June 19, 2018
Instalasi Suku Cadang

Apasih Fungsi Kunci Nipel untuk Perbaikan Kendaraan? Yuk Simak Penjelasan Ini!

Jakarta, BeliOnderdil.comFlare Nut atau yang lebih dikenal sebagai kunci nipel, di bengkel biasanya digunakan untuk membuka pengunci yang berupa baut yang ada di pipa. Kunci nipel hampir sama dengan kunci pas, namun kunci nipel ini memiliki bentuk yang lebih presisi dan dapaet mengurangi kerusakan baut saat dibuka.

Kunci nipel juga hampir sama dengan kunci ring, namun kunci nipel memiliki 6 sisi dan terbuka. Biasanya kunci nipel ini digunakan untuk membuka baut-baut yang tidak bisa dibuka dengan kunci ring, bisa juga digunakan untuk membuka baut-baut yang rawan rusak jika dibuka dengan kunci ring.

Kunci nipel juga biasanya digunakan untuk membuka baut-baut pada saluran minyak rem atau kopling. Bisa juga digunakan untuk membuka baut pengunci saringan bensin, atau untuk membuka baut selang tekanan tinggi pada pipa power steering.

Baut-baut pengikat pipa minyak rem memiliki keakuratan yang presisi yang tinggi, jika kendor walau hanya sedikit, dapat menyebabkan kebocoran. Oleh karena itu, setiap bengkel diharuskan mempunyai kunci set nipel ini. Karena kegunaan dari kunci ini selain untuk mempemudah pekerjaan dengan menggunakan kunci nipel, kunci nipel juga dapat menjaga komponen-komponen yang ada di mobil dari kerusakan.

flare nut memiliki bentuk yang serupa dengan standard box endwrench, hanya slot di bagian ujung dan jaw yang berbeda. Bagian-bagian ujung wrench  berbentuk miring 15 derajat dari shank dan ukurannya ditandai di bagian tengah shank.

Kunci nipel ini digunakan untuk mengencangkan/melepas baut pada sambungan–sambungan pipa yang serupa dengan sambungan-sambungan yang digunakan pada injector line atau pipa rem. Sudah lebih tahu kan tentang kegunaan kunci nipel (flare nut) ini? Jadi, jangan sampai salah ya jika ingin memperbaiki mesin kendaraan sendiri.

©mobilupdate.net

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *