May 26, 2018
Instalasi Suku Cadang

Cara Memasang Roof Box dan Roof Rack di Mobil

© Autobild

© Autobild

Ketika musim libur panjang tiba, tentu banyak pengendara yang ingin memutuskan untuk pergi libur menggunakan kendaraan pribadi. Pergi berlibur yang jauh tentu mengharuskan Anda membawa banyak barang.

Konsekuensinya adalah, kendaraan Anda akan kelebihan muatan beban. Tak hanya bobot mobil yang akan bertambah, ruang di kabin pun kian terasa sempit. Jika saat berangkat saja sudah penuh, maka pas perjalanan pulang bisa jadi semakin sempit karena biasanya perjalanan pulang disertai dengan membawa oleh-oleh.

Alhasil, mendapatkan ruang ekstra dengan menambah perangkat roof rack atau roof box adalah langkah cerdas untuk menyiasati kebutuhan ruang penyimpanan.

Banyak pilihan roof rack dan roof box yang tersedia. Kendati kian banyak digunakan, tapi tidak semua orang paham cara memasang kedua perangkat itu dengan baik dan benar. Nah, untuk itu sebagai pemilik mobil sebaiknya juga mengetahui bagaimana cara instalasinya.

Pengukuran

Sebelum pemasangan kedua perangkat itu, Anda perlu melakukan pengukuran. Hal ini untuk menentukan posisi peletakannya. Posisi di tengah tak hanya berlaku untuk pilihan lebih maju atau lebih mundur, tapi juga posisi antara kanan dan kiri di cross bar.

  • Ukur jarak antara cross bar
  • Kepresisian adalah hal penting untuk mendukung konstruksi roof box dan roof rack yang sempurna
  • Sesuaikan petunjuk jarak dengan buku manual

Cara terbaik tentu memposisikan roof rack atau roof box di tengah. Jangan terlalu kiri atau kanan karena akan memengaruhi beban mobil jadi tidak merata.

Jika sudah begini, maka Anda perlu menghindari memasang komponen tersebut dengan metode yang sembarangan. Gunakan pengukuran yang tepat dengan menggunakan alat ukur seperti meteran untuk mengukur jarak masing-masing sisi agar lebih presisi. Karena jika meleset, maka akan berpengaruh pada gerak mobil (roll).

Lihat titik tumpunya

Sebagus apapun roof rack atau roof box yang Anda beli, fungsi utama mereka adalah untuk membawa barang. Membawa barang sama artinya dengan menanggung beban dan jika berurusan dengan beban maka pondasi atau titik tumpu menjadi hal yang sangat penting.

Titik tumpu itu didapat dari keberadaan roof rail. Jenis mobil yang dari standar sudah dilengkapi roof rail biasanya hanya MPV, jip atau SUV. Sehingga jika mobil Anda belum memiliki roof rail, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah memasang dulu roof rail.

Setelah roof rail terpasang, maka yang Anda perlu lakukan berikutnya adalah memasang cross bar. Nah,                                                                                                                                                                                                                                                                                                 palang inilah yang berguna untuk menopang roof rack ataupun roof box sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Jadi pemilihan roof rack maupun roof box juga perlu menyesuaikan dengan roof rail.

Ukur dimensi roof rack dan roof box Anda. Usahakan agar titik tengah dari komponen tersebut berada di tengah mobil Anda.

  • Cross bar menjadi komponen penting untuk menopang roof box dan roof rack     
  • Manfaatkan tali di roof box agar barang tidak tercecer
  • Jangan sampai spoiler belakang membentur roof box

Untuk memposisikan agar pas di tengah, geser cross bar maju atau mundur. Setelah mendapat posisi yang sesuai, kencangkan dengan kunci yang pas dan pastikan semua mendapat tingkat kekencangan yang sama. Hal tersebut perlu dilakukan demi alasan stabilitas. Dengan berada di tengah mobil, maka distribusi bobot akan lebih merata dan membantu stabilitas saat berkendara.

Selain soal stabilitas yang tentu juga berpengaruh pada keselamatan berkendara, memposisikan di tengah juga untuk kemudahan akses. Anda tinggal menginjak footstep atau ban jika mobilnya tinggi untuk mengakses masuk-keluar barang. Jika mobil Anda memiliki sunroof , maka pastikan agar bagian paling belakang dari roof box dan roof rail tidak membentur spoiler belakang saat pintu belakang dibuka.

Demikianlah informasi mengenai cara pemasangan roof box dan roof rack dengan mudah. Bagi Anda yang membutuhkan roof box atau roof rack dengan kualitas prima, jangan ragu untuk kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga.

© Autobild

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *