August 21, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Atasi Coolant Menggunakan Mulai dari Air Bekas AC Hingga Air Aki

Jakarta, BeliOnderdil.comSaat sedang mengendarai mobil dan ada beberapa komponen yang bermasalah, pastilah kita merasa tidak nyaman. Apalagi jika komponen yang bermasalah tersebut ada pada radiator. Satu komponen penting yang ada pada radiator kendaraan bermotor adalah cairan. Tanpa itu, radiator tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Bukan hanya sembarang cairan, yang paling baik untuk dipakai adalah coolant. Coolant atau air radiator berfungsi sebagai cairan pendingin yang menjaga temperatur mesin agar tetap stabil. Coolant mengalir didalam radiator mesin. Pada proses mendinginkan temperatur mesin, coolant akan memuai akibat panasnya suhu coolant dan tingginya tekanan coolant itu sendiri. Pada saat ini coolant akan mengalir menuju tabung reservoir (Tabung reservoir air radiator berfungsi untuk menampung muaian coolant/air radiator) untuk didinginkan sebelum mengalir ke radiator kembali. Tabung coolant sendiri terbuat dari plastik dan biasanya mudah ditemukan ketika membuka kap mobil, sehingga penggantian cairan coolant bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dibanding air biasa, coolant punya beberapa kelebihan. Di antaranya adalah anti karat, lebih baik dalam menghantarkan panas, dan lebih awet karena titik didihnya lebih dari air, di atas 100 derajat celsius.

 

Lalu, bagaimana mengatasi masalah tersebut? Yuk! intip trik yang dapat dilakukan dalam keadaan mendesak.

 

Dalam kondisi mendesak, misalnya di tengah-tengah perjalanan mudik, coolant tetap bisa diganti komponen lain. Dari mulai air bekas AC, atau air aki berwarna biru.Dua komponen ini, meski kualitasnya berada di bawah coolant, juga dapat diandalkan dalam mendinginkan mesin.Lain halnya dengan air keran. Robbit mengatakan kalau sebaiknya cairan ini dihindari sama sekali. Pasalnya, air ini bisa buat logam berkarat. Tentu ini bisa merusak beberapa komponen lain. Padahal di satu sisi awalnya penggunaan air keran agar pengeluaran lebih hemat.

 

Seberapa penting service ini?

Tabung reservoir coolant merupakan bagian penting dalam sistem pendingin mobil. Jika tabung reservoir bocor dan coolant keluar, maka cairan coolant yang bersirkulasi dalam radiator akan berkurang dan mesin bisa mengalami overheat. Kerusakan yang mungkin terjadi pada tabung reservoir coolant, seperti retak atau bocor akan lebih mudah diidentifikasi karena letaknya yang mudah dijangkau. Jika Anda melihat kerusakan pada tabung ini, harap langsung dilakukan pengecekan untuk mencegah masalah lebih lanjut pada mesin mobil.

 

Untuk menjaga kondisi mesin Anda, jangan pernah menggunakan air mentah atau air mineral sekalipun. Mintalah kepada mekanik untuk memilih air coolant terbaik untuk sistem pendingin mobil Anda. Penggunaan jenis cairan yang salah dapat menyebabkan kerusakan dan menghambat proses kerja mesin mobil Anda.

Sebagai tambahan, jika mobil Anda mengalami overheating segeralah matikan mesin mobil Anda dan jangan membuka tutup radiator, biarkan mesin dingin kemudian cek bagian radiator dan coolant.

Nah! Begitulah cara mengatasinya, semoga bermanfaat ya!

 

©autobild.co.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *