December 15, 2018
Oto Tips

Bumper Mobil Berbahan Plastik Anda Rusak? Jangan Khawatir, Lakukan Tips Ini ntuk Mengatasinya!

Jakarta, BeliOnderdil.comBagian bumper mobil sebenarnya difungsikan sebagai pengamanan pengendara mobil. Tak heran jika kebanyakan mobil jadul sering dilengkapi bumper dari bahan yang kuat seperti plat besi. Seiring dengan kemajuan zaman dengan persaingan industri mobil yang sengit kini bumper mobil sudah beralih fungsi menjadi hiasan saja alias hanya berfungsi sebagai hiasan untuk penampilan body mobil saja agar mobil menjadi lebih keren dipandang. Alhasil, sekarang para produsen mobil banyak yang memproduksi bumper mobil dari bahan plastik.

 

Posisi bumper yang ada di depan membuat bagian ini selalu menjadi korban pertama kali ketika mobil mengalami benturan atau tabrakan sehingga kadang bumper yang berbahan plastik mengalami pecah atau bahkan menjadi hancur jika benturan itu terlalu keras.

Tapi jangan khawatir jika mobil mengalami hal yang semacam ini, asalkan bumper mobil Anda hanya pecah saja alias belum hancur ternyata masih ada harapan untuk memperbaikinya. Cukup dengan menyediakan peralatan yang sederhana seperti obeng, palu, amplas, dempul, kawat serta pemanas atau las karbit. Siapkan juga air secukupnya. Setelah itu ikuti langkah sebagai berikut.

Pertama, lepaskan bumper mobil Anda yang telah rusak atau pecah, kemudian bawa agak terlalu jauh dari body mobil. Jika bumper mobil hanya retak saja belum sampai pecah, Anda hanya perlu menjahitnya saja dengan menggunakan klem dan kawat. Atau dengan menggunakan plat yang sudah dibuat seperti isi staples. Panaskan kawat untuk membuat lubang pada tempat klem, dan kemudian gunakan obeng yang telah dipanaskan untuk meratakan dan menutupi klem-klem tersebut.

Jika kerusakan bumper cukup parah, Anda boleh langsung mengelasnya. Hal itu dikarenakan pada ujung ujung permukaan bumper yang pecah tak bisa langsung dijahit, perlu dilemaskan dahulu dengan cara melakukan pemanasan pada bagian ujung plastik yang pecah. Setelah dilas, cukup menemukan ujung-ujung yang pecah satu sama lain agar permukaan tersebut bisa menyambung kembali menjadi satu.

Setelah selesai, buatkan beberapa penguat dengan plat dibagian dalam bumper dengan cara membuat lubang lubang yang kecil untuk memasang pelat kebagian bumper. Jika sudah selesai menjahit atau mengelas permukaan bumper mobil yang pecah, setelah itu amplas permukaan tersebut dengan merata. Kemudian lakukan pendempulan dibagian tersebut secara merata setelah itu semprot dengan cat dengan warna sesuai selera Anda.

Lakukan beberapa hal di atas dengan hati-hati serta telaten agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun, jika kerusakan bumper mobil sangat parah, sebaiknya Anda segera pergi ke bengkel resmi dan menggantinya dengan yang baru agar perjanan Anda selanjutnya tidak terganggu.

 

©mobilmo.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *