempel pada kaca mobil kemudian kering oleh terik matahari, akan menimbulkan bercak noda yang nantinya akan berubah menjadi jamur jika tidak benahi dalam waktu yang lama. Jika jamur sudah bertumbuh seiring berjalannya waktu, tentu kaca mobil tidak dapat jernih. Hal ini pun akan berdampak pada pandangan Anda sebagai pengemudi yang akan terganggu. Oleh karena itu, mengetahui dengan benar cara membersihkan jamur di kaca mobil penting untuk Anda lakukan.

Jamur dapat muncul seiring dengan kebiasaan sang pemilik mobil yang tidak peduli terhadap kondisi kendaraan yang dimilikki, air pada kaca mobil yang mengering sendiri akan menguap, kemudian kotoran yang terkandung di dalam air tersebut dapat mengendap dan tetap menempel di kaca mobil.

Pada dasarnya, proses pertumbuhan jamur pada kaca mobil dapat diminimalisir dengan cara membersihkan kaca mobil dengan rutin dan rajin, terutama ketika kaca mobil baru saja terguyur air hujan. Namun, bagi Anda yang kaca mobilnya sudah terlanjut ditumbuhi jamur, masih terdapat cara membersihkan jamur di kaca mobil, untuk itu semak ulasan lengkap berikut ini mengenai cara menghilangkan atau membersihkan jamur yang ada di kaca mobil kesayangan Anda dengan mudah :

  1. Memarkirkan Kendaraan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membersihkan kaca mobil ialah meletakan atau memarkirkan mobil Anda terlebih dahulu di tempat yang teduh dan jauh dari pancaran sinar matahari lansung. Jika memungkinkan, parkirkan kendaraan di lokasi yang jauh akan debu dan angin. Membersihkan kaca mobil yang dilakukan di bawah terik matahari dapat membuat cairan pembersih mobil akan lebih cepat kering dan menyisakan residu yang menimbulkan flek pada kaca mobil Anda.

  1. Membersihkan Kaca

Dalam proses membersihkan kaca mobil, tentunya Anda membutuhkan cairan pembersih kaca yang akan disemprotkan pada kaca mobil. Semprot cairan tersebut, dan keringkan menggunakan kain mikrofiber atau lap berbahan lembut. Cairan pembersih kaca mobil ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran maupun debu-debu yang menempel pada kaca sebelum jamur dibersihkan.

  1. Menutup Karet Bodi

Sebelum memasuki proses pembersihan jamur kaca, Anda perlu melindungi terlebih dahulu bagian karet kaca dan karet bodi mobil di sekeliling kaca mobil menggunakan selotip kertas atau selotip biasa dan juga koran bekas. Hail ini bertujuan agar karet kaca dan bodi mobil terhindar dari kerusakan jika terkena obat pembersih jamur kaca.

  1. Memberikan Cairan atau Obat Pembersih

Setelah Anda membersihkan kaca dari debu dan kotoran, kemudian menutup karet dan bodi mobil di sekeliling kaca, inilah saatnya Anda memasuki proses membersihkan jamur kaca mobil. Beri atau aplikasikan cairan pembersih jamur tersebut pada kaca mobil. gunakan kain mikrofiber yang bersih untuk menggosok dengan gerakan memutar agar jamur dapat terangkat dengan mudah.

  1. Membilas Mobil

Setelah jamur berhasil dibersihkan dan kaca pun sudah terlihat bersih, bilas kaca mobil tersebut menggunakan air bersih. Kemudian gunakan kain kanebo bersih untuk mengeringkan kaca. Perhatikan dan periksa kembali kondisi kaca mobil Anda, jika jamur sudah menghilang secara keseluruhan, berarti proses pembersihan kaca dari jamur telah selesai. Pastikan juga kaca mobil sudah dikeringkan dengan benar. Apabila Anda masin menemukan sisa-sisa jamur yang menempel, ulangi langkah-langkah di atas hingga kaca mobil benar-benar menjadi bersih.


Perhatian :

  • Hindari menggunakan cairan pembersih kaca yang mengandung amoniak. Dalam beberapa kasus, penggunaan cairan pembersih yang mengandung amoniak dapat menyebabkan kaca menjadi buram dan berkabut.

  • Untuk memilih dan menemukan produk pembersih jamur kaca yang tepat, Anda perlu mengetahui lebih detail mengenai spesifikasi kaca mobil. Periksa spesifikasi kaca yang biasanya berada di sudut kaca bagian bawah, kemungkinan terdapat keterangan “ammonia free” atau “safe for tinted windows”.

  • Untuk mengetahui dan memastikan bahwa cairan pembersih jamur yang Anda gunakan aman untuk membersihkan kaca mobil, ada baiknya Anda melakukan percobaan terlebih dahulu pada sisi kaca yang tersembunyi sebelum menggunakan cairan pembersih tersebut pada kaca yang dipenuhi jamur, hal ini dilakukan untuk menghindari masalah jika cairan pembersih jamur tersebut tidak cocok dengan kaca mobil yang Anda milikki.
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, pastikan Anda membaca terlebih dahulu aturan pemakaian dari produk pembersih kaca yang digunakan.

Demikianlah ulasan cara membersihkan jamur pada kaca mobil dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Terima kasih.

 

© jadibersih.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *