September 25, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Cara Melepas dan Mengganti Seal Oli dengan Benar

Seal Oli © ShutterStock

Seal Oli © ShutterStock

Di dalam sebuah mesin terdapat sistem pelumasan, dimana pelumas atau oli berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap komponen yang saling bergesekan agar tidak aus. Penting bagi para pengendara sekaligus pemilik mobil untuk selalu menjaga dan memeriksa baik kualitas dan kuantitas oli. Selama pemakaian normal jumlah oli akan sedikit sekali berkurang, tetapi jika terjadi kebocoran tentu saja oli akan berkurang dengan cepat dan drastis, salah satu kebocoran yang sering terjadi adalah kebocoran pada seal oli. Seal oli memiliki peran sebagai perapat untuk menjaga oli agar tidak keluar, seal yang umum terdapat di mesin ialah berada pada posisi crankshaft dan camshaft.

Seal oli berbentuk bulat dan terbuat dari bahan semacam karet yang kuat dengan bagian dalamnya terdapat pegas melingkar yang berfungsi untuk menjaga kerapatan seal dengan logam. Mengingat seal ini terbuat dari bahan karet, seiring berjalannya waktu jika komponen satu ini selalu terkena panas tentu saja sifat elastisitasnya akan berkurang bahkan hilang dan berubah menjadi kaku sehingga rentan mengalami kebocoran, tetapi ada juga kasus dimana setelah penggantian seal oli, tidak berselang lama bocor kembali terjadi, hal ini dikarenakan pemasangan seal yang salah.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, kali ini Blog BeliOnderdil akan memberikan cara untuk melepas dan mengganti seal oli dengan baik dan benar. Simak ulasan berikut ini :

Cara Melepas Seal Oli

Pada umumnya, seal oli dapat dibuka menggunakan obeng atau alat pengungkit lainnya yang aman dan tidak merusak komponen lain, tetapi ada juga seal yang berada di posisi kedalaman dimana cara membukanya harus menggunakan puller oil seal remover yaitu alat yang digunakan untuk menarik seal keluar dengan aman sesuai prosedur. Jika Anda melakukan aktivitas satu ini menggunakan obeng, sebaiknya lapisi obeng dengan menggunakan solatip agar tidak menggores komponen lain ketika mengungkit. Jika menggunakan alat khusus lain, perhatikan kesesuaian ukuran alat dengan kuran seal yang akan dilepas.

Cara Memasang Seal Oli

Jika proses melepas seal oli terbilang cukup mudah, berbeda dengan proses memasang seal oli, penting bagi Anda untuk berhati-hati karena terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika pemasangan, diantaranya ialah :

  1. Periksa keausan

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah periksa dan lihat apakah shaft tidak mengalami keuasan ketika ingin memasang seal. Jika terdapat keuasan biasanya akan terlihat dengan tanda ada sedikit guratan melingkar di bekas posisi seal yang lama. Jika terdapat keausan sebelum Anda memasang seal yang baru, Anda dapat melepas pegas pada seal bar yang berbentuk lingkaran dan lepas sambungannya dengan cara diputar seperti ulir biasa sehingga setelah dilepas bentuknya memanjang, potong sedikit sekitar 1-2 mm pada ujung yang rata (ujung pegas berbeda satu lancip dan satu rata) kemudian kembali pasang. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga tingkat kerapatan seal, tetapi jika shaft berada dalam kodisi normal, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

  1. Posisi luar dalam

Saat pemasangan, Anda juga perlu perhatikan bagian luar dan dalam. Bagian yang cengkung merupakan bagian dalam, artinya bagian ini yang menghadap ke mesin, sedangkan bagian luar yang rata menghadap ke Anda (pemasang). Posisi pemasangan seal yang tidak tepat atau terbalik dapat menimbulkan kebocoran hanya dalam waktu satu minggu saja.

  1. Presisi dan rata

Selain posisi, hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam pemasangan seal oli ialah presisi dan kerataan. Pastikan saat pemasangan, posisi seal harus benar-benar rata, hal ini tentu mengharuskan Anda untuk lebih teliti dan berhati-hati karena pemasangan tidak boleh terlalu dalam. Pemasangan seal dilakukan dengan cara dipukul perlahan-lahan, Anda juga harus perhatikan alat yang digunakan, jika Anda menggunakan palu sebaiknya gunakan palu plastik atau gunakan alat khusus lain yang dapat memasang seal oli agar presisi dan aman. Lakukan pemasangan dengan menyelaraskan ukuran lingkaran seal lalu pukul perlahan-lahan sampai posisinya tepat. Sebelum pemasangan seal ini, Anda juga dapat memberi sedikit lapisan oli atau rubber grease pada permukaan dalam seal oli.


Selain cara pemasangan yang tepat, penting bagi Anda untuk memperhatikan kualitas seal oli. Untuk mendapatkan seal oli yang berkualitas Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga.

© Mobilupdate.net

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *