August 21, 2018
Oto Tips

Cara Memanaskan Mesin Mobil dengan Baik dan Benar

© ShutterStock

© ShutterStock

Sudahkah Anda memanaskan mobil hari ini? Ya, memanaskan mobil memang terbilang cukup penting untuk kendaraan Anda, khususnya bagi Anda pemilik mobil injeksi dan matik. Memanaskan mesin mobil secara rutin dapat membantu sirkulasi oli untuk melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin mobil. Hal tersebut tentu dapat membuat kondisi komponen mobil dapat terjaga dan selalu bekerja dengan optimal.

Untuk mengoptimalkan kendaraan Anda, Anda harus mengetahui cara memanaskan mobil yang benar sebelum kendaraan digunakan. Simak tips memanaskan mobil di bawah ini :

  1. Memanaskan mobil dalam kurun waktu kurang lebih 5 menit

Memanaskan mesin mobil merupakan hal yang cukup penting bagi performa kendaraan, tak perlu lama-lama untuk melakukan proses satu ini, hanya membutuhkan waktu ± 5 (lima) menit. Selain itu, Anda juga dapat melihat jarum indikator suhu yang terdapat pada mobil Anda, apabila jarum telah menunjukkan 1/3 menandakan bahwa proses memanaskan mobil telah cukup atau mobil telah siap untuk digunakan. Namun memanaskan mobil perlu Anda perhatikan juga, jangan sampai mesin mobil mengalami overheating akibat terlalu lama memanaskan mobil.

  1. Hindari menekan pedal gas

Mobil dengan sistem pembakaran injeksi merupakan salah satu contoh mobil dengan teknologi terbaru yang dapat membuat pengemudi merasakan keefisiensian saat berkendara. Perbedaan sistem pembakaran pada mobil juga berpengaruh pada cara pemanasan mobil yang berbeda. Dalam sistem ini, pemanasan mobil dapat Anda lakukan tanpa menginjak pedal gas. Anda cukup membiarkan mesin mobil menyala dengan keadaan konstan. Penginjakan pedal gas dapat Anda lakukan sebelum mesin dinyalakan.

  1. Mematikan AC mobil

Saat memanaskan mobil, AC mobil perlu Anda perhatikan.Pastikan bahwa AC mobil sedang berada dalam kondisi mati sebelum Anda memanaskan mobil. Hidupnya AC mobil ketika mesin dipanaskan dapat berpotensi pada komponen AC yang mengalami kerusakan. Hal ini tentu terjadi mengingat kinerja mesin akan terasa berat ketika menghidupkan AC disaat suhu mobil belum berada dalam keadaan yang normal.

  1. Panaskan mobil di area terbuka

Tips terakhir yang perlu Anda ketahui ialah ruang atau tempat khusus untuk memanaskan mobil. Hindari memanaskan mobil di tempat atau area yang tertutup karena dapat berdampak pada kesehatan Anda yang terganggu, terlebih jika tubuh Anda dalam kondisi yang tidak fit atau memang memiliki riwayat penyakit di sistem pernapasan. Knalpot yang mengeluarkan asap mengandung gas yang berbahaya jika terhirup oleh manusia dan tentunya membuat kesehatan Anda dapat terancam. Untuk itu, pilih area terbuka untuk memanaskan mobil.

Berbagai komponen mobil akan tetap terjaga dan terhindar dari keausan dini jika Anda melakukan proses pemanasan mobil dengan cara yang tepat. Memanaskan mobil dengan tidak tepat dapat membuat komponen Anda berpotensi mengalami kerusakan, rusaknya komponen tersebut juga mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya berlebih untuk memperbaikinya. Performa mobil juga dapat berpengaruh jika komponen mengalami keausan, hal ini tentu membuat kenyamanan dalam berkendara dapat terganggu.

Memanaskan mobil secara rutin tentu mempunyai manfaat tersendiri seperti menghindari terjadinya kebocoran salah satu komponen. Kondisi mesin mobil yang telah panas kontan dapat membuat pembakaran bahan bakar mobil menjadi lebih optimal yang berpengaruh pada lebih hematnya pengonsumsian bahan bakar mobil. Nantikap tips otomotif menarik lainnya hanya di Blog BeliOnderdil

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *