May 26, 2018
Instalasi Suku Cadang

Apasih Fungsi dari Cruise Control Pada Mobil? Begini Penjelasannya!

Jakarta, BeliOnderdil.comBerkembangnya teknologi, membuat dunia otomotif berinovasi. Industri otomotif terus menciptakan fitur demi meningkatkan kepuasan konsumen. Tentunya dari segi keamanan dan juga kenyamanan. Dua faktor tersebut yang membuat dunia otomotif terus berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk konsumen.

 

Saat mengemudi mobil pada jalan raya atau jalan tol yang panjang selama berjam-jam, sangat mungkin kaki akan terasa pegal atau kaku karena harus menekan pedal gas terus menerus. Tentunya sangat melelahkan, namun, pada mobil-mobil modern telah dilengkapi dengan teknologi yang dikenal sebagai ‘cruise control’. Lalu, apasih sebenarnya cruise control itu? Yuk! Simak penjelasannya dibawah ini.

 

Cruise control adalah sebuah teknologi yang memberikan pengemudi kebebasan mengendarai mobil pada kecepatan stabil, kerennya, pengemudi tidak harus terus menerus menekan pedal gas. Teknologi ini juga disebut sebagai ‘speed control’, ‘autocruise’ dan berbagai nama lain tergantung dari pabrikan mobil. Jika pengemudi menginginkan pada kecepatan tertentu atau stabil, pengemudi diharus mengemudikan mobil pada kecepatan yang diinginkannya untuk kemudian mengaktifkan fungsi cruise control.

 

Hebatnya, sistem ini dapat dikontrol dengan tombol. Setelah cruise control diaktifkan, pengemudi tidak perlu menekan pedal gas dengan kakinya. Tapi, Cruise control biasanya tidak bisa diaktifkan saat kecepatan mobil berada di bawah 40 km/jam.

 

Kemudian, kapan cruise control tidak boleh digunakan? Karena fungsi dari cruise control sendiri adalah agar pengemudi tidak terus menerus menekal pedal gas, maka cruise control ini tidak boleh digunakan pada saat berada dijalan dengan banyak tikungan, tanjakan, dan juga turunan. Keadaan seperti itulah yang menyebabkan cruise control tidak dapat berfungsi karena harus banyak melakukan pengereman. Artinya, sistem cruise control ini tidak cocok digunakan di perkotaan yang sering macet dan padat oleh kendaraan.

 

Cruise control hanyalah salah satu teknologi yang digunakan pada mobil modern. Terdapat teknologi keselamatan lain yang bekerja beriringan dengan cruise control. Menggunakan sistem ini dengan benar akan meningkatkan kenyamanan berkendara serta menekan konsumsi bahan bakar. Sebagian besar mobil top-end dan SUV sudah memiliki cruise control sebagai fitur standar.

 

Nah! Sekarang sudah lebih tahu kan fungsi dari cruise control itu apa? Semoga bermanfaat saat berkendara di rute jalan yang tidak macet ya.

 

©amazine.co

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *