October 19, 2018
Oto Tips

Berkendara di Jalan Layang? Ikuti Tips Ini Agar Tetap Aman!

Jakarta, BeliOnderdil.comTingginya tingkat pembelian kendaraan bermotor, khususnya mobil, membuat jalan menjadi semakin macet. Hal tersebut membuat pemerintah terus menambah akses jalan untuk mengurangi kemacetan. Salah satunya dengan membuat jalan layang atau yang biasa disebut flyover. Pembangunan jalan layang menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan.

Jalan layang baik di tol ataupun Jalan Layang Non Tol (JLNT) adalah jenis jalan yang dibangun melayang di atas sebidang tanah. Panjangnya lebih kurang hanya 500-800 meter. Meski tidak panjang, potensi kecelakaan di area jalan layang tergolong tinggi.

Nah, jalan layang yang ada saat ini ada yang dibuat melambung dan didominasi jalan lurus. Ada juga yang dibuat berkelok mengikuti kontur jalan di bawahnya. Untuk itulah, Anda tidak bisa menyamaratakan perlakuan berkendara saat melintas di jalan layang tersebut.

Biasanya ketika mereka melaju di jalan layang yang menikung dengan kecepatan 80 km/jam ke atas, begitu masuk titik centrifugal force maka potensi under steer jadi tidak terelakkan. Parahnya lagi, mereka yang ketakutan akan langsung menginjak rem dan dengan daya yang masih besar justru membuat mobil akan menghantam dinding jalan.

Ternyata, di peraturan Undang-Undang Lalu Lintas dan Jalan No.22 tahun 2009 memang diperbolehkan menyalip dari kiri jika aman dan diperlukan. Situasi seperti di jalur Pantura yang banyak lubang di lajur paling kiri membuat beberapa mobil menyalip dari kiri dan ini dibenarkan. Tapi jika sekadar untuk mendahului di jembatan layang dari bahu jalan yang sempit sebaiknya tidak dilakukan karena berbahaya.

Sebab, beriringan di jalan layang yang jaraknya pendek tersebut paling tidak hanya akan memangkas waktu paling lama 5 menit saja. Tidak sebanding dengan risiko yang harus ditanggung jika menabrak dinding pembatas jalan atau parahnya terjun ke jalan di bawahnya.

Sebaiknya, ikuti aturan-aturan yang telah diterapkan, agar tetap aman dalam berkendara. Dan sebaiknya hindari menyalip kendaraan lain saat sedang berada di jalan layang.

 

©autobild.co.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *