July 18, 2018
Oto Tips

Bahaya Penggunaan Lampu LED Saat Hujan

Saat ini banyak pengendara mobil yang memilih lampu High Intensity Discharge (HID) dan Light-Emitting Diode (LED) sebagai komponen untuk pencahayaan kendaraannya. Banyak pengendara yang kurang tahu bahwa penggunaan lampu jenis HID atau LED dengan cahaya putih dan intensitas kelvin yang besar dapat menimbulkan bahaya jika berkendara di kala hujan

Dalam segi visual memang lampu LED atau HID yang bersinar putih terlihat dapat meningkatkan kadar kemewahan dari penampilan mobil, namun faktanya lampu jenis tersebut memiliki kelemahan untuk menembus derasnya guyuran hujan dan kabut sehingga tak dapat membantu melihat dengan jelas saat berkendara di waktu hujan maupun kabut, selain itu dapat membuat pandangan pengendara menjadi silau.

“Pantulan cahaya layaknya cermin merupakan salah satu faktor buruk dari penggunaan cahaya putih yang terlalu besar. Cahaya akan memantul ke arah pengendara saat mengemudi di kala hujan, pantulan cahaya tersebut dapat menganggu penglihatan atau visibilitas pengendara menjadi tidak jelas karena silau.” ujar Marco, Koordinator Autovision, Rabu (26/10/2016)

Pancaran cahaya berwarna putih dari lampu LED dikarenakan ukuran jenis lampu tersebut yang biasanya berada di atas 6000 kelvin, selain itu memang lampu LED memiliki kelebihan tersendiri seperti ukuran watt yang lebih rendah, konsumsi cahaya yang tinggi, dan masa pakai yang terbilang lebih panjang dari jenis lampu lainnya, namun tetap saja, pemakaian lampu LED saat musim hujan tidak dianjurkan. Memang, jika cuaca sedang cerah lampu LED dapat dijadikan pilihan sebagai komponen pencahayaan untuk lampu mobil Anda karena intensitas cahayanya yang dapat bekerja dengan baik. Namun, blog BeliOnderdil lebih menganjurkan untuk memilih lampu berukuran di bawah 5000 kelvin, karena dapat dipastikan cahaya yang dipancarkan cenderung turun ke warna kuning, sehingga dapat membantu visibilitas pengendara saat berkendara di kala hujan.

Untuk menjaga keamanan serta keselamatan dalam berkendara, lakukanlah penggantian lampu mobil. Bagi Anda yang masih menggunakan lampu dengan cahaya putih, khususnya bagi pemilik mobil yang tinggal di kawasan dengan intensitas hujan yang lebih tinggi dan berkabut, karena keselamatan dalam berkendara merupakan prioritas utama dibandingkan penampilan dari mobil Anda sendiri.

Bagi Anda yang masih bingung memilih tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk rangkaian mobil termasuk lampu mobil dengan kualitas prima dan harga terjangkau segera kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga. Nantikan tips otomotif lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© Tribunnews

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *