November 16, 2018
Oto Tips

Bingung Cara Ganti Ban Serep? Baca Ini!

Jakarta, BeliOnderdil.comBagi pengendara pemula, pastinya akan merasa panik dan bingung jika tiba-tiba ditengah perjalanan ban anda kemps atau bocor. Padahal, biasanya dibawah mobil sudah terdapat ban serep untuk mengganti ban yang kemps atau bocor tersebut. Banyak pengendara yang masih merasa kebingungan bagaimana cara mengganti ban serep sendiri jika sedang berada di daerah yang tidak ada bengkel. Banyak pula yang belum mengetahui bagaimana cara membongkar dan memasang ban yang benar dan aman. Padahal, hal itu merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki pengguna kendaraan roda empat. Yuk! Simak langkah-langkah berikut :

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa mobil sudah terparkir ditempat yang aman dan benar jika ingin mengganti ban mobil. Jangan memarkirkan kendaraan di tempat yang memiliki tekstur tanah basah agar memudahkan proses penggantian ban.

Kedua, lepas ban yang bermasalah. Kendorkan baut roda ban yang bermasalah dengan menggunakan kunci roda, putar berlawanan arah secukupnya hingga kendor sedikit. Jika baut roda sudah kendor, ambil dongkrak, dan mulai dongkrak ban mobil yang bermasalah.

Usahakan letakkan dongkrak ditempat yang keras. Setelah kendaraan terangkat sedikit, periksa kembali apakah posisi dongkrak sudah aman atau belum. Setelah dongkrak sudah diposisi yang aman, kemudian lanjutkan melepas ban dengan melepas mur roda satu persatu.

Kemudian, pasang ban pengganti yang tersedia, dan pasang kembali mur roda hingga kencang. Turunkan kendaraan, dan periksa kembali mur roda, jika ada mur yang belum kencang, segera atur kembali mur tersebut dan pastikan kalau mus dipasang dengan kuat dengan urutan menyilang, waktu pengencangan roda sekitar 10.5 kgf.m.

Walaupun dalam keadaan mendesak untuk mengganti ban, usahakan jangan menggunakan peralatan yang memang bukan untuk mengganti ban, seperti menggunakan pipa, palu atau alat lainnya yang tidak diperuntukan untuk mengganti ban, karena dapat merusak baut pada ban.

Apabila tidak tersedia ban serep di mobil, pastikan Anda mencari bantuan secepatnya agar dapat melanjutkan perjalanan, seperti mencoba mencari bengkel terdekat, atau menelepon mekanik langganan atau bantuan lainnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

©viva.co.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *